Tinggalkan Ganjar dan Pilih Dukung Anies SPN Dianggap Ingin Perubahan Nyata, Dukung Anies jadi Presiden, Inisiator Gerakan Membaiki Banua Yakin ARB Wujudkan Keadilan di Luar Jawa

Inisiator Gerakan Membaiki Banua, Saiful Halim bertemu Anies Baswedan/Net/rmol

JAKARTA (SURYA24.COM)- Serikat Pekerja Nasional (SPN) mencabut dukungannya terhadap bakal capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. Mereka pun sepakat mengalihkan dukungan kepada bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan.

Menanggapi hal ini, Jurubicara Anies Baswedan, Surya Tjandra mengatakan, dukungan SPN ke Anies menunjukkan kaum buruh menginginkan perubahan yang nyata.

“Dukungan SPN menunjukkan pemahaman buruh pada situasi dan keberanian politik di dalam situasi yang sulit sekarang ini,” kata Surya lewat keterangan tertulisnya, seperti dilansir Kantor Berita RMOL, Jumat (4/8).

Surya menegaskan, keberadaan SPN sebagai organisasi buruh sangat penting untuk mengawal demokrasi dan memastikan kesejahteraan kaum pekerja.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan buruh kepada Anies. Kaum buruh adalah pemilih kritis yang bisa menjadi penggerak perubahan di masyarakat,” ujar Surya.

Sebelumnya, Ketua Umum SPN, Djoko Heriyono menyebut, dukungan terhadap Anies Baswedan merupakan aspirasi dari teman-teman pekerja. Mereka berharap kebijakan Anies selama memimpin DKI Jakarta bisa diperluas di Indonesia. 

Mampu Wujudkan Keadilan di Luar Jawa

Dibagian lain, bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mendapatkan dukungan dari tokoh Gerakan Membaiki Banua. Gerakan ini melibatkan peran serta masyarakat khususnya anak muda untuk menyelesaikan isu lingkungan, sosial-kemasyarakatan, dan kebudayaan.

Inisiator Gerakan Membaiki Banua, Saiful Halim, meyakini Anies Baswedan bisa mewujudkan keadilan dan kesetaraan bukan hanya di Jakarta, tapi juga di seluruh Jawa dan luar Jawa.

Sabab, kata Saiful, Anies adalah sosok yang konsisten dan berkomitmen untuk memberikan persamaan hak dan pemerataan kesempatan secara nyata dalam berbagai sektor.

“Di era kepemimpinan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta, 11 pulau terluar yang masuk provinsi DKI Jakarta akhirnya bisa menikmati kebutuhan dasar yang lebih setara dengan daratan, seperti pemenuhan air bersih, aliran listrik 24 jam, ketersediaan bahan pokok, serta keterjangkauan transportasi antar pulau,” kata Saiful dalam keterangannya, dilansir Kantor Berita RMOL Rabu (2/8).

Selain itu, Saiful menyebut keberhasilan Anies dalam memasukkan aspek keadilan sosial dalam berbagai programnya di DKI Jakarta, termasuk perbaikan kualitas layanan angkutan umum melalui kolaborasi yang adil, serta integrasi transportasi umum dari berbagai moda.

“Transportasi Jakarta yang tadinya dikenal kusut dan penuh masalah kini rapih, tertib, nyaman dan aman melalui sentuhan Anies yang memasukkan aspek keadilan dan pemerataan pada setiap kebijakannya,” katanya.

Atas dasar itu, Saiful berharap prinsip keadilan sosial yang diterapkan di Jakarta harus diduplikasi ke seluruh Indonesia oleh Anies jika terpilih menjadi Presiden RI di Pemilu 2024.

Dia yakin bahwa Anies mampu mewujudkan keadilan sosial dan pemikiran cerdas menjadi program kerja yang nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Itulah alasan kami mendukung Mas Anies Baswedan untuk menjadi Presiden RI pada Pilpres 2024. Semoga warga Kalimantan Selatan juga ingin merasakan hadirnya keadilan sosial melalui kepemimpinan Mas Anies," pungkasnya.***