Rambutmu Mengembang dan Gampang Kusut? Jangan Panik Berikut 12 Tips Ampuh Mengatasinya

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Ada ungkapan bahwa rambut adalah mahkota memang benar adanya. Paling tidak penampilan seseorang berpengaruh terhadap kondisi rambutnya. Makanya banyak orang was-was  bahkan tidak percaya diri ketika rambut yang mereka miliki  mengembang seperti singa memang bisa membuat penampilan jadi kurang menarik. Kondisi rambut yang kaku dan kusut, sulit diatur, dan terlihat mengembang memang kurang sedap dipandang. Nggak heran kalau banyak yang merasa tak percaya diri dengan masalah yang satu ini.

Sering dibuat galau oleh masalah yang satu ini? Merawat rambut yang terlihat mengembang ternyata bisa diatasi dengan mudah di rumah dengan m

udah dan praktis. Saatnya ucapkan selamat tinggal pada bad hair day, ini tips mengatasi rambut mengembang yang bisa dilakukan di rumah.

Dikutip dari merdeka.com, sebagian dari kamu yang mengalami kondisi ini mungkin dibuat bingung. Apa sih sebenarnya yang jadi penyebab rambut tampak mengembang, kusut, dan susah diatur? Ternyata ada banyak hal yang bisa memicu masalah tersebut.

Kondisi ini sebenarnya terjadi karena terkikisnya kelembapan alami rambut, membuat kutikula terbuka untuk menyerap air dari udara. Hal inilah yang membuat rambut jadi terlihat mengembang, kusut, dan susah diatur.

Nah, terkikisnya kelembapan alami rambut tersebut juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari keseringan melakukan styling rambut dengan catokan atau alat hair styling lainnya yang memiliki suhu panas hingga pengaruh cuaca panas. Kebiasaan sehari-hari juga bisa mempengaruhi. Misalnya saja cara menyisir yang kasar, kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang, sampai berada dalam ruangan AC dalam jangka waktu yang lama.

Tips Perawatan Rambut Mengembang yang Praktis

Rambut yang tampak kaku, kusut, dan mengembang memang bisa jadi dilema tersendiri. Namun nggak perlu galau terlalu lama. Ada beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang bisa dilakukan di rumah lewat beberapa perawatan rutin. Mudah dan praktis, lho!

1. Gunakan Shampo dengan Formula Melembutkan

Salah satu perawatan mudah jika mengalami masalah rambut yang terlihat mengembang adalah memilih shampo yang tepat. Pernah merasa kalau setelah keramas, rambut kamu malah terasa kusut dan susah diatur? Hal ini bisa jadi tanda kalau shampo yang dipakai tidak sesuai dengan jenis rambutmu.

Saatnya kenali formula apa saja yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu yang bisa kamu coba adalah shampo yang mengandung keratin karena bermanfaat untuk melembutkan rambut, menjaga kelembapan kulit kepala, bikin rambut lebih mudah diatur dan dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain itu, shampo yang memiliki kandungan minyak alami seperti Argan Oil juga bisa jadi pilihan. Argan Oil sendiri memiliki kemampuan untuk melembapkan rambut hingga ke lapisan terdalam sehingga menunjang perawatan rambut mengembang yang kamu lakukan di rumah.

2. Jangan Lupa Maksimalkan dengan Kondisioner

Selain perawatan dengan pemilihan shampo yang tepat, dukung juga dengan penggunaan kondisioner. Produk tersebut dikenal dengan manfaatnya untuk menutrisi rambut, melembutkan, sekaligus menjaga kelembapan rambut dengan maksimal sehingga sangat dianjurkan untuk pemilik rambut kering dan mengembang.

Namun, jangan lupa perhatikan cara menggunakan kondisioner yang tepat untuk menghindari masalah rambut lainnya. Sebaiknya, pakai kondisioner hanya dari bagian tengah rambut hingga ujungnya saja. Hindari terkena kulit kepala karena formula kondisioner memiliki tekstur yang sangat pekat dapat membuat kulit kepala jadi mudah berminyak dan terasa gatal.

3. Hindari Keramas dengan Air Panas

Nggak hanya perlu memperhatikan produk shampo dan kondisioner untuk memaksimalkan perawatan rambut yang kering, kaku, dan mengembang. Ternyata, kebiasaan keramas juga perlu di-review kembali, apakah kamu sudah melakukan yang benar?

Apakah kamu termasuk orang yang keramas hampir setiap hari? Kalau iya, bisa jadi ini merupakan salah satu faktor yang bikin rambut jadi terlihat kering dan mengembang. Terlalu sering keramas bisa mengikis kelembapan alami rambut yang membuatnya jadi terasa lebih kering dan kaku. Cobalah untuk mulai mengatur jadwal keramas ideal, yaitu setiap 2 hari sekali atau 3-4 kali dalam seminggu.

Nggak hanya itu saja, hindari juga keramas dengan air panas. Suhu air yang terlalu tinggi berisiko membuka kutikula rambut. Hal ini dapat menghilangkan kelembapannya sehingga rambut mengembang, kaku, dan sulit diatur.

4. Pakai Handuk Microfiber untuk Mengeringkan Rambut

Lapisan kutikula rambut juga bisa terbuka dan mengalami kerusakan karena kebiasaan saat mengeringkan rambut dengan handuk yang kasar, lho. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk beralih ke handuk microfiber yang lebih lembut dan ramah untuk lapisan rambut, mencegahnya jadi tampak megar, kusam, dan bercabang.

Selain itu, perhatikan juga cara mengeringkan rambut yang tepat. Bukan dengan cara digosok, karena gesekan yang terjadi bisa membuka lapisan kutikula dan membuat rambut mengembang. Keringkan rambut dengan cara menepuknya secara lembut untuk menjaga kondisinya tetap sehat.

5. Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Jika sudah selesai keramas dan mengeringkan rambut, langkah selanjutnya yang biasa dilakukan tentu saja menyisir rambut. Kali ini, perhatikan juga jenis sisir yang kamu pakai, ya!

Ternyata, salah pemilihan sisir bisa membuat kutikula rambut jadi terbuka, sehingga rambut terlihat lebih kasar, keriting, dan mengembang. Saatnya gunakan sisir bergigi lebar yang memang dirancang untuk rambut basah.

Sisir jenis ini tergolong ideal karena punya banyak ruang bagi rambut sehingga mencegahnya bergesekan. Jangan lupa perhatikan juga kebersihan sisir dengan cara mencucinya setidaknya 1 minggu sekali untuk mencegah kotoran pada sisir menempel di rambut.

6. Hindari Penggunaan Hair Dryer pada Rambut Basah

Hair dryer memang sering jadi alternatif mengeringkan rambut secara instan. Alat ini bisa jadi penyelamat bagi mereka yang punya kesibukan padat dan harus bersiap-siap dalam waktu singkat. Namun, tahukah kamu kalau sebaiknya hindari menggunakan hair dryer langsung saat rambut basah?

Jadi, cara mengeringkan rambut yang tepat adalah menggunakan hair dryer saat rambut sudah kering 3/4 bagiannya. Rambut yang basah sangat rentan mengalami kerusakan. Cara ini dapat membantu mencegah rambut mengembang saat menggunakan hair dryer.

7. Pakai Serum Pelindung Rambut Saat Catokan

Selain hair dryer, alat penataan rambut lain yang sering jadi andalan perempuan adalah catokan. Hair styling tools yang satu ini memang bisa membuat rambut terlihat lebih lembut dan halus secara instan yang tentu saja meningkatkan penampilan. Namun, tahukah kamu kalau terlalu sering mencatok bisa merusak lapisan kutikula yang membuat rambut mengembang?

Untuk menyiasatinya, jangan lupa gunakan serum pelindung rambut yang dapat meminimalisir dampak kerusakan rambut. Nggak hanya itu saja, atur juga suhu catokan agar tidak terlalu tinggi.

8. Gunakan Sarung Bantal Satin

Rambut juga rentan mengalami gesekan di malam hari saat tidur. Jika sarung bantal yang dipakai terbuat dari bahan yang kasar, maka bisa berisiko membuat lapisan kutikula mengalami kerusakan yang berimbas pada rambut jadi kering, kusut, dan megar.

Untuk meminimalisir hal tersebut, ganti sarung bantal yang digunakan dengan bahan satin yang lebih lembut. Hal ini dapat meminimalisir gesekan yang bisa membuat rambut jadi mekar.

Selain itu, bagi yang memiliki rambut panjang bisa menata rambut dengan cepol saat tidur. Hal ini tak hanya membantu mengurangi gesekan saja, tapi juga dapat mencegah rambut kusut yang memicu kerontokan.

9. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Selain hair dryer dan suhu rambut saat keramas, penyebab hilangnya kelembapan alami rambut juga bisa terjadi karena paparan sinar matahari. Radiasi sinar ultraviolet atau UV ternyata nggak hanya berakibat buruk pada kulit saja, tapi juga rambut.

Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menghilangkan kelembapan alami rambut. Hal ini yang kemudian mengganggu kesehatan rambut, karena paparan UVB dapat menghilangkan protein rambut yang kemudian membuat kondisinya tampak mengembang. Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya lindungi rambut dengan memakai topi, scarf, hoodie, payung, atau sunscreen rambut.

10. Perawatan dengan Masker Rambut Secara Rutin

Selain melakukan perawatan harian dengan shampo dan kondisioner yang tepat, penting juga untuk merawat rambut dengan masker secara rutin. Idealnya, lakukan 1 minggu sekali untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut yang kering, kaku, dan mengembang.

Ada beberapa rekomendasi masker bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut mengembang. Misalnya saja masker madu yang dikenal dengan kemampuannya untuk melembapkan dan melindungi kutikula rambut. Ada juga kandungan vitamin C yang tinggi untuk merangsang regenerasi folikel rambut. Cara melakukan perawatannya gampang banget.

Campurkan madu dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1. Hangatkan di microwave sekitar 20 detik atau dikukus sebentar, aduk. Aplikasikan pada rambut yang lembap dari kulit kepala hingga seluruh batang rambut. Bungkus dengan shower cap selama 30 menit, bilas dengan shampo hingga bersih.

Selain madu, bahan alami lain untuk mengatasi rambut mengembang yang bisa digunakan adalah kombinasi masker putih telur dan argan oil. Telur mengandung biotin dan Omega 3 yang berperan penting pada pertumbuhan rambut yang sehat. Sementara itu, argan oil bekerja untuk melembapkan rambut hingga ke lapisan terdalam.

Campurkan 1-2 butir putih telur (tergantung banyaknya rambut) dan 2 sdm argan oil, ratakan pada rambut mulai dari akar hingga ujungnya. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan shampo hingga bersih.

11. Coba Hair Slugging yang Lagi Trending

Hair slugging lagi jadi salah satu tren yang viral banget di TikTok. Tren yang satu ini adalah metode perawatan rambut dengan cara membaurkan pelembap seperti hair oil atau minyak alami lainnya di seluruh rambut dan dibiarkan hingga semalaman. Mirip dengan teknik deep conditioning.

Kalau ingin mencoba hair slugging, begini langkah-langkahnya. Aplikasikan hair oil secara merata dari bagian tengah batang rambut hingga ujungnya. Selanjutnya bungkus rambut dengan kaus kaki dan ikat dengan scrunchie. Biarkan hingga semalaman. Keesokan harinya, bilas sampai bersih dengan menggunakan shampo.

Hair slugging menjadi rekomendasi cara mengatasi rambut mengembang karena mengaplikasikan hair oil hingga semalaman dapat membantu rambut mendapatkan kelembapan alami dengan maksimal. Jika diaplikasikan secara rutin, kamu bisa mengatasi masalah rambut yang satu ini.

12. Gunakan Produk Rambut dengan Bahan-bahan Natural

Bagi pemilik rambut mengembang, disarankan untuk memperhatikan dengan detail kandungan dari produk yang digunakan. Hal ini sangat penting karena bahan kimia keras yang terdapat pada shampo, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya dapat membuat kondisi rambut semakin kering yang menyebabkan tampilannya jadi terlihat megar.

Untuk itu, disarankan agar memilih produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami. Terlebih saat ini tren produk skincare dan hair care natural juga sedang meningkat, sehingga kamu nggak perlu kerepotan mencari rekomendasi produk yang tepat.

Dengan mengikuti tips ampuh Atasi rambut mengembang di atas, kamu bisa mewujudkan rambut yang lebih sehat, kuat, dan mudah diatur. Nggak ada lagi deh cerita tentang bad hair day yang sering bikin galau!***