Pemotor Nyaris Tabrak Mobil Presiden, Brgini Tanggapan Jokowi

(dok:net)

MAKASSAR (Surya24.Com) - Baru-baru ini beredar video viral saat seorang pengendara motor saat memotong jalur iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam video tersebut telihat bahwa pengendara ini sempat melawan arus sebelum akhirnya memotong jalur.

Mengutip dari video yang diunggah oleh akun Instagram @majeliskopi08 ini diketahui bahwa kejadian ini terjadi di Jalan Gunung Bawakaraeng, Makassar pada Rabu sore pada Rabu (29/3/2023 kemarin.

Aksinya pemotor ini membuat banyak netizen kaget karena malah ia memotong jalur tepat di depan mobil Presiden yang akan melintas. Hampir saja dalam kejadian tersebut terjadi sebuah tabrakan.

Banyak netizen pun memberikan berbagai tanggapan dengan kejadian tersebut dalam media sosial. Sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak kepolisian, maupun Paspampres dalam kejadian tersebut.

Memotong jalur 

Mengutip dari video yang diunggah oleh akun Instagram @majeliskopi08 yang dilansir liputan6.com,  terlihat bahwa dalam video ini pemotor ini sempat melawan arus dan tidak mengenakan helm. Melihat iring-iringan mobil Presiden, pemotor di Makassar ini tetap memotong jalur tepat di depan mobil Presiden yang akan melintas.

Atas aksinya ini mobil dan pemotor ini nyaris bertabrakan. Terlihat pengawal yang mengendarai motor di depan mobil Presiden pun sempat menyaksikan kejadian tersebut namun telat untuk mengantisipasi.

Setelah memotong jalur, pemotor ini pun terlihat langsung tancap gas meninggalkan iring-iringan tersebut. Hingga saat ini belum ada tanggapan dari petugas terkait atas kejadian tersebut.

 Minta Tak Ditahan

Terkait peristiwa itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, awalnya pihak wilayah setempat awalnya hendak mengamankan pemotor tersebut. Namun, Jokowi meminta agat pemotor tak diperiksa dan ditahan.

"Pihak wilayah awalnya akan mengamankan pemotor tersebut, namun saat Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay melaporkan kejadian tersebut kepada Presiden Jokowi, Presiden memberikan arahan untuk tidak perlu dilakukan pemeriksaan dan penahanan kepada pemotor tersebut," jelas Bey kepada wartawan, seperti dillansir liputan6.com, Kamis (30/3/2023).

Dari video yang beredar itu, terlihat bahwa iring-iringan mobil Presiden Jokowi sedang melintas secara perlahan. Tiba-tiba pemotor tersebut masuk dari arah berlawanan secara cepat.

Pemotor itu masuk ke iring-iringan tepat di mobil dinas Jokowi. Dia pun langsung membelokkan motornya ke arah kanan dan kembali melaju.

Bey menjelaskan kejadian tersebut terjadi saat Presiden Jokowi tiba di Pasar Terong, Kota Makassar, Rabu, 29 Maret 2023 sore. Rangkaian Presiden berhenti di Jalan G. Bawakaraeng.

"Setelah tiba, Presiden menyapa masyarakat dan pedagang yang telah menunggunya di pasar tersebut," ujarnya.

Rangkaian Kendaraan Telah Kosong

Di saat yang sama, kata dia, rangkaian kendaraan Jokowi yang telah kosong (tidak ada Presiden) bergerak untuk menuju sisi lain Jalan Pasar Terong yaitu Jalan Masjid Raya guna menjemput Presiden di titik akhir kunjungan ke pasar.

"Saat rangkaian tersebut bergerak, ada pemotor yang menerobos dan melintas di depan iring-iringan (di depan mobil Presiden)," kata dia.

Bey memastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini. Jokowi meminta agar soalisasi keamanan dan ketertiban berlalulintas ditingkatkan.

"Presiden hanya meminta ditingkatkan sosialisasi keamanan dan ketertiban berlalulintas," tutur Bey.***