Ini Virus Virtex Bikin Heboh Dikirim via WA Diduga Bikin Ponsel Error, Begini Penjelasan Lengkapnya

(dok:net)

JAKARTA (SURYA24.COM)  - Sebuah video rekaman CCTV yang dikirim melalui WhatsApp disebut-sebut bisa membuat ponsel penerimanya error atau 'hang'.  Warganet menyebut kriman video itu sebagai video Bjorka atau video Virtex WA. "Ga lucu banget sama orang yang buat sw video virtex(?) virtek(?) gini, bikin HP orang ngelag berjam jamm. mau kerja malah ke ganggu. NORAK," ungkap akun @tanyakanrl. 

     Tak hanya di Twitter, video CCTV yang membuat ponsel eror ini juga dibahas di sejumlah akun media sosial TikTok salah satunya unggahan berikut. "Prank cctv bjorka dicafe yg bikin hp lag," katya akun @kipas_duduk. prank cctv bjorka dicafe yg bikin hp lag #bjorka #bjorkahacker #videolag #lag #hpmati #viralvideo #fyp #foryoupage #foryou #xyzbca ? nh?c n?n - ?à L?t + Apa yang menyebabkan ponsel penerima video CCT tersebut error? 

    Apa itu virtex yang dikirim via WhatsApp?  Penjelasan ahli Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya meyakini bahwa video tersebut merupakan virtex. Namun menurutnya video tersebut bukan karena virtex (virus text) tapi lebih kepada virtex (virtual text).

     "Virtex itu adalah Virtual Text, sejenis coding yang dirancang sedemikian rupa untuk membuat aplikasi Whatsapp hang karena tidak mampu menangani coding yang dikirimkan melalui WhatsApp," kata Alfons kepada Kompas.com, (9/3/2023).

     Ia menjelaskan, virtex bukanlah virus namun merupakan sekumpulan kode. "Tapi kalau dari kasus video yang beredar adalah murni video yang dirancang sedemikan rupa sehingga menyebabkan lag atau hang pada ponsel tertentu dengan keterbatasan spek," kata dia. 

    Virtex menurutnya bisa menyebabkan ponsel error jika tidak memiliki kapasitas resource yang cukup.  Selain itu, dampak dari virtex hanya membuat ponsel crash dan hang, namun tidak ada payload yang lain. Menurut Alfons, virtex bisa diselipkan pada berbagai macam media di Whatsapp seperti : emoji, gambar, video, teks berbahasa arab, atau shareloc dan akan menimbulkan error. Kapasitas RAM tidak cukup 

     Di sisi lain dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana menilai video yang viral tersebut bukanlah virtex (virus text). Namun ponsel penerima mengalami error lantaran resource atau memori RAM ponsel yang tidak cukup.

     "Itu bukan virtex (virus text). Tapi resource (memori RAM) di ponsel yang kurang atau habis untuk memproses playing atau streaming video tersebut," kata Rosihanari dihubungi Kompas.com (9/3/2023).

       Selain itu penyebab yang lain juga bisa terjadi kemungkinan karena ruang memori untuk menyimpan data cache habis dan juga karena kemungkinan resolusi video terlalu besar.

     "Bisa jadi resolusi videonya besar sehingga file sizenya juga besar. Sehingga resource yang diperlukan untuk ngeplay atau streaming video tersebut juga besar," ujarnya. 

        Cara mengatasi ponsel error karena virtex Cara mengatasi ponsel yang erorr saat memainkan video bisa dengan melakukan restart ulang. Selain itu pengguna juga bisa menghapus pesan WhatsApp yang didapatkannya, atau memblokir nomor ponsel yang tidak dikenal dan mencurigakan.

 Apa Sebabnya? 

        Beberapa hari terakhir ini di TikTok, viral terdapat video yang ketika ditonton membuat handphone (HP) pengguna jadi “ngelag” atau tak bergerak hingga mati. Video viral yang bikin HP ngelag itu ramai disebarkan di aplikasi WhatsApp (WA). Baca juga: Viral, Ini Daftar Link Tes Karakter Kepribadian Ktestone, Ada Berbagai Tes Menarik Beberapa pengguna mendapatkan video viral yang bikin HP ngelag tersebut melalui unggahan status dan ruang obrolan WA. 

      Contoh video viral bikin HP mati itu bisa dilihat lewat salah satu unggahan TikTok dari akun @rivaliz, sebagaimana tertera di bawah ini. @rivaliz Hati Hati !! Jebakan video virtex whatsapp yang bisa membuat hp me restart sendiri ( SC ; Firman Fathoni ) #whatsapp #fyp #foryoupage #viral #trending ? WORTH NOTHING - Fast & Furious: Drift Tape/Phonk Vol 1 - TWISTED Dalam unggahan TikTok tersebut, tampak seorang pengguna memutar sebuah video yang dikirim di ruang obrolan WA pada HP. 

    Dikutip dari kompas.com, video itu secara garis besar berisi seseorang yang tengah memasuki tempat umum seperti kafe. Saat awal diputar, video berdurasi sangat singkat sekitar delapan detik itu tak menunjukkan keanehan. Di detik-detik akhir akan selesai, video terhenti dan HP pengguna pun ngelag.

      Setelah itu, HP pun mati dan memuat ulang (restart). Pada kolom komentar unggahan TikTok @rivaliz itu, sejumlah pengguna mengaku ada pula yang turut mengalami masalah serupa ketika memutar video tersebut di HP-nya. Namun, ada juga pengguna yang mengaku HP-nya tidak bermasalah ketika memutar video itu.

     Kemudian, tak sedikit pula pengguna lain yang kebingungan atas penyebab video viral itu bisa bikin HP mati. Untuk diketahui, video di WhatsApp bikin HP ngelag yang marak beredar itu sekarang banyak disebut juga dengan video Virtex WA. Di TikTok, selain @rivaliz, masih bisa dijumpai akun-akun lain yang juga mengunggah efek video Virtex WA di HP. 

     Dalam menunjukkan efek video Virtex WA, kebanyakan akun diketehui menggunakan jenis HP berbasis Android. Melihat keramaian ini, lantas apa penyebab video Virtex WA bisa bikin HP ngelag hingga mati? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

      Penyebab video Virtex WA bisa bikin HP ngelag Praktisi keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya mengatakan bahwa video Virtex WA merupakan video yang dirancang untuk bisa menyebabkan height overflow (arus pemrosesan yang sangat tinggi), sehingga ponsel Android tertentu bisa lag.

     “Ini (video Virtex WA) adalah video yang dirancang sedemikian rupa sehingga menyebabkan height overflow dan di ponsel Android tertentu menyebabkan hang atau lag,” kata Alfons kepada KompasTekno, Kamis (9/3/2023).

     Istilah “Virtex” pada video Virtex WA yang marak beredar itu merujuk kepada “Virtual Text”. Menurut Alfons, Virtual Text sendiri merupakan teks atau kode yang dapat membuat arus pemrosesan pada aplikasi (dalam hal ini adalah WhatsApp) menjadi sangat tinggi.

     Video yang mengandung serangkaian kode itulah, dikatakan Alfons dapat memaksa hardware pada HP bekerja secara ekstra, sehingga bisa menyebabkan lag pada ponsel tertentu, terutama ponsel dengan keterbatasan hardware atau berspesifikasi rendah. 

    “Video ini (video Virtex WA) memanfaatkan keterbatasan hardware perangkat Android tertentu, sehingga ketika menampilkan video akan memaksa hardware bekerja di luar batas jangkauannya sehingga menyebabkan hang, lag, atau eror,” ujarnya. 

    Untuk dampak yang bisa dihasilkan, Alfons lebih lanjut menuturkan bahwa video Virtex WA hanya membuat HP ngelag hingga mati total, tetapi tidak sampai ke pencurian data pribadi.

     “Dampaknya hanya terbatas lag, mati total saja. Jadi, tidak ada dampak lain seperti pencurian data dan sejenisnya,” imbuh Alfons. Sementara itu, jika mendapatkan pesan berisi video Virtex di WA, lalu terlanjur memutarnya dan HP jadi lag, Alfons menyarankan agar pengguna melakukan restart. Kemudian, agar persoalan tak terulang lagi, pesan berisi video tersebut bisa dihapus. 

   Jika tetap ingin menonton dengan lebih aman, Alfons juga menyarankan pada pengguna agar mengakses video Virtex yang tengah marak beredar ini menggunakan platform WhatsApp Web di desktop.***