Dikabarkan WNI asal Karawang Ditangkap di Saudi gegara Bendera Demokrat, Kok Bisa? Begini Ceritanya

Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti (Yogi/detikcom)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Seorang warga negara Indonesia asal Karawang ditangkap gegara mengibarkan bendera Partai Demokrat di depan Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Polri tengah menelusuri duduk perkara kasus tersebut.

"Kita masih cek, di Arab masih pagi. Dicek nanti semuanya, nanti di-update," kata Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti di Lapangan Baharkam Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).

Dikutip dari detik.com, Warga negara Indonesia yang ditangkap diketahui bernama Gibran. Pria asal Karawang itu sendiri merupakan anak Ketua DPRD Kabupaten Karawang Budianto.

Krishna mengatakan pihaknya juga telah berkomunikasi dengan KBRI Riyadh terkait kasus tersebut. Polri akan memastikan terlebih dahulu awal mula penangkapan Gibran.

"Jadi KBRI Riyadh yang mengkomunikasikan dengan otoritas setempat dalam kaitan dengan penanganannya atau nanti kalau sudah melakukan langkah-langkah. Tapi mereka punya aturan undang-undang sendiri," ujar Krishna.

Dia menambahkan Polri bersama pemerintah Indonesia bakal memberikan bantuan hukum yang diperlukan terkait kasus tersebut.

 

"Nanti kita lihat apa yang bisa kita bantu. Tidak akan dibiarkan, semua kita bantu," katanya.

Gegara Kibarkan Bendera Demokrat

Sebelumnya, Gibran, seorang pria asal Karawang, ditangkap polisi di Madinah, Arab Saudi. Penyebabnya, Gibran mengibarkan bendera Partai Demokrat.

Kabar ditangkapnya Gibran dibenarkan anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Karawang Abas Hadi Mulyana. Gibran sendiri merupakan anak Ketua DPRD Kabupaten Karawang Budianto.

Saat itu beberapa pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat serta anggota Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Karawang diketahui sedang umrah berjamaah.

Selain kader Demokrat, mereka yang ikut dalam rombongan merupakan anggota keluarga, seperti anak, dan istri anggota fraksi tersebut.

"Benar, Gibran kemarin ditangkap polisi Madinah. Saat itu dia berfoto mengibarkan bendera Partai Demokrat di depan Masjid Nabawi kira-kira hari Minggu," ujar Abas saat di hubungi detikJabar, Rabu (8/2/2023).

Dijelaskan Abas, Gibran membentangkan bendera Partai Demokrat sebagai ekspresi rasa syukur atas keberhasilan orang tuanya. Sebab ayahnya kini menjadi Ketua DPRD Karawang mewakili Fraksi Partai Demokrat.

"Tadinya sih saya juga malah mau berfoto menggunakan bendera partai kebanggaan kami, namun didahului oleh Gibran. Tak sangka juga kenapa kemudian malah ditangkap," ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Karawang Budianto, ayah dari Gibran, juga membenarkan informasi tersebut. Ia mengatakan hari ini anaknya juga sudah pulang. "Anak saya cuma moto (berfoto) dan itu sudah pulang," kata Budianto.***