Video Ikan Guppy Melahirkan Anaknya di Akuarium Viral Bro, Kok Bisa?

(Dok: TikTok)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Sebuah video mengenai Ikan Guppy yang melahirkan sejumlah anaknya, viral di media sosial TikTok setelah diunggah oleh akun @cumaguppy. Dalam video tersebut tampak seekor ikan yang mengeluarkan beberapa ikan kecil dari dalam tubuhnya satu persatu.

Kompas.com telah mendapatkan izin pengunggah untuk menggunakan videonya sebagai bahan artikel. @cumaguppy Maaf yak Cempreng ????.. Terlalu bersemangat ???? #guppy #givesbirth #fyp ? Dj Viral Ingin Ku Teriak Bilang I Love You - MR STRONG CSS Hingga Minggu (8/1/2023), video tersebut telah dilihat lebih dari 453.100 kali, disukai lebih dari 11.600 pengguna dan mendapat lebih dari 170 komentar.

Lantas, mengapa ikan guppy bisa melahirkan dan bukan bertelur? Baca juga: Viral, Video Ikan Lele Berwarna Emas, Ini Penjelasan Peneliti BRIN Penjelasan ahli ikan Peneliti ikan di Pusat Riset Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Fahmi menjelaskan, ikan guppy dari genus Poecilia memiliki sifat biologi reproduksi sistem pembuahan berada di dalam tubuh betina. Ikan-ikan tersebut bertelur, namun telur menetas di tubuh induknya dan dalam istilah biologi disebut dengan livebearer.

"Jadi telur-telurnya menetas dalam tubuh induknya dan dikeluarkan dalam bentuk anakan," terang Fahmi dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/1/2023).

Fahmi mengatakan, ikan guppy tidak menyusui anaknya sebab hewan yang menyusui hanya hewan mamalia. Ia juga menjelaskan, begitu dilahirkan ikan guppy bisa hidup seperti ikan dewasa. Termasuk mencari makan sendiri.

Selama proses reproduksi, ikan guppy bisa menghasilkan 2 sampai 30 ekor anakan guppy tergantung dari jenisnya. Saat anakan ikan tersebut lahir, maka harus segera dipisahkan dari ikan dewasa. Sebab beberapa ikan dewasa terkadang akan memangsa anakan yang masih kecil.

Ia juga mengatakan, begitu anakan ikan jenis ini lahir, maka anaknya tidak diasuh lagi oleh induknya, namun akan langsung hidup bebas. "Biasanya (ikan) bergerombol dengan yang seukuran," jelasnya.***