Tingkatkan SDM, Pemkab Siak-UGM Jalin Kerjasama

YOKYAKARTA (Surya24.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak jalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Kerjasama itu tentang pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang kemasyarakatan serta bidang lainya.

Penandatanganan dokumen kesepakatan bersama dilakukan Bupati Siak Alfedri bersama Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, SP.OG(K),pH.D berlangsung di ruang Multimedia 1, Gedung Pusat UGM, Lantai 3, Sayap Utara, Bulaksumur Kampus UGM Jogyakarta, Jum’at (20/1/2023).

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, SP.OG(K),pH.D mengatakan Jum'at yang berkah ini, di awal tahun 2023 pihaknya melakukan kerjasama dengan sejumlah daerah di Indonesia.

”Saya atas nama pimpinan universitas mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan terus-menerus baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kita berharap universitas lebih dekat apa yang dibutuhkan masyarakat,"ucapnya.

Lanjutnya, kerjasama yang dilakukan dengan pemerintah daerah, salah satunya adalah optimalisasi untuk melihat, bahwa hadirnya universitas memberikan daya ungkit dengan menyelesaikan masalah yang ada di lapangan.

"Tidak hanya peningkatan SDM di lapangan, namun masalah-masalah ril dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, baik melalui penelitian atau pun KKN yang masih bergerak di seluruh Indonesia,"kata dia.

Dengan tindak lanjut ini, kata dia, tentunya merelevansi sinergi di era IKM dalam bidang kajian strategis dan bidang kemasyarakatan lebih lanjut.

”Disini universitas sebagai fasilitator, juga sebagai manager perubahan itu sendiri memberikan masukan-masukan. Sebagai eksekutor nya adalah pemerintah daerah di lapangan. Kami sangat mendukung misi mulia ini, dengan harapan kerjasama tersebut dapat tercapainya cita-cita yang kita harapkan bersama,"terangnya.

Bupati Siak Alfedri berterimakasih dan menyambut baik kerjasama lanjutan ini. Ia berharap dengan kerjasama ini, akan membantu perubahan terutama peningkatan sumberdaya daya manusia 3 atau 4 tahun kedepan.

"Kami dari kabupaten Siak sudah lama kerjasama dengan UGM dan mengirimkan mahasiswa unggulan. Hingga saat ini ada 156 mahasiswa yang sudah wisudakan sejak tahun 2008. Kami berharap kedepan KKN dari UGM bisa di tempatkan di kabupaten Siak, dalam rangka mendorong kelembagaan masyarakat di daerah,"ujarnya.

Tentu dengan perpanjangan kerjasama ini, kata Alfedri memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat kabupaten Siak. Terutama memberikan arah yang benar dalam hal menata pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan akselarasi percepatan pembangunan SDM anak Kabupaten Siak.

”Kami mengucapkan terimakasih kepada ibu Rektor UGM yang telah menyambut dengan baik perpanjangan kerjasama Pemkab Siak dengan UGM. Semoga ini memberikan manfaat bagi kami,"tutupnya.

Kerjasama bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian di biang ke masyarakat serta bidang lain yang di sepakati, dengan jangka waktu 4 (empat) tahun dan telah berakhir pada maret 2022 lalu, dan di perpanjang untuk 5 tahun kedepan. (rls)


Tulis Komentar