Mau Jadi Mitra BPS 2024 ? Berikut Cara Daftar dan Syaratnya

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-  Di balik keberhasilan pembangunan suatu negara, data menjadi inti yang tak tergantikan. Di Indonesia, Biro Pusat Statistik (BPS) memiliki peran vital dalam mengumpulkan, mengelola, menganalisis, serta menyebarkan data yang menjadi landasan bagi kebijakan pembangunan nasional.

Seperti diketahui Biro Pusat Statistik (BPS) adalah lembaga resmi pemerintah Indonesia yang bertugas untuk mengumpulkan, menyusun, memproses, menganalisis, serta menyebarkan data statistik yang mencakup berbagai aspek kehidupan di Indonesia. Dibentuk pada tahun 1960, BPS berada di bawah naungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

BPS memiliki sejumlah peran kunci yang mendukung berbagai sektor di Indonesia:

1. Pengumpulan Data

BPS menghimpun data dari berbagai sumber terkait ekonomi, demografi, sosial, dan sektor lainnya. Proses pengumpulan data dilakukan melalui survei, sensus, dan kolaborasi dengan instansi terkait.

2. Pengolahan dan Analisis Data

Setelah pengumpulan data, BPS melakukan proses pengolahan data yang meliputi verifikasi, validasi, dan analisis statistik. Data ini diolah untuk menghasilkan informasi yang relevan dan akurat.

3. Penyediaan Data dan Informasi Statistik

BPS bertanggung jawab menyebarkan data dan informasi statistik kepada publik, pemerintah, lembaga swasta, akademisi, dan berbagai pihak yang membutuhkan informasi yang bersifat statistik.

4. Mendukung Pengambilan Keputusan

Data yang dihasilkan oleh BPS memberikan dasar bagi pengambilan keputusan pemerintah dan sektor swasta dalam perencanaan pembangunan, kebijakan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan sektor lainnya.

Nah, dibalik peran sentral BPS berikut ada kabar gembira buat kamu, apa itu? Simak Yuk

Rekrutmen Calon Mitra Statistik

Dikabarkan BPS membuka rekrutmen calon mitra statistik 2024 sepanjang November 2023. Informasi pembukaan rekrutmen tersebut diumumkan melalui akun media sosial X (dulu Twitter), @bps_statistics, Rabu (1/11/2023).

 "Rekrutmen Calon Mitra Statistik 2024 Telah Dibuka," tulis akun resmi BPS. Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Humas dan Hukum BPS Margaretha Ari Anggorowati membenarkan informasi perihal rekrutmen pembukaan calon mitra statistik BPS tersebut. 

"Ya, benar," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (2/11/2023). 

Berikut syarat dan cara daftar mitra statistik 2024

Jadwal rekrutmen mitra statistik BPS 2024 Ari menyampaikan, masyarakat yang ingin menjadi mitra BPS atau mitra statistik dapat mendaftar melalui situs mitra.bps.go.id. 

Rekrutmen berlangsung selama satu bulan, terhitung 1-30 November 2023, untuk seluruh BPS kabupaten/kota di Indonesia. 

Seleksi rekrutmen calon mitra statistik 2024 sendiri akan terdiri dari dua tahap, yakni administrasi dan kompetensi. 

Menurut Ari, hasil dari dua tahapan seleksi akan menjadi penentu untuk menetapkan mitra statistik 2024. 

"Mitra yang pernah menjadi petugas sensus/survei di BPS 2023 maupun tahun-tahun sebelumnya tetap perlu mengikuti proses rekrutmen untuk menjadi mitra BPS 2024," tambahnya. 

Syarat calon mitra statistik 2024

Dilansir dari laman resminya, calon mitra statistik 2024 diharapkan dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut: 

Bukan aparatur sipil negara (ASN) 

Sehat jasmani dan rohani 

Disiplin dan berkomitmen 

Bersedia bekerja terikat kontrak 

Bersedia mengikuti pelatihan (jika ada) 

Mampu berbahasa Indonesia dengan baik serta membaca dan menulis huruf latin 

Mampu berkomunikasi dengan baik 

Diutamakan berpendidikan minimal tamat SMA/sederajat 

Diutamakan berdomisili di wilayah pendaftaran Diutamakan berumur 18-50 tahun pada saat registrasi Diutamakan memiliki, menguasai, dan dapat menggunakan komputer, gadget, tablet, smartphone Diutamakan memiliki dan mampu mengendarai kendaraan bermotor 

Diutamakan berpengalaman dengan kegiatan sensus atau survei di BPS 

Diutamakan berasal dari penduduk berdomisili lokal atau setempat 

Mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan anggota tim, pegawai BPS, aparatur desa/kelurahan, ketua/pengurus satuan lingkungan setempat (SLS), dan lainnya. 

Cara daftar rekrutmen mitra statistik 2024 

Sebelum mendaftar, calon mitra statistik harus terlebih dahulu memiliki akun pada platform SIMITRA, sebuah layanan dari BPS yang digunakan dalam kegiatan survei maupun sensus. Bagi masyarakat yang belum memiliki akun, berikut tata cara registrasi untuk mendaftarkan diri sebagai mitra BPS: Buka situs https://mitra.bps.go.id. Pada halaman beranda, klik tombol "Registrasi Sekarang", kemudian isi data, seperti nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat email, serta username dan kata sandi. 

Klik tombol "Register" setelah semua data terisi dengan benar. Jika registrasi berhasil, calon mitra akan mendapatkan email verifikasi dengan judul "[BPS - Rekruitmen Mitra] Email Verifikasi". 

Klik tombol "Aktivasi" yang ada pada email tersebut. Setelah akun berhasil diaktivasi, masuk kembali dan isi semua biodata yang dibutuhkan.

 Kemudian, pilih "Submit Data". 

Selanjutnya, untuk dapat mengikuti kegiatan survei BPS 2024, calon mitra perlu mendaftarkan diri pada sensus atau survei yang diminati. 

Berikut langkah-langkahnya:

 Klik nama survei/sensus yang diinginkan. Halaman akan menampilkan nama survei, jenis kegiatan, lokasi kegiatan, serta jabatan petugas. 

Setelah yakin, klik "Daftar" untuk mengikuti seleksi rekrutmen. Situs akan menampilkan pemberitahuan berhasil mendaftar. Terakhir, pilih "OK".***