Ponsel Kamu Masuk Daftar Ini? Katanya Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp Berikut Tips Bersihkan Earphone BiaR Tetap Moncer

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- WhatsApp, atau yang sering disingkat sebagai WA, telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2021, WhatsApp telah membawa revolusi dalam cara kita berkomunikasi, tidak hanya dengan pesan teks, tetapi juga dengan panggilan suara, video, dan berbagi berbagai jenis media. 

Namun dikabarkan untuk jenis ponsel tertentu WA tidak bisa digunakan lagi mulai bulan ini. Akan tetapi sebelum membahasnya lebih jauh tidak ada salahnya membaca artikel ini sekedar menambah wawasan.

Meskipun banyak dari kita telah menggunakan WhatsApp selama bertahun-tahun, ada beberapa fitur tersembunyi yang mungkin belum kita ketahui. Inilah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan pengalaman Anda dengan WhatsApp:

Per Oktober

Seperti diketahui Ponsel dengan sistem operasi (OS) tertentu tidak dapat menggunakan WhatsApp mulai 24 Oktober 2023. Hal tersebut dikarenakan WhatsApp tidak lagi memberi dukungan kepada ponsel yang menggunakan OS kategori lawas. Karena alasan itulah pengguna perlu memastikan apakah ponsel mereka sudah mendapat pembaruan OS. 

Mereka juga bisa beralih ke ponsel keluaran terbaru supaya dapat menggunakan WhatsApp. Baca juga: Muncul Menu Siaran Baru di WhatsApp, Apa Fungsinya? OS yang tidak didukung WhatsApp 

Dilansir dari Tech Advisor mengutip kompas.com, , ponsel yang tidak dapat menggunakan WhatsApp mulai Oktober 2023 adalah gawai yang menggunakan OS Android lawas seperti Android 4.1 hingga Android 4.4.4.  Oleh sebab itu, pengguna disarankan menggunakan ponsel yang sudah memakai Android 5.0 atau lebih baru supaya WhatsApp dapat dijalankan. 

Sementara itu, WhatsApp melalui laman whatsapp.com juga membeberkan beberapa ponsel, baik di Android maupun iPhone, yang masih bisa menggunakan aplikasi pesan instannya. Berikut daftarnya: Android 5.0 dan yang lebih baru iPhone yang menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2. 

Daftar ponsel yang tidak dapat gunakan WhatsApp Ada beberapa contoh ponsel yang tidak dapat menggunakan WhatsApp mulai 24 Oktober 2023, sebagaimana dilansir dari Mashable. 

Agar lebih paham, berikut contoh ponsel yang tidak dapat gunakan WhatsApp: 

HTC One Sony Xperia Z 

LG Optimus G Pro 

Samsung Galaxy S2 

Samsung Galaxy Nexus HTC Sensation 

Motorola Droid Razr 

Sony Xperia S2.

 Khusus untuk iPhone, ada beberapa seri yang tidak lagi mendapat pembaruan iOS 12, seperti iPhone 5 dan 5C. Dilansir dari laman Apple, ada beberapa seri iPhone yang masih kompatibel dengan iOS 12, yakni: iPhone 8 Plus iPhone 8 iPhone 7 Plus iPhone 7 iPhone 6s Plus iPhone 6s iPhone 6 Plus iPhone 6 iPhone SE iPhone 5s iPhone XS Max iPhone XS iPhone XR iPhone X. 

Ponsel harus bisa menerima SMS atau panggilan WhatsApp juga mengatakan, selain memastikan ponsel memiliki OS lebih baru, pengguna juga diminta memastikan gawainya dapat menerima SMS atau panggilan selama proses verifikasi. 

WhatsApp tidak mendukung pembuatan akun baru pada perangkat yang hanya mendukung WiFi. 

"Perangkat dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara teratur meninjau sistem operasi yang kami dukung dan melakukan pembaruan," tulis WhatsApp. WhatsApp mengatakan, pihaknya selalu meninjau ponsel apa saja yang akan dihentikan dukungannya. 

Caranya dengan melihat perangkat dan perangkat lunak mana yang paling tua dan paling sedikit orang yang masih menggunakannya. 

"Perangkat-perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru, atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," tulis WhatsApp. 

Pengguna perlu memastikan apakah OS pada ponselnya masih dapat mendukung penggunaan WhatsApp mulai 24 Oktober 2023. Dilansir dari Zendesk, berikut cara mengecek OS pada Android dan iPhone: 

1. Android Masuk ke pengaturan atau setting Gulir layar ke bawah lalu pilih "Tentang Ponsel" atau "About Phone" Tunggu beberapa saat sampai versi Android keluar atau gulir layar ke bawah. 

2. iPhone Buka pengaturan atau setting Klik "Umum" atau "General" Pilih "Mengenai" atau "About" Lihat pada "Versi iOS". 

Tip Bersihakan Earphone

Selain menggunakan WhatsApp, mendengarkan musik atau berkomunikasi melalui earphone juga menjadi aktivitas sehari-hari bagi banyak dari kita. Namun, untuk menjaga kualitas audio dan kebersihan earphone Anda, Anda perlu melakukan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan earphone Anda:

 

1. Matikan Earphone

Sebelum membersihkan earphone Anda, pastikan untuk mematikannya dan melepaskan kabelnya dari perangkat Anda.

2. Gunakan Lap Kering dan Lembut

Untuk membersihkan bagian luar earphone, gunakan lap kering dan lembut. Hindari penggunaan air atau cairan pembersih yang keras, karena dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

3. Membersihkan Ear Tip

Jika earphone Anda memiliki ear tip yang dapat dilepas, lepaskan ear tip dan bersihkan dengan lembut menggunakan air hangat dan sabun ringan. Pastikan untuk mengeringkannya sebelum menggunakannya kembali.

4. Bersihkan Gril dan Saringan

Jika earphone Anda memiliki gril atau saringan, periksa apakah ada debu atau kotoran yang tersangkut di dalamnya. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat yang lembut atau semprotan udara tekanan rendah.

5. Gunakan Pembersih Telinga Khusus

Untuk membersihkan bagian dalam earphone, Anda dapat menggunakan pembersih telinga khusus yang aman untuk komponen elektronik. Gunakan pembersih ini dengan hati-hati dan hanya pada bagian yang membutuhkannya.

6. Simpan Dengan Baik

Terakhir, pastikan Anda menyimpan earphone Anda dengan baik, jauh dari debu dan kotoran. Gunakan kotak penyimpanan yang disediakan (jika ada) atau beli kotak penyimpanan khusus untuk earphone Anda.

Dengan merawat earphone Anda secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa mereka tetap berfungsi dengan baik dan menghasilkan kualitas audio yang terbaik. Selain itu, earphone yang bersih juga lebih nyaman digunakan dan lebih higienis.***