Siapa Sangka Bung Karno Pernah Ditawari Menjadi Raja Indonesia

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Tahun 1944, Jepang sudah berada di ambang kekalahan perang. Pada bulan Juli, Pulau Saipan yang strategis telah jatuh ke tangan Amerika Serikat. Satu demi satu tentara sekutu merebut wilayah yang awalnya dikuasai Jepang dalam Perang Pasifik.

Tentara Jepang yang menguasai Indonesia mulai melunak. Mereka berusaha mengambil hati rakyat. Salah satunya dengan menjanjikan kemerdekaan Indonesia.

"Tanggal 7 September 1944, Tokyo mengumumkan tanggal yang baik untuk pemberian kemerdekaan Indonesia akan segera ditentukan," kata Bung Karno dalam biografinya Penyambung Lidah Rakyat yang ditulis Cindy Adams seperti dilansir merdeka.com.

Kondisi militer Jepang makin terdesak saat Bulan Februari-Maret 1945, Filipina berhasil direbut oleh AS. Kondisi mereka di Asia Tenggara pun makin terjepit. Situasi tersebut makin menguntungkan bagi Indonesia.

Pertemuan Rahasia dan Rayuan untuk Bung Karno

Pada bulan Maret 1945, Sukarno dan Mohammad Hatta terbang ke Makassar. Ada pertemuan rahasia tingkat tinggi antara kedua pemimpin republik itu dengan pembesar tentara Jepang.

Pembicaraan itu rupanya untuk menentukan bentuk pemerintahan Indonesia. Menurut Bung Karno, Jepang mengusulkan bentuk monarki. Mereka mengaku melihat rakyat di Bali mendukung Sukarno menjadi raja.

"Mereka mendesak agar Sukarno diangkat menjadi raja Indonesia," kata pembesar Jepang tersebut.

Hal tersebut tegas ditolak oleh Bung Karno. Dia tidak mau Indonesia menjadi kerajaan. Hal itu sudah dijanjikannya kepada rakyat sejak tahun 1926, saat dia mulai memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Sukarno pribadi meyakini menjadi republik adalah pilihan terbaik untuk Indonesia.

"Aku telah berjanji kami tidak menghendaki sebuah kerajaan. Aku selalu berbicara menentang bentuk lain kecuali republik," tegas Sukarno.

 

Janji Jepang untuk memberi kemerdekaan pada Indonesia tak pernah terjadi. Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya sendiri tanggal 17 Agustus 1945. Sukarno menjadi presiden pertama Republik Indonesia.***