Kiamat Sudah Dekat? Ilmuwan Peringatkan Ada Asteroid yang Mustahil Dihancurkan Jika Meluncur ke Bumi

(Asteroid. ©2013 Merdeka.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Para peneliti menemukan, beberapa asteroid yang sebagian besar terbuat dari potongan kecil puing-puing bebatuan luar angkasa sangat sulit dihancurkan jika meluncur ke Bumi.

Dengan menganalisis partikel asteroid yang dikumpulkan pesawat luat angkasa Hayabusa 1 Badan Antariksa Jepang, peneliti memperkirakan asteroid jarak jauh atau Itokawa lebih besar dari yang diperkirakan. Hayabusa 1 mengunjungi "tumpukan puing" asteroid Itokawa setinggi 1.600 kaki pada tahun 2005.

Dikutip dari merdeka.com, Itokawa, yang sejak lama diyakini para ilmuwan merupakan kumpulan raksasa batuan luar angkasa dan bukan gumpalan besar, usianya bisa setua sistem tata surya.

Perkiraan usia Itokawa juta mengejutkan para ilmuwan.

"Tidak seperti asteroid monolitik, Itokawa bukan gumpalan batu tunggal, tapi terdiri dari potongan puing yang berarti seluruhnya terbuat dari batu-batu besar dan batu lepas, dengan hampir setengahnya adalah ruang kosong," jelas profesor ilmu planet di Universitas Curtin Australia, Fred Jourdan, dikutip dari laman Futurism, Rabu (1/2).

"Masa kelangsungan hidup asteroid monolitik seukuran Itokawa diperkirakan hanya beberapa ratus ribu tahun di sabuk asteroid," kata Jourdan.

Itokawa terbentuk setidaknya 4,2 miliar tahun yang lalu.

"Waktu bertahan hidup yang sangat lama untuk asteroid seukuran Itokawa," imbuhnya.

Jika benda langit seperti Itokawa menuju Bumi, itu bisa menjadi kabar buruk.

"Singkatnya, kami menemukan bahwa Itokawa seperti bantalan luar angkasa raksasa, dan sangat sulit dihancurkan," jelasnya.

Untuk mencegah hal tersebut, taktik pertahanan harus diubah.

 

"Gunakan gelombang kejut ledakan nuklir di dekatnya untuk mendorong asteroid tumpukan puing keluar jalur tanpa menghancurkannya," jelas salah satu penulis penelitian dan profesor ilmu planet Universitas Curtin, Nick Timms.***