Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Kondisi Pilot dan Lima Penumpang Belum Diketahui: Begini Kronologisnya

(Dok:Tribun-Papua.com/Istimewa)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Pesawat milik maskapai penerbangan Susi Air dengan kode terbang PK-BVY dilaporkan alami kebakaran di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa (7/2/2023).

Kuasa hukum Maskapai Susi Air, Donal Fariz mengatakan satu pilot dan lima penumpang pesawat Susi Air belum diketahui keberadaan serta kondisinya.

Dikutip dari tribunnews.com, Donal mengatakan hingga Selasa siang, informasi mengenai keberadaan pilot dan penumpang masih belum didapatkan.

"Namun yang utama adalah kami sedang melakukan penelusuran berkaitan dengan keberadaan pilot yang sampai jam ini kami belum bisa memastikan secara tepat lokasinya, termasuk penumpang yang menaiki pesawat," kata Donal dalam tayangan Kompas TV, Selasa.

Saat ini pihak maskapai Susi Air terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk membantu proses konfirmasi terkait informasi kondisi pilot dan para penumpang, serta bagaimana duduk kejadian dari terbakarnya pesawat.

"Kami berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk membantu mempercepat proses mengetahui kejadian tersebut, keberadaan pilot dan hal-hal yang berkaitan dengan kejadian," ujarnya.

Keterangan TNI AD

TNI AD mengungkapkan pesawat Susi Air dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi.

Pesawat Susi Air dibakar Kelompok Separatis Teroris (KST) di bawah komando Egianus Kogoya. Hingga kini belum diketahui bagaimana nasib pilot penumpang.

 

“Untuk kondisi Pilot dan Co Pilot kami belum bisa memastikan. Namun kita doakan semoga mereka selamat,” kata Komandan Korem 172/PWY Brigjen Juinta Omboh Sembiring.

Berikut nama pilot dan penumpang pesawat Susi Air:

  1. Philips (Pilot)
  2. Demanus Gwijangge
  3. Minda Gwijangge
  4. Pelenus Gwijangge
  5. Meita Gwijangge
  6. Wetina W (bayi)

Pesawat komersil yang dimiliki mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini diduga dibakar oleh kelompok separatis bersenjata (KKB). Pascainsiden pembakaran pesawat ini, pilot dan penumpangnya belum diketahui nasibnya.

Dihimpun Tribunnews.com, Selasa (7/2/2023), berikut fakta dari dibakarnya pesawat Susi Air di Papua mulai dari kronologi hingga daftar pilot dan penumpangnya:

1. Kronologi

Kronologi terbakarnya pesawat Susi Air diungkap oleh Susi Pudjiastuti. Menurut Susi, pesawat yang mengangkut pilot dan lima penumpang itu lepas landas dari Bandara Moses Kilangin, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada Selasa pukul 05.33 WIT.

Setelah lepas landas, pesawat kemudian mendarat dengan selamat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga sekitar pukul 06.17 WIT.

 

"Pesawat mendarat dengan selamat di Paro pada pukul 06.17 WIT," ujar Susi Pudjiastuti, Selasa.

Kemudian pada pukul 07.28 WIT, manajemen Susi Air mendapat informasi bahwa pesawat tersebut masih berada di Paro. Tidak lama berselang, terdapat pergerakan dari pilot yang hingga kini belum diketahui keberadaannya.

"Pada pukul 08.05 WIT, diinformasikan melalui GPS portable milik pilot bergerak ke arah selatan," kata Susi.

Manajemen Susi Air mendapatkan informasi pembakaran pesawat itu dari pilot Susi Air lainnya yang yang baru saja terbang dari Distrik Dekai ke Bandara Moses Kilangin.

"09.57 WIT, penerbangan PK-BVC melaporkan bahwa pesawat PK-BVY terbakar di landasan dan tidak ada orang di sekitarnya termasuk pilot," ungkap Susi.

Dikutip dari TribunPapua, Direskrimum Polda Papua, Kombes Faizal Ramadhani membenarkan kabar pembakaran pesawat Susi Air itu.

"Benar ada pesawat terbakar," kata Faisal.

2. TNI sebut pesawat dibakar kelompok separatis

Pihak TNI menyatakan pesawat Susi Air PK-BVY dengan seri SI 9368 bukan mengalami kecelakaan melainkan sengaja dibakar. Pembakaran pesawat itu diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Benar pesawat Susi Air sudah dibakar. Pelaku pembakaran diduga kuat dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris pimpinan Egianus Kogoya,” kata Komandan Korem 172/PWY Brigjen Juinta Omboh Sembiring, dikutip dari TribunPapua.

Terkait nasib pilot dan penumpang, Danrem belum bisa memastikan

“Untuk kondisi Pilot dan Co Pilot kami belum bisa memastikan. Namun kita doakan semoga mereka selamat,” ujarnya.

3. Daftar nama pilot dan penumpang

Masih mengutip TribunPapua, pesawat Susi Air yang diduga dibakar KKB itu mengangkut 6 orang termasuk pilot dan lima penumpang. Di antaranya terdapat seorang bayi.***