Dua Peristiwa Bikin Haru Warganet yang Terjadi di Tanah Suci, Apa Itu?

(dok:instagram/@islammedia2 ©2023 Merdeka.com)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Sebuah video merekam potret seorang pemuda tengah menggendong ibunya untuk melakukan tawaf keliling Ka'bah, tengah ramai menjadi sorotan di media sosial. Banyak warganet mengaku ikut terharu ketika melihat perjuangan pemuda tersebut.

Kisah serupa ternyata pernah terjadi juga di zaman Rasulullah SAW. Seorang pemuda bernama Uwais Al Qarni dikenal karena sikapnya yang sangat memuliakan ibunya. Simak ulasan selengkapnya:

Pemuda Gendong Ibunya

Melansir dari unggahan di Instagram @islammedia2 yang dikutip dari merdeka.com, membagikan video merekam momen ketika seorang pemuda rela menggendong ibunya untuk melakukan tawaf. Dalam video, terlihat pemuda berpakaian ihrom itu menggendong ibunya di punggung sambil terus berdoa dan mengelilingi ka'bah.

"Masya Allah..Anak Sholeh. Smoga Allah karuniakan keberkahan untuk kalian," tulis keterangan unggahan.

Sebagai informasi, tawaf sendiri adalah kegiatan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali. Tawaf merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Muslim pada saat melaksanakan ibadah haji dan umrah. [khu]

Jadi Sorotan

Usai dibagikan, unggahan itupun langsung ramai mendapat beragam komentar dari warganet.

"Masyaa,allah semoga kedua putraku allah beri hidayah seperti dia surga jaminannya anak yg sholeh yg berbakti pd kedua ortunya," kata akun @unkno***

"Subhanallah...semoga Doa kalian di terima & di kabulkan Allah SWT....Amin," komen @kemal***

"Ya Alloh , aq jadi ingat mamakku ...," komen @jk_yud***

"MasyaAllah sedihh," kata @gupi***

Ada Kisah Serupa di Zaman Nabi

Dalam keterangan video, disebutkan juga jika momen itu mengingatkan banyak orang akan sosok  Uwais Al Qarni. Ia adalah seorang  pemuda tabi'in (orang Islam yang hidup ketika di masa Nabi Muhammad namun tidak pernah bertemu dengan Rasulullah SAW) yang sangat berbakti kepada ibunya.

Melansir dari laman NU Online, disebutkan jika Uwais adalah pemuda Yaman. Ia dikenal tak pernah lelah dalam merawat ibunya yang lumpuh. Diceritakan sang Ibu adalah seorang yang cacat dengan penyakit kusta yang membuat kulitnya menjadi belang-belang.

Uwais selalu merawat dan memenuhi semua permintaan ibunya. Namun hanya satu yang sulit untuk ia kerjakan. Sang ibu meminta dapat mengerjakan haji. Namun, hal itu sempat membuat Uwais bingung mengingat kondisi mereka yang miskin karena perjalanan dari Yaman ke Makkah cukup jauh.

Bawa Ibu Haji dengan Menggendongnya

Karena tidak memiliki unta sebagai kendaraan, Uwais kemudian membeli seekor anak lembu. Setiap pagi ia menggendong anak lembu tersebut untuk melatih fisiknya.

Setelah 8 bulan berlalu dan musim haji datang, ia memenuhi permintaan sang ibu dengan menggendongnya berjalan kaki dari Yaman ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Ketika Uwais sedang menunaikan ibadah haji bersama ibunya, Uwais berjalan menggendong ibunya wukuf di Ka'bah. Sang ibu meneteskan air mata telah melihat Baitullah.

Karena ketulusan hatinya, Rasulullah bahkan menyebut Uwais sebagai penghuni langit bukan bumi. Kepada Ali bin Abi Thalib dan Umar bin Khaththab nabi pernah berkata, "Suatu ketika apabila kalian bertemu dengan dia (Uwais), mintalah doa dan istighfarnya, dia adalah penghuni langit, bukan orang bumi," kata Nabi.

Tak Henti Lambaikan Tangan ke Ka'bah 

Kisah mengharukan lainnya juga datang darit5anah suci Mekkahseperti dilansir . Ya, mencintai dan mempraktikkan setiap ajaran agama merupakan salah satu bentuk kecintaan seorang umat terhadap sang pencipta. Seperti kakek yang baru-baru ini terekam dalam video viral penuh suasana haru.

Bagaimana tidak, ia nampak menangis ketika sedang beribadah di Tanah Suci Mekkah. Selain itu ia juga melakukan tindakan yang seolah menjadi bentuk cintanya terhadap Allah SWT sebagai umat Islam.

Tangisan dan perlakuan kakek ini dilakukan ketika dirinya hendak meninggalkan Mekkah lantaran usai menjalankan ibadahnya. Berikut adalah ulasan beserta dengan video viral selengkapnya, Senin (27/3).

Terus Menatap ke Arah KaBah saat Hendak Tinggalkan Mekah

Perlakuan seorang kakek yang sedang menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekah berhasil menjadi sorotan publik. Sebuah video viral unggahan akun TikTok @maulfierman mengabadikan momen haru dimana seorang kakek terus menatap ke arah Ka'Bah.

Ia seolah-olah begitu berat hati ketika hendak meninggalkan Tanah Suci usai menjalankan ibadahnya. Wajah yang murung mengibaratkan bahwa dirinya tak kuasa pergi dari Mekah.

"Bapak ini terus saja menatap Ka'bah," tulis keterangan dalam video.

Tak Henti Lambaikan Tangan dan Berderai Air Mata Bentuk Cinta

Dengan mengenakan ihram dan berjalan melawan arah, ia bahkan terus-menerus melambaikan tangan ke arah Ka'Bah seolah tak ingin berpisah. Sembari tangannya dilambaikan, kakek yang sudah berusia renta ini tidak berhenti menitihkan air mata di pipinya.

"Tangannya terus saja melambaikan dengan air mata berderai pilu," tutur dia.

"Sungguh sebuah makna kecintaan syahdu. Perpisahan yang menyayat hati," pungkas keterangan dalam video.

Bikin Warganet Terharu

Tindakan yang dilakukan oleh kakek satu ini sontak sigap menyentuh perasaan dan hati para warganet. Banyak sekali dari mereka yang kemudian memberikan reaksi lewat ragam komentar.

kakek ini tak henti lambaikan tangan ke ka039bah saat tinggalkan mekah 

"Percayalah saya juga ikut menangis lihat VT ini," tulis komentar @Ema Zulfifa.

"Tawaf Wada memang sesedih itu," lanjut @narinaa12.

"Jadikan aku tamu mu ya Allah amin," papar @ytta.

"Setiap kali lihat VT tntg Ka'Bah terharu banget dengan sgl keterbatasan, berharap ada keajaiban yang bisa membawaku ke san, ikhtiar trs..," tutur @DwielizAes.***