Ini Dia Kondisi Kapolda Jambi Pasca Heli Mendarat Darurat, Begini Penjelasannya ?

Helikopter rombongan Kapolda Jambi mendarat daruratdi Kerinci (Dok:©2023 Istimewa)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Helikopter yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Jambi Minggu (19/2). Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengungkapkan, Kapolda Rusdi dalam kondisi selamat. Namun, ia mengalami patah tulang pada tangan kanannya.

"Kapolda Jambi dalam kondisi patah tangan kanan. Untuk penumpang lain dalam keadaan selamat," kata Kombes Mulia dalam keterangan tertulisnya.

Di lain kesempatan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan kronologi peritiwa helikopter mendarat darurat tersebut. Sigit mengatakan, Kapolda Jambi bersama jajarannya terbang ke arah Kerinci untuk meresmikan salah satu kantor di sana. Namun, tiba-tiba, kata Sigit, helikopter tersebut hilang kontak pada pukul 11.20 WIB.

"Kemudian kita mendapatkan informasi bahwa telah dilakukan pendaratan darurat dan Alhamdulillah saat ini kita sudah mendapatkan informasi bahwa dari penumpang yang berjumlah delapan orang, terdiri dari Kapolda, Direktur, staf, dan Koorspri, semuanya masih dalam kondisi selamat walaupun ada beberapa orang yang terluka," jelas Sigit kepada wartawan sebagaimana dilansir merdeka.com.

Lebih lanjut, Sigit menambahkan bahwa pihaknya telah mengirimkan tim untuk melakukan evakuasi. Tim tersebut, kata Sigit, sudah dekat dengan lokasi para penumpang.

Namun, wilayah yang merupakan perbukitan di sana menjadi hambatan tersendiri untuk menuju titik evakuasi.

"Lebih dari dua helikopter yang kita berangkatkan dan kemudian juga tim dari Brimob yang memiliki kemampuan dan tim SAR dan juga kita dibantu juga oleh masyarakat ataupun para pecinta alam yang kebetulan juga mengetahui dan membantu kita untuk menuju ke titik yang kita akan lakukan evakuasi," ujar Sigit.***