Ternyata Ini Hasil Penelitian Mengapa Anjing Suka Makan Rumput? Kamu Ngga Bakalan Nyangka

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Kamu pasti kerap melihat seekor anjing tiba-tiba memakan rumput. Jelas tumbuhan bukanlah menjadi makanan utama mereka, karena binatang ini masuk kedalam carnivore atau hewan pemakan daging. 

Memang,  anjing dikenal sebagai salah satu jenis hewan peliharaan yang ramah dan dekat dengan manusia. Beberapa orang rela merogoh kocek dalam untuk memeliharanya supaya tetap sehat dan ceria.

Dikutip dari merdeka.com, pola hidup, lingkungan, dan makanan merupakan faktor penentu kualitas hidup anjing kita. Meski selalu diberi makan bergizi dan sehat, namun faktanya anjing tak jarang juga memakan rumput liar.

Mengapa hal tersebut terjadi? Belum banyak orang yang menyadari perilaku tersebut. Meski tidak dapat dipastikan bahaya atau tidaknya anjing memakan rumput, pemilik hendaknya mengetahui alasan anjing suka memakan rumput.

Sebuah artikel yang diunggah laman sciencealert.com mengungkap beberapa fakta alasan anjing suka memakan rumput yang belum banyak diketahui. Simak ulasan selengkapnya.

Suka Makan Rumput?

Anjing tergolong binatang pemakan segalanya meskipun utamanya mereka mengonsumsi makanan berbahan daging atau protein tinggi. Namun mereka memerlukan asupan tambahan untuk pencernaan mereka.

Makan rumput adalah perilaku umum yang biasa terjadi di anjing peliharaan. Beberapa survei menunjukkan hingga 80 persen pemilik anjing memperhatikan peliharaan mereka secara teratur memakan rumput.

Makan rumput tidak memandang ras atau jenis anjing apapun. Studi dari Taman Nasional Yellowstone menunjukkan materi tanaman (kebanyakan rumput) ditemukan hingga 74 persen kotoran serigala, menunjukkan bahwa perilaku tersebut mungkin diwarisi dari semua jenis anjing.

Alasan Anjing Makan Rumput

Pemilik anjing mungkin akan mengira bahwa anjing mereka hanya akan makan rumput saat mengalami masalah pencernaan hingga menyebabkan anjing muntah.

Namun sebuah penelitian dengan 12 anjing yang makan rumput setiap hari menemukan bahwa ada beberapa kasus anjing akan muntah setelah memakan rumput.

Anjing yang mengalami gangguan pencernaan ringan karena sesuatu yang telah mereka makan, kemungkinan besar bukan berasal dari makan rumput, namun karena makanan normal mereka.

Teori lain menyebut bahwa anjing akan memakan rumput karena terbatasnya kebutuhan serat dalam makanan mereka. Temuan lain adalah karena anjing kelaparan sehingga semakin besar kemungkinan mereka memakan rumput.

Anjing sangat suka memakan rumput karena merobek rumput dari tanah bisa memuaskan mereka. Tekstur dan rasa rumput menawarkan sesuatu yang berbeda dari apa yang biasa mereka makan.

Dilarang Makan Rumput Sembarangan

Pemilik anjing harus menjaga kualitas lingkungan mereka supaya anjing tidak memakan rumput sembarangan. Terkadang rumput memiliki kandungan herbisida yang berbahaya bagi hewan.

Bahan kimia rumput sering terdeteksi di rumput hingga 48 jam setelah diterapkan, dan juga terdeteksi di urin anjing dengan akses ke rumput yang diperlakukan dengan cara ini.

Penelitian lain mengungkap faktor terjadinya kanker kandung kemih pada anjing dan paparan herbisida. Faktanya, anjing bisa juga terkena paparan kimia yang sama muncul dalam urin anjing dan orang-orang yang tinggal di lingkungan yang sama.

Bila kita menggunakan herbisida pada rumput Anda sendiri, singkirkan mainan, makanan, dan mangkuk air anjing dari area tersebut sebelum aplikasi apa pun. Pestisida harus benar-benar kering sebelum mengizinkan anjing kembali ke area tersebut, dan pastikan untuk memeriksa kemasan untuk periode waktu pengeringan yang sesuai.

Termasuk juga saat anda mengaplikasikan pestisida granular atau pupuk yang meresap ke dalam tanah, karena memerlukan waktu hingga 24 jam atau lebih. Jika ingin mengurangi risiko lebih jauh lagi, penyiangan dengan tangan mungkin merupakan pilihan yang bijak.

Selain rumput, beberapa jenis dedaunan daun, bunga, dan tanaman lain juga bisa menjadi racun bagi anjing. Bila dibiarkan akan menyebabkan muntah dan diare pada anjing.

Anjing Boleh Makan Rumput

Pada dasarnya perilaku makan rumput merupakan sifat alami anjing. Namun kita perlu memberikan pengawasan supaya anjing tidak sembarangan memakan rumput.

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk anjing kita adalah untuk mengajaknya jalan-jalan. Apabila mereka memakan rumput di sepanjang jalan, pastikan bila rumput belum disemprot dengan herbisida.

Jangan khawatir bila mereka sesekali muntah. Namun, jika ada muntah atau diare yang lebih serius, hendaknya kita secepatnya konsultasikan dengan dokter hewan.***