Diduga Demi Konten Bocah di Makassar Duduk Bersila saat Dibonceng

(dok. Istimewa/detik.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Polisi kini mengusut video viral bocah di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang duduk bersila saat dibonceng. Polisi juga mendalami dugaan aksi tersebut sengaja dilakukan demi membuat sebuah konten.

"Apakah ini benar action atau konten ini tidak boleh, apalagi ini anak kecil," kata Kasi Humas Polrestabes Makassar Kompol Lando kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Dikutip dari detik.com, Lando mengatakan pihaknya menduga video bocah duduk bersila saat dibonceng itu sengaja dibuat demi sebuah konten di media sosial.

"Itu dalam penyelidikan kemungkinan disengaja atau membuat konten ya. Mencari sesuatu jangan yang membahayakan apalagi melibatkan anak kecil, itu ada undang-undangnya perlindungan anak," ucap Lando.

Selain itu, polisi juga masih berusaha mengidentifikasi pemeran video tersebut melalui motor yang dikendarai. Namun penyelidikan ini masih terkendala dengan plat kendaraan yang tidak ada.

"Dan melakukan penyelidikan terkait kendaraan yang digunakan siapa pengendaranya. Cuma kendala yang dialami Satuan Lalu Lintas karena tidak ada plat nomor kendaraan tersebut, apabila ditemukan pasti ditindak tegas," jelas Lando.

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial aksi seorang bocah duduk bersila saat dibonceng menggunakan sepeda motor di Kota Makassar. Polisi kini mengusut aksi viral tersebut.

Dalam video beredar, tampak bocah dengan kepala pelontos itu dibonceng menggunakan sepeda motor di Jalan AP Pettarani, Makassar. Bocah itu terlihat mengenakan seragam sekolah dasar (SD) sambil menggendong tas. Dia terlihat santai duduk bersila dengan posisi menghadap kiri.

Video lainnya juga menunjukkan aksi serupa bocah tersebut. Namun sang bocah tidak mengenakan seragam. Dia menggunakan kaos oblong berwarna biru.

"Saya juga sudah nonton itu dua video, orang yang sama dibonceng ya, berpakaian berbeda satu berpakaian sekolah masih SD dan satu berpakaian bukan sekolah," ujar Kasi Humas Polrestabes Makassar Kompol Lando Sambolangi, Kamis (19/1).

Dari dua video tersebut, pengambilan gambar itu dilakukan di sepanjang Jalan AP Pettarani, Makassar. Lando mengatakan polisi belum mengetahui pasti kapan video itu dibuat.

 

"Tapi kalau kita lihat di satu jalan ruas jalan yang sama yaitu di bawah jembatan fly over (tol layang) Pettarani," kata Lando.***