Hari ke 5 Pemulangan WNI

46 WNI tiba di pelabuhan BSJ Dumai

DUMAI (Surya24.com) – Pada hari kelima, Senin sore (30/03) proses pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia ke Dumai yang melalui pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun (Provinsi Kepri) terus berlanjut.

Terdata, hanya 7 orang asal Kota Dumai dari total 46 WNI yang datang ke Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan (BSJ) Dumai pada hari ini, lainnya asal Provinsi Sumatera Utara 15 orang, Provinsi Sumatra Barat 4 orang, Kab. Bengkalis 9 orang, Kab. Rohil 6 orang, dan Kab. Kampar 5 orang.

Di pelabuhan BSJ yang mengacu pada protokol kesehatan Covid-19, ke 46 WNI tersebut satu persatu disemprot disinfektan menggunakan alat Autometic Antiseptic Chamber. Walaupun sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dan mengantongi kartu kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC) dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Kemudian, WNI yang dipulangkan lewat pelabuhan di Tanjung Balai karimun ini kembali diperiksa kesehatannya oleh KKP Kota Dumai. Dari hasil pemeriksaan tim medis, para WNI dalam kondisi sehat dan tidak ada yang suhu tubuhnya 38 derajat.

Selain dari itu, setelah diberikan penjelasan terkait covid-19 dan wajib mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP), WNI dari Malaysia tersebut langsung dipulangkan ke kampung halaman menggunakan transportasi darat yang telah disediakan oleh Pemerintah. (diskominfo)