Peringatan Hari Buku Nasional dan Hari Perpustakaan Nasional

Apical Serahkan Bantuan Buku ke Sekolah dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai

DUMAI (Surya24.com) - Memperingati Hari Buku Nasional dan Hari Perpustakaan Nasional yang jatuh pada hari ini, Apical, salah satu pengolah minyak nabati terkemuka, menyerahkan bantuan buku kepada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Lubuk Gaung serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai. 

Dalam kegiatan ini, Apical melibatkan seluruh karyawan Apical Dumai untuk turut menyumbangkan buku-buku yang dimiliki sebagai bentuk kepedulian karyawan terhadap dunia pendidikan. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan minat baca terutama bagi siswa-siswi sekolah dasar yang berada di sekitar wilayah perusahaan serta untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat Kota Dumai. 

Zulfahmi, Humas Apical Dumai mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan yang sejalan dengan pembangunan berkelanjutan atau SDGs yakni pilar "Pendidikan Berkualitas". 

"Kami berharap dengan adanya bantuan buku kepada siswa SD ini dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca para siswa menjadi gemar baca para siswa. Kami juga akan turut terlibat dalam monitoring para siswa untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk mempresentasikan apa saja yang dipahami dari buku yang telah mereka baca kepada para guru dan Apical. Sehingga harapannya para siswa dapat melatih kemampuan mereka dalam berpikir secara sistematis serta melatih public speaking sejak dini." tambah Zulfahmi, Jum'at (17/5/2024).

Zulfahmi juga menambahkan bahwa bantuan buku kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai juga sebagai bentuk komitmen Apical Dumai untuk terus mendukung upaya pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Dumai dalam gerakan Gemar Membaca untuk Dumai (GEMURAI) yang dicanangkan sejak Tahun 2023 lalu sebagai upaya dalam Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PLIM). 

Kepala Sekolah SDN 001 Lubuk Gaung melalui Kepala Perpustakaan SDN 001 Lubuk Gaung, Anita, S.Pd.,SD mengapresiasi upaya Apical untuk meningkatkan minat baca anak sekolah. "Kami berterima kasih kepada Apical atas bantuan buku-buku dari karyawan Apical. Semoga buku-buku tersebut dapat bermanfaat untuk siswa kami serta menambah koleksi buku di perpustakaan kami." ujar Anita. 

Senada dengan Kepala Perpustakaan SDN 001 Lubuk Gaung, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai melalui Kepala Bidang Kearsipan Kota Dumai, Indra Gautama, S.E., juga mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi aksi nyata perusahaan dalam hal pemberian bantuan buku bacaan. 

"Sebagai lembaga yang menaungi urusan perpustakaan dan kearsipan, bantuan buku dari Apical ini tentu sangat bermanfaat untuk melengkapi koleksi buku-buku kami, yang akan kami distribusikam ke berbagai perpustakaan di Kota Dumai serta perpustakaan keliling. Kami berharap kegiatan donasi buku oleh Apical Dumai ini berlangsung secara berkelanjutan, dan tidak hanya di Perpustakaan Kota Dumai saja, namun dapat didonasikam ke daerah pelosok yang berada di Kota Dumai. Pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia, sehingga saudara kita yang berada jauh dari kota juga memiliki wawasan yang lebih baik. Tantangan globalisasi juga harus dihadapi oleh generasi yang akan datang. Melalui gemar baca buku tantangan globalisasi tersebut dapat dihadapi oleh generasi yang akan datang. Kami berharap perusahaan lain dapat mengikuti langkah Apical untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat di Kota Dumai," tambah Indra. 

Sebelumnya, pada April 2024 lalu, Apical Dumai juga menyelenggarakan seminar "Memahami Karakteristik Anak dalam Upaya Peningkatan Minat Baca" yang dilakukan di SDN 008 Lubuk Gaung dan MIN 01 Kota Dumai, yang membuktikan komitmen perusahaan secara berkelanjutan dalam mendukung budaya membaca di Indonesia, khususnya untuk anak sekolah. 

Tidak hanya itu, pada 10 Oktober 2023 lalu, Apical juga menerima penghargaan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai atas bantuan hibah buku dalam rangka membantu peningkatan literasi dan budaya baca masyarakat khususnya Kota Dumai.(rls)