Longsor Jalur Padang-Bukittinggi Putus, Pengendara Diminta Cari Jalan Alternatif

(Dok:Net)

PADANG  (SURYA24.COM) - Satlantas Polres Padang Panjang mengimbau agar masyarakat mencari jalan alternatif akibat adanya longsor dan meluapnya air terjun Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (21/2/2023). Bencana longsor dan meluapnya aliran sungai Lembah Anai diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi Akibatnya akses jalan Padang - Bukittinggi tidak dapat dilewati kendaraan.

     "Kami dari Satlantas Polres Padang Panjang mengimbau pengendara untuk mencari jalan alternatif," kata Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu Aldy Lazzuardy sebagaimana dilansir tribunnews.com..

  Kata dia, pengendara bisa mencari jalan alternatif seperti melewati jalur via Malalak atau Sitinjau Lauik. Kata dia, sampai saat ini tidak ada informasi kendaraan yang terseret akibat kejadian ini, dan kondisi cuaca gerimis pukul 17.25 WIB.

"Untuk longsor ada tiga titik di jalan utama Jalan Padang - Bukittinggi," pungkasnya. 

    Iptu Aldy Lazzuardy menyebutkan, longsor terjadi sekitar pukul 14.30 WIB dan hingga kini masih belum bisa diatasi.

  "Kami beritahukan pukul 14.30 WIB terjadi longsor di Silaing Bawah. Saat ini kami sedang melakukan evakuasi material," kata Aldy kepada wartawan, seperti dilansir detik.com, Selasa (21/2/2023).

    Menurut Aldy, saat ini cuaca masih hujan lebat, sehingga menyebabkan material longsor semakin turun.

  "Karena cuaca masih hujan, material turun ke bawah. Arus terputus sampai dengan evakuasi material," katanya.

    Petugas Satlantas bersama tim gabungan dari BPBD sedang melakukan proses pembersihan dan evakuasi material longsoran dari badan jalan. Pengguna jalan diminta tidak melanjutkan perjalanan atau mencari jalan lain.

  "Diimbau pengguna jalan, agar tetap berhati-hati dan mencari jalur lain. Jangan bepergian dulu sampai cuaca membaik," katanya.

    Selain longsor perbukitan, kawasan di sekitar Lembah Anai juga dipenuhi banjir di jalanan akibat meluapnya air terjun. Akibat peristiwa itu, terjadi kemacetan dari kedua arah.***