Agar HP Kamu Tidak Lemot Ini Pesan ‘Mbah’ Google Berikut Penjelasan Whatsapp Cetang Hijau yang Ramai Dibicarakan

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Untuk mengosongkan ruang penyimpanan ponsel.Setidaknya, menurut Google, ada lima jenis file yang diminta untuk dihapus dari HP Android. Berikut rangkumannya dari The Sun seperti dilansir cnbcindonesia.com, Jumat (4/8/2023):

Foto

Banyaknya file foto atau video akan membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Jadi segera hapus atau bisa juga cadangkan lebih dulu untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP.

Berikut langkah-langkah untuk menghapus foto pada HP Android:

- Buka aplikasi Google Photos

- Kemudian, masuk ke Akun Google Anda

- Selanjutnya, ketuk dan tahan foto atau video yang ingin Anda hapus

- Di bagian atas layar, ketuk tombol Hapus.

Media

Anda juga perlu menghapus media, yakni film hingga file musik. Masuk ke aplikasi yang ada konten media, seperti Play Music atau Play Movies & TV. Klik menu pengaturan dan masuk ke kelola unduhan, berikutnya tekan item yang ingin diunduh dan tekan tombol hapus.

Aplikasi

Anda pasti memiliki banyak aplikasi di dalam ponsel. Namun tidak semuanya digunakan dengan sering, bahkan ada yang didiamkan begitu lama tanpa pernah dibuka kembali. Hapus aplikasi yang tidak digunakan itu dan Anda bisa mendownloadnya lagi di masa depan jika memerlukannya.

Google juga menyarankan untuk membersihkan cache dan data aplikasi. Menghapus cache berarti menghapus data sementara, sedangkan hapus penyimpanan data akan menghapus permanen data yang disimpan dalam aplikasi.

Arsip otomatis

Jika Anda tidak bisa menghapus aplikasi, yang dapat dilakukan adalah mengarsipkan aplikasi secara otomatis. Buka Play Store dan masuk ke menu Pengaturan. Berikutnya pilih opsi umum serta aktifkan atau matikan pengarsipan otomatis.

File Download

Anda juga terkadang melupakan file yang telah didownload namun tak digunakan lagi. Hapus file-file hasil unduhan yang tidak digunakan lagi untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP.

Ini Penjelasannya!

Belakangan banyak masyarakat yang menerima pesan dari akun WhatsApp centang hijau. Lantas apakah benar akun tersebut adalah akun Hacker atau Phising? 

Sebelumnya ramai pemberitaan di Twitter (X) yang menyebutkan jika akun WhatsApp centang hijau digunakan oleh hacker untuk mengambil data pribadi pengguna.

Namun demikian informasi tersebut adalah hoax. Pasalnya akun centang hijau adalah WhatsApp Chat yang merupakan akun resmi WhatsApp. 

Dari pantauan Okezone Techno, akun tersebut WhatsApp akan memberikan sejumlah informasi terkait tips hingga update terbaru di fitur yang mereka tawarkan ke pengguna.

Dalam laman resmi Meta juga dijelaskan jika akun dengan centang hijau merupakan akun resmi WhatsApp. Dalam akun tersebut juga memiliki deskripsi 'Official WhatsApp Account' atau 'Akun Resmi WhatsApp'.

Lebih lanjut jika pengguna menerima pesan dari akun yang tidak memiliki ciri seperti itu, maka bisa dipastikan akun tersebut bukan akun resmi.

"Jika Anda menerima pesan chat dari akun tanpa tanda centang hijau yang mengaku sebagai WhatsApp, itu adalah penipuan. Jangan pernah membalas akun yang berpura-pura sebagai WhatsApp. Harap laporkan dan blokir nomor tersebut," kata Meta.

Terakhir, penting diketahui jika akun centang hijau WhatsApp hanya melakukan komunikasi satu arah. Jadi pengguna tidak dapat mengirimkan atau membalas pesan ke akun tersebut.***