Warga Kualu Nenas Terharu Terima Sembako dari Rusdi Hanafi

KUALU NENAS (Surya24.Com) - Beberapa warga Desa Kualu Nenas terlihat terharu menerima bantuan paket sembako yang dibagikan Bendahara DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Kampar Rusdi Hanafi di kediamannya, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Jum'at (29/5/2020) sore. 

Salah seorang ibu rumah tangga, Jaura (57) mengaku bahwa ia adalah seorang janda dan masih memiliki tanggungan. Dimasa Covid-19 ini, ia mengaku pendapatannya dari kerja serabutan tak menentu.

Ia sangat terharu sekali. Matanya terlihat berkaca-kaca ketika wartawan mewawancarainya. Ia sangat berterima kasih kepada sosok Rusdi Hanafi yang peduli dengan masyarakat di kampungnya. 

"Saya ini tak ada suami lagi pak. Tanggungan saya masih ada. Sekarang sulit mendapatkan uang pak," ungkap Jaura haru.

Ungkapan senada juga disampaikan dua orang ibu rumah tangga yang tinggal di Pasar Buah Kualu Nenas, Nurhayati (60) dan Harizal (43).
Meskipun keduanya mendapatkan bantuan langsung tunai dari desa, namun ia harus rela berbagi dengan warga lainnya yang tidak terdaftar karena banyak sekali warga yang harus diberikan bantuan pandemi Covid-19. "Adonyo bantuan pak Rusdi ko kami sangat bersyukur sekali," ujar Ibu Nurhayati.

Kepada wartawan, Bendahara DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Kampar Rusdi Hanafi mengaku, wabah pandemi Covid-19 telah membuat kondisi ekonomi masyarakat semakin sulit. Daya beli masyarakat semakin rendah dan banyak masyarakat tak mampu memenuhi kebutuhan sembako. Merasa prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat, maka ia tergerak hatinya berbagi dengan masyarakat yang sedang mendapat ujian tersebut.

Sebelumnya, Rusdi juga melakukan aksi sosial ini di beberapa desa lainnya sejak sebelum bulan Ramadan lalu diantaranya di Desa Pulau Payung, Kecamatan Rumbio Jaya.

Bantuan paket sembako ini bersumber dari kantongnya pribadi karena ia ingin turut berbuat membantu meringankan beban masyarakat yang saat ini tengah menghadapi ujian dan cobaan akibat pandemi Covid-19. 

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian masyarakat semakin terpuruk. Untuk itu perlu adanya perhatian dari warga yang mampu agar masyarakat di berbagai desa dan kelurahan bisa terbantu disamping bantuan dari pemerintah.

Selaku kader PDIP ia juga ingin menunjukkan bahwa kader-kader PDIP dan PDIP sebagai partai besar merupakan partai yang peduli dengan masyarakat kecil (wong cilik).

"Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat kita dan saya secara pribadi dan seluruh kader partai bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak lagi untuk masyarakat kita," ucap pria dan pengusaha low profile ini. 

Dari pantauan, Rusdi Hanafi menyerahkan bantuan paket sembako ini dibantu anggota keluarga dan beberapa rekannya diantaranya Wakil Komansan Satgas Cakra Buana DPD PDIP Riau Ediwan Fitra, Wakil Bapilu DPD PDIP Rudi Ekmal, Kepala Sekretariat DPC PDIP Kampar Azwar Anas dan Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Tambang Ronald Sianturi.

Satu persatu masyarakat yang sebelumnya telah diberikan kupon menerima paket bantuan ini. Diantara penerima adalah para keluarha yang belum mendapatkan bantuan penanganan Covid-19 baik bantuan langsung tunai (BLT) maupun bantuan sosial tunai (BST). Selain itu, dari pengakuan penerima, mereka juga berstatus janda masih memiliki tanggungan dan tidak memiliki pekerjaan tetap.(hasbi)