Kadin Dumai Gelar Rapim Kota, Perkuat Perekonomian Melalui Ekspor UMKM

DUMAI (Surya24.com) - Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Dumai melakukan Rapat Pimpinan (Rapim) Kota, Kamis (25/1/2024) di gedung Sri Bunga Tanjung (Pendopo) Dumai. 

Rapim Kadin tersebut dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Dumai, Yusrizal, dihadiri oleh Kadin Provinsi Riau. 

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Annora Arsan, SE, MH mengatakan, Rapim Kota ini dilakukan setahun sekali untuk program kedepan sekaligus pertanggungjawaban capaian kerja tahun sebelumnya. 

Rapim Kadin kali ini dengan tema " Kolaborasi Membangun Kekuatan Ekonomi Dumai Melalui Ekspor UMKM". " Sesuai dengan tema ini maka akhir bulan Februari nanti Kadin Dumai akan melakukan eksport perdana lidi sawit, " terang Annora. 

Sementara itu, Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismaini, SH menyebutkan Kadin Dumai mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Dumai. " Kadin Dumai telah melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM dan kita juga telah memasarkan produk UMKM Dumai ke luar negeri. Dalam hal ini kita juga melakukan sinergi dan koordinasi dengan Dinas Perdagangan Dumai dengan PT Pelindo dan instansi terkait lainnya, "ujar Zulfan yang juga Caleg DPRD Provinsi Riau Dapil Dumai, Meranti, Bengkalis dari partai Nasdem nomor urut 5. 

Dikatakan Zulfan, Kadin Dumai juga telah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja mengadakan Job Fair beberapa bulan yang lalu, setelah 18 tahun kegiatan tersebut tidak dilaksanakan. 

Wakil Ketua Bidang Organisasi Kadin Provinsi Riau, Amui, SH, MH berharap dengan adanya Rapim ini Kadin Dumai dapat membahas dan menjalankan programnya. " Kadin adalah mitra strategis pemerintah dalam bidang usaha. Kami sangat apresiasi sekali sinergi Kadin dengan Pemko Dumai yang telah mendukung program kerja Kadin, " sebut Amui. 

Asisten I Setdako Dumai, Yusrizal berkeyakinan dunia usaha yang tangguh merupakan tulang punggung untuk mewujudkan kekuatan ekonomi masyarakat. " Kita berharap Kadin dapat lebih cepat sebagai penggerak ekonomi daerah dan memberi edukasi kepada masyarakat. Pemerintah Kota Dumai akan mendukung Kadin untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Dumai seperti untuk ekspor UMKM dan ekspor lidi sawit yang telah direncanakan oleh Kadin Dumai, " kata Yusrizal. 

Hadir pada Pembukaan Rapim Kadin itu, perwakilan Polres Dumai, Kajari Dumai, Danlanal, Dandim, Kepala BNK, Kadis Perdagangan, Pimpinan perusahaan, INSA, IWAPI, dan undangan lainnya.(cu)