Disdukcapil Rohil Utamakan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

Kadis Dukcapil Rokan Hilir Basarudin SH

Bagansiapiapi (Surya24.com) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau bertekat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Rohil dalam urusan kependudukan. Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Rohil Basarudin SH diruang kerjanya, Senin (2/3/2020).

Basarudin SH mengatakan sebagai OPD Pemerintah Daerah Rokan Hilir  melayani pembuatan dokumen kependudukan dari Akta Lahir, Akta meninggal dunia, KTP, Kartu Keluarga, Akta catatan nikah, pihaknya berpedoman dengan ketentuan yang ada .

" Setiap hari kantor Disdukcapil Rohil ini ramai oleh masyarakat berurusan untuk membuat dokumen kependudukan, asal dokumennya lengkap kita proses, " Ucap Basarudin SH.

"Tidak ada masalah stok blanko KTP mencukupi, kemaren saya baru membawa lagi untuk persediaan, " Ucap Kadis Dukcapil Rohil ini namun tak membantah adanya sistem antrian, " Yang dulu tentunya kita  dahulukan, karena ada proses yang sedang berjalan, misalnya pembuatan KTP, " ujarnya.

Basarudin SH  menyebutkan bahwa kadang juga ada kendala, "Misalnya ada yang sudah pernah membuat KTP kemudian membuat lagi atau lebih dari sekali dengan alamat yang berbeda, maka ini kendala juga, " Ujarnya.

Kadis Dukcapil Rohil ini juga menghimbau masyarakat jika dokumen kependudukan miliknya rusak, segera laporkan untuk di perbaiki dan jika hilang prosedurnya buat laporan polisi hilangnya dokumen tersebut, " Ini tupoksi tugas dan pekerjaan pelayanan Disdukcapil kepada masyarakat,"Ucapnya.

Basarudin SH menambahkan pihaknya mendatangi sekolah-sekolah mensosialisasikan untuk membuat KTP dan dokumen lainya, " Kemarin kita ke SMAN 1 Bangko,usai sosialisasi kita lakukan pendataan kepada siswa yang berusia 17 tahun kita foto dan KTP nya siap kami akan antarkan ke sekolah tersebut, " Sebutnya dengan menunjukan 35 lembar KTP pelajar SMAN 1 Bangko selesai di cetak.

Informasi dalam waktu dekat ini, Disdukcapil Rohil akan mengunjungi SMA sederajat di Rokan Hilir untuk menyampaikan tatacara mengurus administrasi kependudukan khususnya KTP, " Anak-anak kita di SMA yang sudah 17 tahun masih ada yang belum punya KTP, kita bantu untuk membuatnya, " Aku Basarudin. 

Pantauan Surya24.com Disdukcapil Rohil sejak pagi hingga menjelang jam kantor berakhir animo masyarakat berurusan ramai.

"Alhamdulilah urusan yang kita urus satu hari selesai, kita datang dari kecamatan," Ucap Basir (55) warga Panipahan saat di mintai komentarnya. ( Hen/Yan)