Catat Sejarah Amerika, Disumpah dengan Alquran Wanita Muslim Jadi Hakim Berhijab Pertama di Pengadilan AS

(dok:©ANNE-MARIE CARUSO/NORTHJERSEY.COM)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Merdeka.com - Nadia Kahf, seorang jaksa muslimah dari Wayne terpilih jadi hakim di Pengadilan Tinggi Negara Bagian New Jersey, Amerika Serikat. Demikian dilaporkan media lokal.

Satu tahun setelah Gubernur Phil Murphy menominasikan Kahf, Senat New Jersey akhirnya menunjuk muslimah itu dan beberapa orang lainnya sebagai hakim.

Dilansir dari laman Middle East Monitor, Jumat (24/3), meski Kahf bukan wanita muslim pertama yang menjadi hakim di Distrik Passaic, tapi dia menjadi muslimah berhijab pertama yang mendapat tugas mulia itu.

Kahf yang kelahiran Suriah adalah jaksa hukum dan imigrasi di Kota Wayne. Media lokal North Jersey melaporkan, dia mengucapkan sumpah jabatan pada Kamis lalu dengan tangan di atas Alquran, kitab suci umat Islam.

Dikutip dari merdeka, sejak 2003 dia sudah menjadi anggota dewan cabang New Jersey dari Dewan Hubungan Islam-Amerika (CAIR), organisasi hak asasi bagi warga muslim di mana Kafh kini menabat sebagai ketua.

 

Dia juga merupakan penasihat hukum untuk Wafa House, sebuah lembaga nirlaba yang menangani kasus kekerasan dalam rumah tangga dan layanan sosial berbasis di Kota Clifton, serta ketua Islamic Centre of Passaic County.***