Begini Penjelasan Sains Terkait Peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad : 7 Mukjizat Nabi yang Perlu Kamu Ketahui

(dok:©2023 Merdeka.com/pixabay.com)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Salah satu keajaiban yang pernah dialami langsung oleh Rasulullah adalah peristiwa Isra’ Mi’raj. Isra’ Mi'raj adalah sebuah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha hanya dalam waktu yang singkat.

Kejadian tersebut tentu tidak masuk di akal pada zamannya. Namun, sekarang ilmuwan sudah menemukan jawaban atas peristiwa Isra’ Mi’raj yang pernah dialami oleh Nabi Muhammad.

Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad

Isra’ Mi’raj adalah perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dari Masjidil haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerusalem. Kemudian naik ke langit ke tujuh menuju sebuah tempat bernama Sidratul Muntaha.

Dalam bahasa Arab, Isra’ artinya perjalanan di malam hari, sedangkan Mi’raj adalah kenaikan. Rasulullah melakukan perjalanan itu dengan mengendarai sebuah kendaraan bernama buraq yang sangat cepat.

Dikutip dari merdeka.com, dalam perjalanan tersebut, mayoritas masyarakat Mekkah tidak percaya dan menganggap bahwa itu hanya bualan Rasulullah semata. Pada masa itu, belum ada ilmu pengetahuan yang bisa menjelaskan bagaimana bisa seseorang melakukan perjalanan secepat itu.

Teori Relativitas Einstein

Meskipun terdengar sangat mustahil dilakukan, peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki penjelasan ilmiah. Albert Einstein, seorang ilmuwan terkemuka dunia pernah menelurkan sebuah teori yang bernama teori relativitas.

Teori relativitas mengatakan bahwa ruang waktu adalah hal yang tidak bisa terpisahkan. Dalam teori tersebut dikatakan apabila sebuah benda dapat bergerak menyamai kecepatan cahaya maka benda tersebut tidak akan terpengaruh oleh waktu.

 

Apabila sebuah benda dapat melampaui kecepatan cahaya, maka benda tersebut akan kembali ke masa lalu. Sebab, waktu berjalan lebih lambat dibanding dengan benda tersebut. Hal itu disebut sebagai dilatasi waktu.

Sederhananya, apabila ada sebuah kendaraan yang bisa berjalan melebihi kecepatan cahaya, maka waktu yang dirasakan oleh orang di dalam kendaraan tersebut adalah minus. Bahkan, orang tersebut bisa menuju ke masa lampau.

Jawaban Sains terhadap Peristiwa Isra Miraj

Teori dilatasi waktu tersebut membuka kemungkinan bahwa perjalanan ke langit dalam waktu yang singkat itu bukanlah hal yang mustahil.

Perjalanan Isra’ Mi’raj Rasulullah bisa saja terjadi dengan ratusan kali lipat melebihi kecepatan cahaya. Oleh karena itu, waktu di bumi dan waktu yang dialami oleh Rasulullah akan jauh berbeda.

Sebuah perjalanan yang lama dan jauh oleh Rasulullah dengan melebihi kecepatan cahaya akan terasa sangat singkat jika dibandingkan dengan waktu yang ada di bumi. Inilah yang disebut sebagai dilatasi waktu.

Kendaraan Buraq

Sementara itu, Rasulullah juga menyebutkan bahwa kendaraan yang digunakan untuk melakukan perjalanan itu pun sangat cepat. Rasulullah bersabda:

Artinya: “Dari Anas ibnu Malik, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda seperti berikut: Didatangkan kepadaku Buraq, yaitu seekor hewan yang berwarna putih; tubuhnya lebih tinggi dari keledai, tetapi lebih rendah dari begal. Ia meletakkan kedua kaki depannya di ufuk batas jangkauan penglihatannya. 

Aku menaikinya dan Jibril membawaku berjalan hingga sampailah aku di Baitul Muqaddas. Lalu aku menambatkan hewan itu di lingkaran tempat para nabi biasa menambatkan hewan tunggangannya. Aku mema­suki masjid dan melakukan shalat dua rakaat di dalamnya, sesudah itu aku keluar.”

Melihat betapa cepatnya buraq yang disebutkan oleh hadits di atas, membuka kemungkinan bahwa kecepatannya bisa jauh lebih cepat dibanding dengan kecepatan cahaya. Wallahu a’lam.

Mukjizat Nabi

Selain perjalanan fenomenal seperti isra miraj,  ternyata mukjizat Nabi Muhammad SAW sangat banyak dan beragam. Dikutip dari buku 50 Mukjizat Rasulullah karya Fuad Kauma (2000), mukjizat Nabi Muhammad memiliki kekhasan sendiri. Mukjizat Nabi Muhammad diberikan oleh Allah SWT untuk memperkuat hujjah-nya bagi manusia.

 Lantas, apa saja mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW? 

  1. Turunnya Al Quran D

ilansir dari buku 300 Mukjizat Nabi Muhammad SAW (2008) yang dikutip dari kompas.com, Al Quran merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW. 

  1. Peristiwa Isra Miraj 

Mukjizat Nabi Muhammad SAW berikutnya adalah peristiwa Isra Miraj. Diberitakan Kompas.com (17/2/2023), Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem. 

Kemudian Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Dalam perjalanan itu, Nabi Muhammad mendapatkan perintah agar umat Islam menunaikan shalat lima waktu dalam sehari.

  1. Membelah bulan 

Rasulullah pernah diminta oleh kaum kafir untuk membuktikan kenabiannya. Rasulullah kemudian menunjuk bulan dengan jarinya dan bulan itu pun terbelah menjadi dua. Meskipun begitu, orang-orang kafir menganggap kejadian itu sebagai sihir.

  1. Kerikil bertasbih 

Sahabat Nabi Muhammad pernah mendengar sebuah batu kerikil bertasbih saat dipegang Rasulullah. Peristiwa itu terjadi pada sebuah halaqah. Menurut NU Online, mukjizat kerikil bertasbih diceritakan dalam sebuah hadis dari Abu Dzar berikut: 

"Sesungguhnya aku menyaksikan Rasulullah ? di dalam sebuah halaqah; di tangan beliau ada batu kerikil, lalu batu kerikil itu bertasbih di telapak tangannya. Bersama kami ada Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali—semoga Allah merahmati semuanya—maka orang-orang yang berada dalam halaqah semua mendengar tasbih batu-batu tersebut."

  1. Air mengalir dari jari tangannya 

Diberitakan KompasTV, mukjizat Nabi Muhammad lainnya adalah ketika beliau bisa mengalirkan air dari jari tangannya. Kisah ini datang bertepatan dengan hari Al Hudaibiyah atau perjanjian. Saat itu, orang-orang merasakan haus yang sangat luar biasa. Hal ini membuat mereka akhirnya bergegas menuju ke Rasulullah tepat setelah wudu.

  1. Menghapus kekeringan 

Seseorang pernah meminta kepada Nabi Muhammad untuk berdoa agar hujan turun. Permintaan itu disampaikan ketika Nabi Muahmmad sedang berkhutbah pada shalat Jumat. Nabi Muhammad pun memanjatkan doa kepada Allah SWT sampai Jumat berikutnya. Seseorang kemudian datang membawa kabar kepada Rasulullah bahwa banyak rumah telah mengalami kerusakan akibat hujan yang turun dalam waktu lama. Nabi Muhammad pun kembali berdoa agar hujan tersebut bisa pindah ke Madinah sesuai dengan permintaan umatnya. Lalu, awan-awan mendung yang membawa hujan pun langsung bergerak ke pusat kota.

  1. Segelas susu yang mengenyangkan 

Mukjizat Nabi berikutnya adalah satu gelas susu yang bisa mengenyangkan banyak orang. Peristiwa itu terjadi ketika Nabi Muhammad bersama dengan Abu Hurairah dan teman nabi yang sangat miskin merasa kelaparan. Kemudian Nabi menemukan satu gelas susu dan mengundang banyak orang datang ke rumahnya. Abu Hurairah menjadi orang pertama meminum susu tersebut dan diikuti oleh semua orang lainnya. Atas kehendak Allah, segelas susu tersebut cukup untuk mengenyangkan semua orang. Itulah 7 mukjizat Nabi Muhammad di antara ratusan mukjizat yang diturunkan oleh Allah SWT.***