WADUH! 679 Ribu Data Presiden Jokowi Dibobol Hacker Bjorka: Umumkan Target Selanjutnya MyPertamina

Senin, 12 September 2022 | 12:02:29 WIB
Ilustrasi (Dok: Net)

JAKARTA (Surya24.com)- Hacker Bjorka dilaporkan berhasil membobol data Presiden Indonesia, meski tidak menyebutkan nama, sepertinya ini menyasar ke Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Okezone, informasi bocornya data Presiden Jokowi tersebat di Twitter, salah satu pengunggahnya akun @darktracer_int pada Jumat (9/9/2022).

"(Peringatan) Transaksi Surat dan Dokumen Presiden Indonesia sebanyak 679 ribu dibocorkan ke deep web oleh aktor jahat Bjorka," tweet @darktracer_int.

 

Aku tersebut menyematkan sebuah tangkapan layar, itu menunjukkan apa saja data Jokowi yang berhasil dibobol Bjorka dan disebar ke forum hacker.

"Berisi transaksi surat serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden, termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara (BIN) yang diberi label rahasia," demikian keterangan dalam gambar tangkapan layar tersebut dikutip okezone.com.

Diketahui, Bjorka mengunggah data-data tersebut di BreachForums pada Jumat 9 Sepetember 2022 kemarin, pada pukul 13.21 WIB, dengan judul "Transactions of Letters and Documents to the President of Indonesia 679K."

 

Sebelumnya, Bjorka mengumumkan akan menjadikan Presiden Indonesia target selanjutnya untuk diretas. Hal ini, ia lakukan di saluran telegramnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejauh ini belum memberikan respons atas pengumuman Bjorka itu, begitu pula dengan klaim telah berhasil membocorkan data Presiden.

Jadi Target Baru

Aksi peretasan yang dilakukan hacker Bjorka belum berhenti, ia telah mengumumkan bahwa target terbarunya adalah data dari aplikasi MyPertamina, setelah Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

 

Pantauan Okezone, pengumuan Bjorka perihal target terbarunya telah tersebar di Twitter, dan salah satunya diunggah oleh akun @DarkTracer_int.

"Aktor jahat "Bjorka kembali mengumumkan target kebocoran data berikutnya," tweet DarkTracer, dikutip Sabtu (10/9/2022).

DarkTracer turut melampirkan sebuah tangkapan layat dalam kicauannya yang menunjukkan Bjorka mengumumkan target baru, yakni MyPertamina.

"Guna mendukung masyarakat yang sedang berjuang dengan mengadakan demonstrasi di Indonesia mengenai harga bahan bakar minyak, saya akan segera mempublikasikan database MyPertamina," tulis Bjorka dalam pengumumannya.

Pengumuman Bjorka ini, ia lakukan melalui saluran Telegramnya dengan nama Bjorkanism.

Sebelumnya, Bjorka telah merilis 679 ribu data Presiden Jokowi yang berhasil dibobol.

Data-datannya, berisi transaksi surat serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden, termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia.***

Terkini