Warga BTN Panorama Teluk Makmur Meriahkan Tahun Baru Islam 1442 H

Kesenian Rebbana menyambut Tahun Baru Islam 1442 H di BTN Panorama, Teluk Makmur

DUMAI (Surya24.com) - Pada hari Rabu 19 Agustus 2020 pawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H digelar di perumahan BTN Panorama Jalan M. Yusuf, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Dumai.

Dengan tertib mereka membawa obor dimulai dari SMA Negeri 5 sampai ke Mushalla Al-Mukhlisin Perumahan BTN Panorama Teluk Makmur sambil berarak memukulkan kompang untuk memeriahkan acara menyambut 1 Muharam 7442 H tersebut. Usai pawai obor dilanjutkan dengan seni rebbana tempatan. 

Acara memperingati Tahun Baru Islam ini diadakan oleh segenab pengurus Mushalla Al-Mukhlisin yang di ketuai oleh Rustam dan masyarakat setempat. 

Dihadiri oleh Penceramah Ustaz Abdul Haris BA, tokoh masyarakat, warga setempat, remaja dan anak-anak.

"Selanjutnya acara diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Haris BA dengan Tema "Hijrahkan diri demi untuk mencapai keimanan yang lebih baik". "ujar Pauzi, masyarakat setempat.

Selain itu, isi ceramah yang disampaikan Ustadz diantaranya, "taat kepada Allah SWT salah satunya mengerjakan shalat, baik itu shalat wajib maupun shalat sunat dan diikuti dengan ibadah lainnya". 

Lanjut dari ceramah ustadz tentang hijrah ada tiga yang simpulkan, pertama hijrah untuk diri sendiri, kedua hijrah dengan mengikuti sunah Rasulullah SAW dan ketiga hijrah pemahaman, yang mana ambil yang baik tinggalkan sifat keburukan. 

Tahun baru Islam 1442 H, merupakan nikmat tersendiri bagi umat muslim. Karena bulan ini sarat pahala dan ladang beramal bagi orang yang sungguh-sungguh dalam mempersiapkan hari besoknya. Memulai awal tahun dengan ketaatan, agar pasti dalam melangkah dan menatap masa depan dengan optimis. 

Akhir acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Haris BA. Tidak itu saja, usai doa dilanjut dengan lomba membaca ayat-ayat pendek dan azan untuk anak-anak. Langsung diberikan hadiah berupa buku, pena dan uang sebesar Rp.20.000 dengan tujuan untuk memotifasi agar anak-anak belajar membaca dan menghafal Al-qur'an pungkas Ketua Mushalla, Rustam. (fauzi)


Tulis Komentar