Viral Diduga Ganjar Bagi-bagi Uang Begini Tanggapan KPK, Kerap Blunder RG Usul Pencapresan GP Diganti Puan Maharani

Potongan video yang menggambar sosok yang diduga Ganjar Pranowo tengah bagi-bagi uang/Repro/rmol

JAKARTA (SURYA24.COM)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut mengomentari dugaan bagi-bagi uang yang dilakukan bakal calon presiden (Bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, yang belakangan viral di media sosial.

Di media sosial X, dulu Twitter, viral sebuah video berdurasi 49 detik, diunggah akun @nikoefriza, Jumat (22/9). Pada video itu, tampak Ganjar Pranowo mengenakan kaos warna putih, berlari dan menyalami warga di pinggir jalan.

Ganjar tampak menggenggam sesuatu. Warga yang disalami Ganjar menyampaikan syukur dan terima kasih. Bahkan, warga yang disalami juga terlihat menggenggam sesuatu, usai disalami Ganjar, selanjutnya memasukkan yang diduga uang itu ke dalam kantong celana maupun jaket.

"Teruslah berbagi pak @ganjarpranowo saya berprasangka baik ini sedekah yang ikhlas bukan karena copras capres. Saya +thinking ini memang sifat pak Ganjar suka sedekah. Tapi kenapa Mbak @NajwaShihab g tanyakan ini ya kemarin? Padahal udah ketemu. Malah yg ditanya pak Prabowo," kata akun @nikoefriza dilansir Kantor Berita Politik RMOL.ID.

Meski begitu, belum diketahui kapan video itu dibuat, apakah ketika Ganjar sudah ditetapkan sebagai Bacapres, atau belum. Termasuk, apakah video itu dibuat ketika Ganjar masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, atau sudah tidak menjabat lagi.

Menanggapi itu, Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, mengingatkan, KPK sudah melakukan kampanye tolak politik uang sebagai bagian dari pencegahan korupsi, serta sosialisasi agar proses demokrasi Pemilu 2024 berjalan dengan antikorupsi.

"Kalaupun itu benar (bagi-bagi uang), bagian dari proses untuk mempengaruhi pemilih dan sebagainya, ya itu saya kira cara-cara yang bertentangan dengan apa yang sedang kita upayakan, agar demokrasi ini berjalan dengan jujur, dengan bersih, dengan antikorupsi," kata Ali kepada wartawan, Minggu (24/9).

Sejauh ini, kata Ali, pihaknya juga telah memberikan pembekalan antikorupsi kepada partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024 melalui program Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu.

"Dalam proses-proses mengawal demokrasi itu KPK juga berkoordinasi terus dengan pihak KPU dan Bawaslu, sebagai penyelenggara pemilu, dan juga peserta Pemilu, dalam hal ini partai politik serta masyarakat," pungkas Ali.

Sering Blunder

Rocky Gerung (RG) saat berbincang dengan wartawan senior, Hersubeno Arief seperti dalam video yang diunggah kanal YouTube Rocky Gerung Official/Repro

 Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri disarankan untuk mengevaluasi pencalonan Ganjar Pranowo yang akrab dipanggil dengan inisial GP yang sering menyampaikan pernyataan blunder.

Rocky mengusulkan agar posisi Ganjar diganti oleh Puan Maharani yang dianggap semakin hari semakin menonjol.

Usulan itu disampaikan pengamat politik, Rocky Gerung saat berbincang dengan wartawan senior, Hersubeno Arief seperti dalam video yang diunggah kanal YouTube Rocky Gerung Official, Sabtu (23/9).

"PDIP akhirnya berpikir ulang atau menghitung ulang. Bahkan saya di FNN terus mendorong supaya Ganjar dibatalin aja, ganti sama Puan aja tuh. Bagaimana pun, Puan masih ada aura yang menetes dari klen Soekarnoisme itu," kata Rocky, Minggu (24/9).

Rocky menilai, Ganjar hanya akan menggerogoti reputasi Prabowo Subianto jika dipasangkan menjadi calon wakil presiden. Mengingat belakangan ini, kemampuan Ganjar dan Prabowo semakin terlihat ketimpangannya di hadapan publik ketika adu gagasan di Universitas Gadjah Mada (UGM) maupun di Universitas Indonesia (UI).

"Sementara Ganjar, justru makin lama makin kelihatan. Kalau dia di TikTok ya sudah biasa saja kan diatur oleh kamera. Nah Ganjar makin lama makin kelihatan bahwa dia tidak mampu sebetulnya untuk memperlihatkan dirinya sebagai calon presiden," terang Rocky.

Rocky mengatakan, di Amerika Serikat, ketika calon presiden menghina profesi jurnalis maupun MC, maka ke mana pun akan diblok.

"Jadi bayangin, Ganjar tanpa MC dan tanpa jurnalis, apakah itu yang akan dipasangkan pada Prabowo? Ya hancurlah Gerindra," tutur Rocky.

Rocky menduga, saat ini terdapat survei internal PDIP yang menunjukkan bahwa PDIP justru merosot karena Ganjar jadi capres. Karena jika elektabilitas Ganjar tinggi, maka tidak mungkin ada pernyataan dari Puan yang membuka kemungkinan Ganjar jadi Bacawapresnya Prabowo.

"PDIP akhirnya gagal untuk menghidupkan nyala politik dari Ganjar. Nah ini sebetulnya bisa diselesaikan secara internal. Nggak usah Ganjar kalau begitu, ganti saja dengan Puan, kan masih ada beberapa mungkin satu bulan ke depan untuk reevaluasi penampilan publik Ganjar. Bahaya juga kalau PDIP sekedar menyorongkan Ganjar, dan itu secara publik orang anggap memang Ganjar nggak mampu dong, masa dari presiden diturunkan jadi wakil presiden," pungkas Rocky.

Pikir Ulang

Pencapresan Ganjar Pranowo dinilai hanya merugikan nama baik PDI Perjuangan. Sebab itu Megawati Soekarnoputri harus berpikir ulang, tinjau kembali pencapresan Ganjar, bila perlu diganti Puan Maharani.

Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi, berpendapat, Ganjar telah mengecewakan, terlebih beberapa kali blunder, setidaknya dua kali saat tampil di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Saat tampil di UI, Ganjar dianggap tidak memiliki empati pada mahasiswa UI yang masih menggunakan gas melon atau gas 3 kilogram. Bahkan, audiens yang angkat tangan disebut sebagai orang miskin. Sedangkan di UGM, Ganjar dianggap merendahkan profesi MC dan jurnalis.

"Dua kali blunder itu sudah pasti merugikan PDIP. Sebab itu, partai berlogo banteng moncong putih itu harus berpikir ulang, tinjau kembali pencapresan mantan Gubernur Jateng itu," kata Muslim, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (24/9).

Karena, tambah Muslim, kampus merupakan salah satu parameter, tolok ukur seseorang dalam kompetensi kepemimpinan nasional. Maka, PDIP tak akan mendapat dukungan dari dunia kampus jika Ganjar terus-terusan blunder.

"Mending bongkar dan buang Ganjar, pasangkan Puan dengan Prabowo. Mempertahankan Ganjar, berarti PDIP siap kalah," pungkas Muslim.***