Daripada Sewa Detektif Swasta Mending Gunakan Google Street View untuk Mematai-matai Pasanganmu, Kok Bisa?

dok net

JAKARTA (SURYA24.COM)- Google Street View adalah salah satu fitur canggih yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pengguna menjelajahi dunia secara virtual. Fitur ini memungkinkan kita untuk melihat gambar-gambar 360 derajat dari jalan-jalan di berbagai negara, sehingga kita dapat merasakan seakan-akan berada di lokasi tersebut tanpa harus meninggalkan rumah.

Bagaimana Google Street View Bekerja?

Google Street View menggunakan kamera khusus yang dipasang pada kendaraan seperti mobil, sepeda, atau bahkan perlengkapan pengguna yang dapat dipegang. Kamera-kamera ini dilengkapi dengan teknologi pemetaan yang canggih, seperti sensor GPS dan pemrosesan gambar, untuk mengambil gambar di sepanjang rute yang telah direncanakan.

Kemudian, gambar-gambar tersebut diunggah ke internet dan diintegrasikan dengan layanan Google Maps. Dengan bantuan teknologi ini, pengguna dapat menjelajahi jalan-jalan, kota, dan lingkungan sekitarnya melalui komputer, ponsel cerdas, atau perangkat lainnya. Semua ini dilakukan tanpa perlu meninggalkan rumah atau tempat tinggal.

Manfaat Google Street View

Google Street View memiliki banyak manfaat yang bermanfaat bagi berbagai kelompok pengguna:

Perencanaan Perjalanan: Google Street View memungkinkan kita untuk "mengunjungi" lokasi sebelum benar-benar pergi ke sana. Ini membantu dalam merencanakan perjalanan dan menentukan tempat-tempat menarik yang ingin dikunjungi.

Penelitian Lokasi: Bagi bisnis lokal dan pemilik properti, Google Street View dapat membantu mengenalkan lokasi mereka kepada calon pelanggan. Ini membantu dalam mempromosikan bisnis dan meningkatkan kehadiran online.

Pendidikan: Google Street View juga digunakan dalam pendidikan. Guru dapat menggunakan fitur ini untuk mengajarkan geografi, sejarah, dan banyak lagi, sambil memungkinkan siswa menjelajahi tempat-tempat di seluruh dunia.

Navigasi: Ketika bepergian, Google Street View dapat berfungsi sebagai panduan visual untuk membantu pengguna menavigasi jalan-jalan yang tidak dikenal.

 

Kepentingan Sejarah: Fitur ini juga berperan dalam pelestarian sejarah. Beberapa tempat yang jarang dikunjungi dapat dicatat dan diabadikan dengan cara ini.

Dapat dikatakan Google Street View adalah alat yang hebat yang membantu kita menjelajahi dunia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini memungkinkan kita untuk mengenal tempat-tempat baru, merencanakan perjalanan, dan memahami dunia di sekitar kita tanpa harus meninggalkan rumah. Dengan penanganan yang bijaksana terhadap masalah privasi, Google Street View membuka pintu menuju dunia virtual yang menakjubkan.

Pergoki Selingkuh dengan Sahabat

Dikabarkan seorang wanita di Brasil telah memergoki pacarnya berselingkuh dengan sahabatnya berkat bantuan Google Street View. Juliana Lima, yang berasal dari negara bagian Ceará, melalui TikTok berbagi kisah tersebut bulan lalu, di mana videonya yang viral telah ditonton lebih dari 9 juta kali. Lima mengatakan dia baru-baru ini melihat mobil Google melewati rumahnya mengambil foto untuk layanan Street View-nya. 

Segera setelah itu, dia memutuskan untuk membuka situs web tersebut untuk melihat rute mana yang diambil mobil tersebut dari rumahnya. Namun saat sedang melacak kendaraan tersebut, Lima melihat pacarnya dalam foto Street View sedang mengendarai sepeda motor dengan seorang wanita di belakang. 

“Orang di belakang tidak mirip saya, jadi saya ikuti mereka,” kata Lima dalam video viralnya, seperti dikutip New York Post dilansir sindonews.com, Minggu (8/10/2023). 

“Saya memergoki pacar saya selingkuh di Google Maps—saya sangat terpukul.” 

Lima mengatakan bahwa dia pada akhirnya tidak bisa melihat sepeda motor kekasihnya di Google Street View dan terpaksa menelusuri serangkaian jalan kecil untuk menemukannya. 

“Dia menyusuri jalan tempat dia biasa membawa saya,” katanya, seraya mengatakan bahwa dia akhirnya berhasil menemukan kembali lokasi sepedanya. 

“Kami selalu mengunjungi alun-alun kecil itu.” 

“Pada saat itu, saya pikir saya hanya bersikap paranoid, bahwa itu tidak mungkin dia,” lanjut Lima.

Namun, video tersebut diakhiri dengan foto seorang pria, yang menurut Lima adalah pacarnya, menyandarkan kepalanya di pangkuan seorang wanita di bangku jalan. Yang mengejutkan, Lima mengatakan dia menyadari bahwa wanita itu adalah sahabat terdekatnya. 

“Itu adalah teman saya dan sahabat saya,” ujarnya. “Saya hancur.” 

Para penonton video TikToknya dibuat terpesona oleh ceritanya, serta pekerjaan detektif yang dapat dilakukan dengan bantuan Google Street View.

 “Sungguh sial sekali ada orang yang terjebak oleh mobil Google yang melintas setahun sekali,” bunyi komentar salah satu pengguna TikTok. 

"FBI? Bukan, Google Maps,” kata penonton kedua. Seorang wanita lain merespons video Lima dengan mengatakan bahwa dia juga menggunakan layanan Google untuk menemukan mantan kekasihnya, 

“Ayah anak-anak saya tidak membayar tunjangan anak dan dia menghilang, jadi saya mencari tahu keberadaannya di Google Maps dan saya pergi ke sana,” kata wanita tersebut. 

Namun, ada pula yang skeptis terhadap cerita Lima, dengan pernyataan sinis: 

“Kendaraan Google Maps itu tidak mengikuti mereka. Ada sesuatu yang salah di sini. Ini memberikan posisi jalan, tetapi tidak dengan presisi seperti itu.”***