Tips Membuat Konten Menarik dan Viral Bikin Kamu Terkenal

Ilustrasi (dok:net)

JAKARTA (SURYA24.COM) -Membuat konten yang menarik dan viral merupakan suatu hal yang diinginkan oleh banyak orang yang ingin memperluas jangkauan atau pengaruh media mereka. Namun bagi sebagian orang tidak jarang sulit untuk mewujudkan keinginan tersebut. Nah dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuat konten yang menarik dan viral:

    Temukan ide yang unik dan orisinal

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari ide yang unik dan orisinal. Hindari meniru atau menyalin konten orang lain. Anda bisa mencari inspirasi dari kehidupan sehari-hari, tren terbaru, atau bahkan pengalaman pribadi yang dapat dijadikan sebagai ide untuk membuat konten yang menarik.

 

Gunakan judul yang menarik dan mengundan

 Judul adalah hal yang pertama kali dilihat oleh pengguna ketika melihat konten Anda. Pastikan judul yang Anda gunakan menarik dan mengundang agar orang tertarik untuk membaca atau menonton konten Anda. Anda bisa menggunakan judul yang singkat, padat, dan mudah diingat.

 

Gunakan media yang menarik

 Media yang menarik dapat membuat konten Anda lebih menarik dan mudah untuk dibagikan. Anda bisa menggunakan foto atau video yang berkualitas dan menarik perhatian. Pastikan media yang digunakan sesuai dengan isi konten yang ingin disampaikan.

 

 Buat konten yang informatif dan bermanfaat

    Konten yang informatif dan bermanfaat akan menarik lebih banyak pengunjung dan lebih mudah untuk dibagikan. Anda bisa menyajikan konten yang informatif dan bermanfaat dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

 

    Promosikan konten Anda di media sosial

    Promosikan konten Anda di media sosial agar lebih banyak orang yang mengetahui dan membaca atau menonton konten Anda. Anda bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok untuk mempromosikan konten Anda.

 

    Tambahkan unsur humor atau kisah yang menginspirasi

Tambahkan unsur humor atau kisah yang menginspirasi dalam konten Anda agar lebih menarik dan dapat memicu emosi pengunjung. Hal ini akan membuat konten Anda lebih mudah diingat dan dibagikan oleh pengunjung.

Gunakan hashtag yang relevan

Gunakan hashtag yang relevan agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung yang mencari konten yang serupa. Pastikan hashtag yang digunakan sesuai dengan isi konten yang ingin disampaikan.

 

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat membuat konten yang menarik dan viral. Namun, ingatlah bahwa membuat konten yang menarik dan viral bukanlah suatu jaminan untuk keberhasilan. Anda juga perlu konsisten dalam membuat konten dan mengembangkan kualitas konten Anda untuk mendapatkan pengaruh media yang lebih besar.

 

content creator

 

Ya, tidak bisa dipungkuri bahwa perkembangan teknologi membantu kehidupan manusia. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi, orang bisa menjadi terkenal. Bahkan dengan pemanfaatan teknologi, seseorang bisa menghasilkan banyak uang. Salah satu contohnya ialah menjadi content creator. 

 

Tetapi, seseorang harus menguasai keterampilan digital marketing atau pemasaran digital. Ini menjadi salah satu materi dalam program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Serta menjadi bidang kursus di program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kemendikbud Ristek. 

 

Adapun salah satu ranah digital marketing ialah content marketing dan media sosial. Kedua bidang tersebut sangat berkaitan erat dengan produksi konten. Namun, pasti kamu penasaran bagaimana membuat konten yang viral? 

 

Apakah kamu ingin menjadi Content Creator? Melansir laman Ditjen Diksi, yang dikutip kompas.com, Senin (20/3/2023), Direktur LKP Argia Academy, Kurniawan Subiantoro menjelaskan jenis-jenis konten yang disenangi audiens media sosial zaman sekarang.

 Jenis konten yang menarik dan bisa viral 

  1. Konten edukatif 

Saat ini, konten-konten yang berhubungan dengan edukasi masih menjadi daya tarik audiens media sosial, seperti konten tutorial, fakta dan sejarah, atau konten tips and trik. Jika kamu ingin membuat konten seperti ini, pastikan konten yang dibuat dapat memancing rasa penasaran penonton. Misal dengan menggunakan copywriting dan visual yang menarik. Dari visual itu maka bisa membuat orang penasaran. 

  1. Konten hiburan 

Apakah kamu pernah melihat akun media sosial yang sering membagikan meme atau video lucu? Nah, itu adalah contoh konten-konten hiburan yang juga disenangi oleh audiens media sosial. Apalagi, jika hiburan yang dibagikan sangat cocok dengan kondisi audiens. Hal tersebut akan membuat peluang viral menjadi bertambah.

 

  1. Konten inspirasi 

Sedangkan jenis konten yang menarik dan bisa membuat viral ialah konten inspirasi. Konten ini tak kalah disenangi oleh audiens. Membuat konten inspirasi harus memperlihatkan nilai perjuangan, misalnya tokoh yang semangat bersekolah meski memiliki keterbatasan ekonomi. ***