Hingga Batas Waktu Ditentukan, Hanya Satu Orang Mendaftar sebagai Balon Ketua

Kadin Dumai akan Gelar Mukota ke VII pada 18 Maret 2024

DUMAI (Surya24.com) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Dumai akan mengadakan Musyawarah Kota (Mukota) pada tanggal 18 Maret 2024 mendatang. 

Mukota ini nantinya untuk memilih Ketua Kadin Kota Dumai periode 2024-2029. Pemberitahuan pendaftaran Bakal Calon (Balon) Ketua Kadin Dumai ini telah dibuka sejak tanggal 25 Januari 2024 yang lalu. 

Sekretaris Panitia Pengarah Musyawarah Kota VII Kadin Kota Dumai, Annora Arsan, SE, MH mengatakan yang mengambil formulir untuk pencalonan ada 3 orang tapi yang mengembalikan atau yang mendaftar baru 1 orang. 

" Pembukaan pendaftaran Bakal Calon Ketua Kadin Kota Dumai sudah kami buka dari tanggal 25 Januari 2024 sampai 6 Maret 2024. Hari ini hari terakhir, akan kita tunggu sampai jam 12:00 siang. Yang mendaftar atau yang mengembalikan berkas hanya satu orang," terang Annora, Rabu (6/3/2024) pagi. 

Untuk menjabat sebagi Ketua Kadin, terang Annora, bisa maksimal sampai 2 periode. Pada Mukota ke VII Kadin Kota Dumai nanti akan dihadiri Ketua Kadin Provinsi Riau. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pengarah Musyawarah Kota VII Kadin Kota Dumai, Sonny Adiya Putra, MT mengatakan, Mukota ke VII Kadin Kota Dumai yang akan dilaksanakan nanti berdasarkan AD Kadin Pasal 25 ayat (4) a.2/ART Kadin Pasal 34 ayat (1) c. 

" Bagi anggota Kadin yang telah memenuhi persyaratan bisa mendaftar sebagai Calon Ketua Kadin Kota Dumai dengan batas waktu pengembalian berkas pada hari Rabu 6 Maret 2024 pukul 12.00 WIB, " ujarnya. 

Adapun syaratnya, kata Sonny, Surat pernyataan sesuai persyaratan, Surat KTA 2022 sampai 2024, Foto copy KTP, SK Pengurus Kadin, Pas Foto ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar, Daftar Riwayat Hidup dan Surat Komitmen membayar biaya pendaftaran sebesar 150 juta rupiah. 

" Kita sudah rencanakan Mukota awal bulan Maret tapi setelah kita koordinasi dengan Kadin Provinsi Riau, akhirnya kita sepakati Mukota ke VII Kadin Dumai diadakan pada tanggal 18 Maret 2024, " katanya. 

Tempat pelaksanaan Mukota VII Kadin Kota Dumai direncanakan akan diadakan di gedung Sri Bunga Tanjung (Pendopo) Dumai. 

Sementara itu, saat ditanya jika hanya satu calon yang mendaftar bagaimana keputusannya, Sonny menerangkan berarti pemilihan menjadi Aklamasi. 

Hingga siang sesuai batas waktu yang telah ditentukan, dikabarkan hanya Zulfan Ismaini (Ketua Kadin yang lama) yang mendaftar, bisa jadi Ketua Kadin Kota Dumai akan terpilih secara Aklamasi.(cu)