Ini Tips 5 Makanan Buka Puasa Enak Tanpa Perlu Takut Kadar Kolesterol Tinggi

JAKARTA (SURYA24.COM)- Buka puasa menjadi momen yang dinantikan oleh banyak orang, terutama bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, banyak orang yang merasa khawatir dengan kenaikan kolesterol akibat makanan yang dikonsumsi saat berbuka. Berikut ini adalah 6 tips yang dapat membantu menurunkan kolesterol saat berbuka puasa:

Konsumsi makanan yang sehat: Pilihlah makanan yang mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Konsumsi juga sumber protein yang rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau tahu dan tempe. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan dan daging merah.

 Kurangi konsumsi gula dan garam: Hindari makanan yang terlalu manis atau terlalu asin. Konsumsi gula dan garam yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Perbanyak minum air putih: Air putih dapat membantu menurunkan kolesterol dan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi minimal delapan gelas air putih dalam sehari.

Konsumsi makanan yang mengandung omega-3: Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Konsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan salmon, sarden, atau biji chia.

Pilih metode masak yang sehat: Hindari menggoreng makanan dan pilihlah metode masak yang lebih sehat, seperti memanggang, merebus, atau mengukus.

Jangan lupa berolahraga: Olahraga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda setelah berbuka puasa.

Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat membantu menurunkan kadar kolesterol saat berbuka puasa. Selain itu, selalu ingat untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang sehat dan tidak berlebihan, serta tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang di luar bulan Ramadan.

Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Selain mengikuti saran diatas maka bagi orang dengan kolesterol tinggi harus benar-benar menjaga menu buka puasanya. Bukan apa-apa, salah makan bisa-bisa bikin kadar kolesterol makin meningkat.

Ada beberapa rekomendasi makanan buka puasa untuk penderita kolesterol tinggi. Daftar ini bisa Anda jadikan panduan selama bulan Ramadhan.

Bukan rahasia lagi, dalam jumlah berlebih, kolesterol akan memicu berbagai masalah kesehatan. Sebut saja penyakit jantung dan stroke.

Sebagai panduan, dikutip dari cnnindonesia.com, berikut beberapa makanan yang bisa dipertimbangkan sebagai menu buka puasa.

1. Tahu, tempe, susu kedelai

Selain berprotein tinggi, kedelai juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mencoba susu kedelai, tahu, atau tempe.

Menukil laman Harvard Health Publishing, konsumsi 25 gram protein kedelai sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5-6 persen.

2. Ikan kembung

Makanan untuk penderita kolesterol tinggi lainnya adalah berbagai ikan dengan kandungan lemak sehat. Ikan kembung adalah salah satunya.

Selain ikan kembung, Anda juga bisa menyiapkan olahan ikan tuna dan salmon.

Ketiga ikan di atas mengandung lemak sehat omega 3 yang juga dikenal sebagai penurun kadar kolesterol.

3. Susu rendah lemak

Orang dengan kolesterol tinggi sebenarnya boleh-boleh saja mengonsumsi susu. Asalkan susu rendah lemak atau bahkan bebas lemak.

Susu rendah lemak ini bisa Anda sajikan sebagai bahan tambahan untuk membuat jus saat berbuka puasa.

4. Sayuran

Sayuran tidak mengandung lemak. Dengan demikian, jangan lupa untuk memasukkan berbagai sayuran sebagai menu buka puasa.

Anda bisa mengolah berbagai sayuran dalam bentuk tumis, sup, atau sayur bening.

5. Apel dan buah sitrus

Jangan lupakan juga asupan buah. Beberapa buah jadi makanan yang tepat untuk penderita kolesterol.

Anda bisa memasukkan apel dan berbagai jenis buah sitrus dalam menu iftar. Buah-buah ini tinggi kandungan pektin atau serat larut air yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Selamat berbuka tanpa harus takut kolestrol naik.***