Siak Riau Gempar Gegara Harimau Sumatera Terekam Jalan Santai Masuk ke Pusat Kota

(Foto/MPI/Banda Haruddin Tanjung)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Kemunculan seekor Harimau Sumatera, membuat gempar warga di pusat kota Kabupaten Siak. Hewan buas yang masuk dalam daftar satwa dilindungi tersebut, terekam berjalan santai masuk ke dalam pusat kota.

Kondisi ini, membuat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, melakukan kerjasama dengan Pemkab Siak, dan aparat kepolisian serta TNI, untuk pengamanan warga dari kemungkinan serangan harimau. Tim gabungan tersebut, memastikan saat ini harimau masih terdeteksi di kawasan permukiman warga.

"Harimau terdeteksi berada di Taman Hutan Kota Siak," kata Pelaksanak tugas (Plt) Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Hartono, seperti dilansir sindonews.com, Minggu (22/1/2023).

Dari keterangan warga, harimau yang masuk pusat kota Kabupaten Siak, berukuran besar atau harimau dewasa. Dari penelusuran tim BKSDA Riau, juga ditemukan jejak harimau di tengah kota. Harimau Sumatera, yang oleh masyarakat setempat dijuluki Si Datuk tersebut, diduga berasal dari sebuah kawasan hutan yang tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Siak. Warga diminta juga tidak main hakim sendiri, terhadap hewan dilindungi itu.

Warga sempat melihat Harimau Sumatera tersebut, berjalan di Kantor Baznas Kabupaten Siak, kemudian di sekitar SMP Negeri 2 Siak, dan Kantor Satpol PP Kabupaten Siak. "Diperkirakan harimau berasal dari kawasan hutan yang jaraknya sekitar 6 km dari pusat kota Kabupaten Siak," pungkas Hartono.***


Tulis Komentar