Kesal dengan Komedo Membandel? Catat Ini Tips Menghilangkannya

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Komedo adalah masalah kulit yang umum terjadi pada banyak orang, terutama pada remaja dan orang dewasa muda. Meskipun tidak berbahaya secara medis, komedo dapat mengganggu penampilan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang komedo, termasuk penyebab, pencegahan, dan pengobatan yang efektif.

Apa Itu Komedo?

Komedo adalah kondisi kulit di mana folikel rambut tersumbat oleh minyak (sebum) dan sel-sel kulit mati. Komedo umumnya muncul di area yang lebih berminyak seperti wajah, leher, dan dada. Terdapat dua jenis komedo yang umum ditemui, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Komedo Terbuka (Blackhead): Komedo ini memiliki warna hitam atau kecoklatan karena bagian atas folikel terbuka dan terpapar udara. Komedo terbuka ini terlihat seperti titik hitam yang menonjol di permukaan kulit.

Komedo Tertutup (Whitehead): Komedo ini memiliki warna putih atau kulit. Folikel tersumbat, tetapi bagian atasnya tertutup oleh lapisan kulit. Komedo tertutup ini muncul sebagai benjolan kecil yang terabaan di bawah permukaan kulit.

Penyebab Komedo:

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan komedo antara lain:

 

-Produksi Minyak yang Berlebihan: Kulit yang berminyak lebih rentan terhadap komedo. Produksi minyak berlebihan oleh kelenjar sebaceous dapat menyebabkan folikel tersumbat.

- Penumpukan Sel-sel Kulit Mati: Sel-sel kulit mati yang tidak terkelupas dengan baik dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan komedo.

- Perubahan Hormonal: Perubahan hormonal yang terjadi selama masa remaja, kehamilan, atau siklus menstruasi dapat meningkatkan risiko timbulnya komedo.

- Penggunaan Produk Kosmetik yang Tidak Sesuai: Beberapa produk kosmetik seperti alas bedak atau pelembap yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat memicu timbulnya komedo.

Pencegahan dan Pengobatan Komedo:

Dikutip dari kompas.com, komedo atau blackheads adalah salah satu masalah kulit wajah yang dianggap sangat mengganggu. Karena selain bisa membuat penampilan jadi kurang menarik, dalam beberapa kasus komedo juga dapat menyebabkan komplikasi yang berujung pada infeksi dan peradangan. Seorang dokter spesialis kulit, Dr Alok Vij, MD, mengatakan, komedo bisa diatasi dengan berbagai cara, baik itu dengan skincare maupun perawatan kulit di klinik. Nah, Vij pun membagikan beberapa tips untuk menghilangkan dan mencegah munculnya komedo sebagai berikut. 

Menurut Vij, ada beberapa cara berbeda yang dapat dilakukan untuk mengatasi komedo di rumah. 

"Tetapi, saya menekankan untuk bersabar dengan kulit dan konsistensi adalah kuncinya," katanya. "Sebab, butuh beberapa saat bagi kulit kita untuk sampai ke tempat ini dan akan membutuhkan sedikit waktu untuk mengembalikannya seperti semula," lanjut dia.

 Vij pun merekomendasikan untuk menghilangkan komedo dengan tips berikut: • Pilihlah asam salisilat "Perawatan andalan saya untuk komedo adalah membersihkan wajah dengan produk yang mengandung asam salisilat sekali sehari," kata Vij. "Bahkan ada tisu wajah yang mengandung asam salisilat," ujar dia. 

Jika ingin mencoba asam salisilat, mulailah dengan menggunakan produk yang mengandung antara 2-4 persen. Baca juga: Memahami Komedo, Penyebab, dan Cara Mengatasinya Kemudian, kita bisa memodifikasi jumlah yang digunakan dengan bagaimana kulit bereaksi. Apabila kulit kering, maka kurangi sedikit penggunaannya. • Gunakan pembersih asam alfa atau beta hidroksi Asam alfa atau beta hidroksi, yang juga dikenal sebagai AHA dan BHA, adalah sekelompok senyawa yang sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. 

Beberapa elemen yang paling populer dalam kelompok ini termasuk asam salisilat, asam laktat, dan asam sitrat. Pilihan bagus lainnya untuk menghilangkan komedo dalam keluarga AHA adalah menggunakan produk yang mengandung asam glikolat. Usahakan untuk menggunakan pembersih dengan kandungan 10 persen. Selain itu, asam glikolat juga berfungsi sebagai eksfoliator yang hebat untuk membantu mengangkat lapisan luar sel kulit mati, serta komedo yang mengganggu. • Cobalah retinoid

 "Dari sudut pandang medis, saya biasanya akan meresepkan retinoid topikal sebagai pengobatan," terang Vij.

 "Ini bagus untuk memastikan bahwa sel-sel kulit mati tidak terkumpul di dalam pori-pori dan juga membantu mencegah wabah, serta mengurangi pembentukan bekas jerawat," jelas dia. 

Terkadang, ada baiknya untuk membagi perawatan antara retinoid dan asam hidroksi alfa atau beta. Contoh perawatannya adalah dengan menggunakan pembersih asam salisilat di pagi hari dan retinoid di malam hari. • Pastikan untuk melakukan eksfoliasi Eksfoliasi adalah bagian penting dari setiap rutinitas perawatan kulit, tetapi jangan lakukan secara berlebihan. 

"Kita seharusnya hanya melakukan eksfoliasi beberapa kali dalam seminggu," jelas Vij. "Melakukan eksfoliasi berlebihan pada kulit, terutama pada wajah, akan membuat kulit cepat kering," kata dia.

 Apa dampak yang lebih buruk? Ketika kulit kering, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak yang justru berkontribusi pada lebih banyak komedo. Jadi, sebaiknya kita juga perlu mengurangi eksfoliasi seminimal mungkin. 

Pertimbangkan perawatan di klinik untuk komedo yang membandel Bila tips menghilangkan komedo di rumah tidak mempan, maka kita perlu melakukan perawatan bersama dengan dokter kulit di klinik dengan cara-cara sebagai berikut: 

• Pengelupasan kimiawi Dokter kulit mungkin menyarankan pengelupasan kimiawi. Teknik ini menggunakan larutan kimia untuk mengangkat lapisan luar kulit yang rusak. Hal ini dapat meningkatkan tekstur dan kehalusan kulit. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua asuransi menanggung jenis perawatan ini. Dan tergantung pada apakah kita melakukan pengelupasan kimiawi ringan, sedang, atau dalam, kita mungkin akan mengalami kemerahan, rasa perih, dan bengkak pada kulit dalam 48 jam pertama. 

• Mikrodermabrasi Perawatan lainnya adalah mikrodermabrasi, yang juga dikenal sebagai "power peel". Kulit biasanya disemprot dengan kristal kecil untuk mengikis lapisan luar kulit dengan lembut. Prosedur invasif minimal ini memperbaiki penampilan kulit, tetapi kita mungkin akan mengalami efek samping ringan seperti kemerahan, bengkak, dan nyeri selama beberapa jam setelah perawatan. Dan seperti pengelupasan kimiawi, kita juga mungkin harus membayar sendiri untuk mikrodermabrasi. Baca juga: Cara Mudah Singkirkan Komedo dari Wajah 

• Ekstraksi Terkadang, tindakan yang baik untuk komedo yang membandel adalah dengan ekstraksi manual, tetapi harus selalu dilakukan oleh seorang profesional. Jika tidak, maka kita berisiko membuat kulit terluka. Seorang profesional — baik dokter kulit atau ahli kecantikan — dapat mempersiapkan kulit kita dengan uap ringan untuk melebarkan pori-pori. Kemudian, dengan menggunakan alat logam steril yang disebut ekstraktor komedo, mereka akan memberikan tekanan pada komedo untuk mengeluarkannya dari pori-pori.

 Beberapa ahli memilih untuk menggunakan jari-jari mereka, yang biasanya dilapisi kapas, untuk melakukan ekstraksi. Mencegah timbulnya komedo Pertahanan terbaik diri terhadap komedo tentunya adalah pencegahan. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah atau membatasi jumlah komedo yang muncul pada kulit wajah kita.

 • Jangan mencungkil kulit Meskipun hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, ini sangat penting. Bakteri dan minyak ada di tangan. Dan setiap kali kita menyentuh atau mengorek kulit, itu berarti kita memindahkannya ke kulit wajah kita. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan masalah kulit tambahan, termasuk hiperpigmentasi. Di samping itu, mengorek kulit juga bisa menyebabkan jaringan parut permanen sehingga kita harus menahan diri. Baca juga: Komedo Hitam Viral di Twitter, Bagaimana Cara Mengatasinya? 

• Pilihlah produk riasan dan perawatan kulit yang tepat Jika kita serius ingin mengatasi komedo yang mengganggu, berhati-hatilah dengan produk yang kita gunakan di wajah. Riasan wajah dan produk kulit nonkomedogenik dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori. Menggunakan jenis produk ini dapat membantu mengurangi jumlah komedo yang kita miliki. Vij juga menekankan pentingnya menggunakan pelembap wajah dengan SPF minimal 30. Dan cobalah untuk menghindari penggunaan produk yang berminyak dan berat. Aturan praktis yang baik adalah semakin tipis produknya, semakin baik. Karena apapun yang menempel di kulit, bahkan pelembap sekalipun, bisa berpotensi menyumbat pori-pori.

 • Gunakan pore strip dan masker wajah Jika kita bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung, maka kita perlu beralih ke pore strip atau masker wajah "Pore stripe menggunakan perekat untuk mengangkat sumbatan dari pori-pori," kata Vij. 

"Tapi itu hanya akan membersihkan kulit untuk sementara dan dapat memiliki beberapa efek samping seperti iritasi berlebih dan kekeringan," ujar dia. Jadi, sebaiknya kita tidak terlalu sering menggunakan pore strip dan masker wajah meskipun keduanya bisa sangat bermanfaat dari waktu ke waktu. Jika kita adalah pengguna skincare yang cerdas, tanyakan juga kepada dokter kulit tentang produk apa yang mereka rekomendasikan. Dengan cara ini, kita bisa meminimalkan risiko penggunaan masker atau pore strip yang berpotensi mengiritasi kulit.

Meskipun komedo dapat mengganggu dan bahkan memalukan, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kulit ini dan kuncinya adalah menemukan solusi yang paling cocok untuk jenis kulit kita. 

"Setiap jenis kulit berbeda dan harus diperlakukan seperti itu," ungkap Vij. "Dan bagian dari tugas saya adalah membantu orang-orang mengetahui kombinasi perawatan apa yang cocok untuk kulit mereka," kata dia.

Begitu ya bun? Kata ahli untuk mencegah komedo yang membandel semoga bermanfaat.