Yuk Nikmati Peresean Tradisi Unik Perayaan Hari Kemerdekaan di Lombok Berikut Kewajiban Hotel Sediakan 8 Fasilitas Ini untuk Tamu, Apa Saja?

dok net

 JAKARTA (SURYA24.COM) -  Masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memilki tradisi unik untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI pada 17 Agustus. 

Tradisi unik perayaan 17 Agustus di Lombok tersebut adalah peresean. Tradisi turun temurun tersebut, menjadi salah satu daya tarik wisata budaya di Lombok. Banyak wisatawan nusantara maupun mancanegara yang menyaksikan pertunjukkan peresean di Lombok. 

Lantas, apa yang dimaksud dengan tradisi peresean? Simak ulasannya berikut ini. Apa yang dimaksud dengan peresean?

Mengutip kompas.com, tradisi peresean adalah tradisi turun temurun masyarakat Suku Sasak di Lombok, NTB yang masih dilestarikan hingga saat ini. Peresean adalah pertarungan antara dua pria, yang biasa disebut sebagai pepadu.

Pertarungan dua pepadu tersebut  menggunakan senjata tongkat rotan atau penjalin dan perisai dari kulit kerbau tebal dan keras atau ende, berdasarkan informasi dari website Dinas Pariwisata NTB. 

Tongkat rotan itu berfungsi untuk menyerang lawan, sementara perisai untuk melindungi tubuh dari serangan. Para pepadu, mengenakan celana yang dibalut dengan penutup kain khas Lombok dan ikat kepala. Sementara, bagian atas badan mereka tidak mengenakan baju alias bertelanjang dada. Tradisi ini memang cukup ekstrem, lantaran para petarung bisa saja terluka hingga berdarah.

Apa tujuan dari peresean? Meskipun termasuk dalam kesenian tradisional yang ekstrem, peresean memiliki sejumlah pesan moral. Bukan sekadar adu ketangkasan semata, peresean bermakna persaudaraan dan sikap ksatria seorang laki-laki yang diuji melalui permainan, seperti dikutip dari Wonderful Indonesia. 

Peresean juga menguji sportivitas para petarung karena harus menghindari perbuatan curang. Selain itu, terdapat nilai patriotisme yang berkaitan dengan sejarah Suku Sasak Sumber lain menyatakan bahwa masyarakat Suku Sasak meyakini bahwa peresean merupakan sarana permohonan kepada Tuhan agar menurunkan hujan, seperti dikutip dari Kompas.com (16/1/2023). 

Masyarakat Suku Sasak mempercayai bahwa semakin banyak darah tumpah, maka kemungkinan hujan turun akan semakin nyata. Kepercayaan ini diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang Suku Sasak.

 

8 Fasilitas Ini untuk Tamu

Seperti diketahui menjadi tamu hotel, kamu tentu menginginkan fasilitas terbaik yang bisa didapat. Sebagai tamu, kamu memang berhak menerima pelayanan dari pihak hotel, tentu dengan fasilitas yang mereka miliki.

Pengalaman menginap pun jadi memuaskan apabila pihak hotel mampu menyediakan fasilitas terbaik dari yang mereka miliki untuk tamu.

Hotel menjadi tempat tamu beristirahat dari aktivitas, baik ketika sedang liburan atau untuk urusan bisnis. Baik hotel bintang satu sampai bintang lima, fasilitas yang disediakan mesti membuat tamu nyaman.

Nah, ternyata terdapat fasilitas wajib yang mesti disediakan oleh pihak hotel kepada tamu, yang jumlah ada 8. Manajemen hotel wajib menyediakannya kepada para tamu.

Melansir cnnindonesia.com, semakin mahal biaya menginap di sebuah hotel, maka fasilitas yang disediakan untuk tamu pun mesti lebih lengkap dan memuaskan. Apa saja 8 fasilitas yang wajib disediakan hotel, berikut daftarnya seperti dikutip dari Luxcity.

1. Kebersihan

Kebersihan merupakan fasilitas wajib yang disediakan hotel kepada tamu. Ketika tamu menemukan banyak sampah di hotel, itu akan jadi pengalaman buruk dan tamu tentu tidak akan datang kembali ke hotel itu.

Selain bersih, kamar hotel juga harus wangi, nyaman, dan siap digunakan oleh tamu yang baru. Kamar yang bersih dapat memengaruhi mood tamu yang menginap.

2. Layanan Housekeeping

Layanan housekeeping wajib lho dimiliki oleh setiap hotel. Fungsinya menjaga kebersihan seluruh kamar hotel, agar para tamu merasa nyaman. Para tamu yang menginap selama dua malam atau lebih biasanya dapat menggunakan layanan housekeeping.

3. Peralatan Mandi

Saat ini, nyaris semua hotel telah memiliki peralatan mandi yang disediakan untuk tamu. Peralatan mandi itu mulai dari sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, sampai sisir. Meski banyak tamu yang membawa peralatan mandinya sendiri, pihak hotel tetap wajib menyediakannya di setiap kamar.

4. Air Mineral

Pihak hotel juga mesti menyediakan air mineral untuk para tamu yang menginap. Di dalam kamar hotel biasanya telah disediakan 2 botol air mineral secara gratis untuk tamu yang menginap. Ada pula hotel yang memilih menyediakan dispenser air di sekitar lorong atau dekat lobi, sehingga tamu dapat mengisi air minum.

5. Telepon

Unit telepon menjadi fasilitas yang harus disediakan hotel di setiap kamar. Telepon berfungsi untuk para tamu yang menginap menghubungi resepsionis ketika perlu bantuan. Telepon di kamar hotel juga bisa dipakai tamu untuk menghubungi ponsel atau telepon rumah di luar hotel, tapi untuk ini, ada biaya yang harus dikeluarkan jika tamu memanfaatkannya.

6. Wi-Fi

Di masa sekarang, fasilitas Wi-Fi jadi sesuatu yang mesti dimiliki hotel demi memanjakan tamu yang menginap. Sebab, tamu hotel tentu butuh untuk internetan dan koneksi Wi-Fi yang kencang dan stabil akan membuat para tamu terpuaskan.

7. Tempat Parkir

Pihak hotel wajib menyediakan tempat parkir untuk para tamu yang membawa kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Tempat parkir hotel sebaiknya luas dan mudah diakses oleh para tamu.

8. Kursi Roda

Tamu hotel beragam, tidak terkecuali penyandang disabilitas. Hal ini membuat pihak hotel wajib menyediakan fasilitas yang memudahkan penyandang disabilitas seperti kursi roda, yang dapat membantu kegiatan tamu tersebut selama menginap.

Nah itulah fasilitas yang wajib disediakan hotel untuk para tamu mereka. Selamat menikmati akhir pekan.***