Sudah Coba Dua Fitur Privasi Baru WhatsApp ? 5 Tips Mengetahui Kamu Diblokir atau Tidak

Ilustrasi (Dok:Net)

 

 JAKARTA (SURYA24.COM) - WhatsApp, sebuah platform pesan instan yang memulai perjalanannya pada tahun 2009, telah menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia untuk berkomunikasi secara daring. 

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2023, WhatsApp telah mengubah cara orang berinteraksi, berbagi informasi, dan menjalin hubungan di era digital.

WhatsApp muncul dengan visi untuk menghubungkan orang di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Dengan menggunakan koneksi internet, pengguna dapat mengirim pesan teks, panggilan suara, dan video call tanpa biaya tambahan, memungkinkan komunikasi yang efisien dan terjangkau.

Keamanan menjadi prioritas utama WhatsApp. Dalam upaya untuk melindungi privasi pengguna, platform ini menerapkan enkripsi end-to-end pada semua pesan. Ini berarti bahwa pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima, sehingga memberikan tingkat keamanan yang tinggi terhadap intersepsi pihak ketiga. Nah seiring dengan perkebangan teknologi WA pun dilengkapi sejumlah fitur apa saja? Berikut Cara untuk mdengetahui apakah kamu di blokir  sesorang.

Jarang Diketahui

Aplikasi berbagi pesan, WhatsApp, telah mengembangkan rangkaian fitur keamanan dan menyertakan dua fitur privasi tambahan, yaitu Privacy Check Up dan Silence Unknown Callers.

Adapun fitur "Silence Unknown Callers" dimaksudkan untuk memberikan privasi dan kontrol yang lebih besar kepada pengguna atas panggilan masuk. Fitur ini membantu menyaring spam, penipuan, dan panggilan dari orang yang tidak dikenal secara otomatis untuk meningkatkan perlindungan.

Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut pada pengaturan privasi, maka smartphone tidak akan berdering melainkan hanya menampilkan notifikasi pada daftar panggilan.

Tindakan ini memungkinkan pengguna untuk menelepon kembali kontak tersebut jika ternyata ada panggilan penting. Tentunya bagi sebagian besar pengguna, fitur ini menyajikan perpaduan yang baik antara kegunaan dan privasi.

 

Mengenai “Privacy Check Up”, kegunaannya adalah untuk memastikan bahwa pengguna mengetahui pengaturan keamanan WhatsApp. Fitur ini menawarkan suatu cara yang metodis sehingga dapat membantu pengguna memahami pengaturan privasi yang penting.

Dilansir dari laman resmi WhatsApp yang dikutip okezone.com, Senin (13/11/2023) fitur tersebut memberikan panduan kepada pengguna melalui pengaturan privasi yang penting untuk membantu Anda memilih tingkat perlindungan yang tepat, lengkap di satu tempat.

Melalui pilihan 'Mulai periksa' di pengaturan Privasi, Anda akan dipandu melalui beberapa lapisan privasi yang memperkuat keamanan pesan, panggilan, dan informasi pribadi Anda.

Mengamankan komunikasi pribadi sangat penting karena kami tahu bahwa orang-orang membutuhkan tempat yang aman untuk berkomunikasi," tulis WhatsApp.

"Kami membawa pesan ini ke seluruh dunia dengan cara baru untuk membantu menjelaskan mengapa hal ini sangat penting," tambahnya.

 

WhatsApp secara teratur telah meningkatkan aplikasinya dengan fitur-fitur baru yang dapat menarik pengguna baru dan mempertahankan pengguna setianya agar tetap menggunakan aplikasi perpesanan instan tersebut. 

5  Cara Mengetahui Kamu Diblokir 

Seperti diketahui WhatsApp menjadi salah satu platform utama untuk berbagi pesan. Namun, tahukah Anda bahwa seseorang bisa saja memutuskan untuk memblokir tanpa pemberitahuan?

Ya, seperti diketahui, pemblokiran kontak di WhatsApp memang hal yang telah lama terjadi. Fitur ini diberikan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna, khususnya dari aksi penipuan, dll.

Namun, pengguna WhatsApp sejatinya dapat mengetahui apabila kontak mereka diblokir oleh pengguna lain dengan beberapa tanda di bawah ini.

Lima cara yang mungkin dapat mengetahui bahwa WhatsApp Anda telah diblokir dikutip dari laman okezone.com:

 

1. Ceklis satu

Jika pesan Anda hanya memiliki satu ceklis, ini bisa menjadi pertanda bahwa pesan belum sampai ke penerima. Namun, jika ini berlangsung terus-menerus tanpa perubahan, mungkin Anda telah masuk ke dalam daftar blokir di kontak penerima pesan.

2. Tidak ada foto profil

Salah satu indikasi paling jelas dari pemblokiran adalah ketika pengguna tidak dapat melihat foto profil kontak tersebut. Ini bisa menjadi pertanda bahwa kontak Anda telah dihilangkan dari daftar kontak mereka.

3. Tidak dapat diajak bergabung dalam grup

Salah satu fitur yang umum digunakan di WhatsApp adalah membuat grup untuk berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus. Jika Anda tidak dapat mengundang salah satu kontak ke grup, bisa jadi ini menjadi salah satu petunjuk bahwa kontak telah diblokir dan harus mendapatkan persetujuan lebih dulu dari penerima untuk dimasukan ke dalam grup. 

4. Tidak bisa melihat status WhatsApp

Jika daftar kontak Anda sering membagikan status di WhatsApp dan Anda tidak dapat melihatnya, mungkin saja Anda telah dihapus dari daftar kontak mereka atau diblokir.

5. Panggilan tidak diterima

Jika panggilan WhatsApp Anda tidak dijawab atau langsung berakhir, tanpa memberikan penjelasan dari penerima, ini dapat menunjukkan bahwa kamu diblokir.

Meskipun lima cara di atas dapat memberikan petunjuk, tetapi terkadang situasinya lebih kompleks. Mungkin saja ada alasan teknis (seperti sinyal, pengaturan WhatsApp), atau keputusan pribadi.

Yang jelas, penting untuk diingat bahwa privasi setiap orang patut dihormati, dan jika merasa ada masalah, lebih baik mencoba berkomunikasi secara langsung untuk mendapatkan kejelasan. Selamat mencoba.***