Lama Bagai Ayam Kehilangan Induk, Pramuka Rohil Sabtu Ini Gelar Muscab

Penulis : H.Yan Faisal (KPL Nasional Angkatan Tahun 2019 di Tanjung Pinang Kepri)

 

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Lama bagaikan ayam kehilangan induk, lama juga mendengar issu Ketua Kwarcab Rohil  nengundurkan diri, jika tidak ada aral melintang, Sabtu (17/6/2023) akan digelar Muscab Gerakan Pramuka Rokan Hilir. 

Walau tidak terdengar hingar-bingar digelarnya muscab sebagaimana tradisi selama ini, namun informasi Muscab ini diterima jajaran pengurus melalui surat Undangan Nomor : 52/0410/A/2023 tanggal 12 Juni 2023 yang disebar luas melalui group WhatsApp, Kamis (15/6/2023). 

Informasi dirangkum, Jumat (16/6/2023) Muscab Gerakan Pramuka 0410 Rohil selain selama ini terdengarnya issu Ketua Kwarcab mengundurkan diri, juga  berakhirnya Masa Bakti 2018-2023 dan perlu upaya retrukstur, regenerasi dan pembenahan di tubuh Organisasi Kepramukaan Rohil ini. 

Apa lagi sejak Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka 0410 Rohil, H.Azuar MM meninggal dunia beberapa waktu lalu sehingga jabatan ditinggalkannya dialihkan ke pengurus yang lain. 

Puncak dari kondisi ini adalah ketika pengiriman Contingen Pramuka Rohil ke Jambore Nasional Cibubur Jakarta, dimana peserta berangkat ke Jambore yang mewakili Rohil dengan biaya sendiri secara pribadi, ini jolong pertama terjadi di usia Kwarcab Pramuka Rohil memasuki 24 Tahun. 

Kwarcab 0410 Gerakan Pramuka Rohil telah menempati sebuah gedung megah eks Kantor DLH Rohil, di Batu Enam Bagan Punak Meranti. 

Tapi walaupun megah, besar dan sanggam namun minim isi properti dan barang-barang inventaris, kini kosong melompong. 

Padahal setiap Tahun Kwarcab Rohil menerima dana suntikan APBD Rohil, jika dihitung secara Global sejak 2018 hingga 2023 ini jumlahnya lumayan, total Milyaran rupiah, pantastis, jika dana tersebut  dibangun RKB rumah sekolah. 

Biarlah waktu menjawabnya, kedepannya diharapkan Muscab ini berhasil memilih Ketua dan jajaran pengurus yang Pramukaisne, humanis dan organisatoris, bukan seenak " Tekak " dan mengikuti AD/ART Gerakan Pramuka Indonesia. 

Nah, Muscab tinggal menunggu waktu, menunggu jam, kini para penggiat Pramuka tersebar di Gudep, Kwaran di Rohil berharap ada perubahan signifikan di tubuh Pramuka Rohil ini kedepannya. 

Penggiat Pramuka di Rohil berharap kiranya Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Rohil yang juga Bupati Rohil turun gunung dan turut memberi saran, masukan siapa kandidat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Rohil 5 Tahun mendatang. 

Terutama sosok dan ketokohan memiliki jiwa korsa, mengerti, paham seluk beluk dunia kepramukaan untuk membawa pencerahan kedepannya. 

Penulis mencoba mengelus-ngelus siapa saja yang punya khans besar untuk calon yang akan di pilih saat Muscab di laksanakan di Hotel Grand Sungai Garam ini. 

Mereka yang dilihat pantas seperti, Kak Fauzi Efrizal (Sekdakab Rohil), sosok ini aktif di Pramuka sejak SD, SMA, STPDN dan pernah menjabat Kepala OPD baik saat di Dumai dan di Rohil. 

Selain Fauzi Efrizal, ada Asril Arief (Kadis Pendidikan Rohil), HM.Nurhidayat (Staf Ahli), Ari Darma (Kepala BPBD Rohil-Purna Jamnas), Cicik Nawardi (Kadis Bapenda), Brigpol (Purn), H.Nasrudin Hasan (Tokoh Masyarakat, mantan Ketua DPRD Rohil) dan beberapa nama lainnya yang dapat meramaikan bursa calon Ketua Kwarcab di Muscab mendatang. 

Perlunya mengamanahkan orang-orang Pramuka yang tengah menjabat di OPD  lingkungan Pemkab Rohil. 

Hal ini dipandang sangat perlu agar memiliki " Power ", lobby dan dapat berkomunikasi dengan Pemkab, DPRD Rohil, untuk menjalankan program proposal pramuka guna mendapatkan anggaran APBD. 

" Diusia Kabupaten Rohil menjelang Tahun Perak, 25 Tahun, sangat dipandang perlu Muscab ini menjadi moment kebangkitan Pramuka Rohil. Kita maklum semua Ketua dan pengurus dimasanya sudah banyak berbuat untuk memajukan Pramuka Rohil, namun perlu peningkatan dan merangkul semua penggiat pramuka baik itu pelatih, pembina, Gugus Depan dan Kwaran, " ucap beberapa orang pembina Pramuja saat berbincang dengan penulis.(****)