INFOTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA DUMAI

Dispersip Dumai Harap ATPUSI Berperan Mencerdaskan SDM di Sekolah

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, Suriyanto, SP

DUMAI (Surya24.com) - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai, Suriyanto sangat mendukung sekali terbentuknya Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) di Kota Dumai.

Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah menyelenggarakan Seminar Literisasi Perpustakaan Kota Dumai yang bertujuan untuk penguatan pembangunan SDM yang lebih baik.

Pembentukan Pengurus ATPUSI itu dilaksanakan pada bulan Januari yang lalu, setelah itu Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si melantik kepengurusan ATPUSI Kota Dumai periode 2020-2024.

" Kita berharap dengan telah dibentuknya ATPUSI ini agar dapat berperan untuk mencerdaskan Sumber Daya Manusia (SDM) Siswa/siswi di Sekolah - Sekolah dengan membaca melalui Perpustakaan Sekolah, " ujar Suriyanto, Rabu (21/10/2020).

Suryanto menyebutkan Perpustakaan sumber gudang ilmu dan kecerdasan. Jika ingin maju, kata Dia harus banyak mendengar dan membaca. Apalagi profesi sebagai guru harus banyak membaca.

Sebagaimana diketahui, dalam usaha mencapai tujuan kemerdekaan Indonesia, khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang dilandasi pada pengertian dan keyakinan bahwa perpustakaan dengan segala aspek kegiatannya mempunyai fungsi dan peranan penting dalam membangun bangsa dan negara.

Pustakawan Indonesia berikrar untuk bersatu guna bersama-sama memberikan sumbangan dalam pembangunan negara dan bangsa dibidang pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

" Menyadari bahwa profesi, keahlian dan keterampilan tenaga perpustakaan sekolah dengan segala kaitannya perlu ditingkatkan dengan menghimpun tenaga perpustakaan Indonesia dalam organisasi profesi, maka dibentuklah Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia atau ATPUSI, "terang Suriyanto.

Tenaga perpustakaan sekolah, kata Suriyanto, adalah pegawai di lingkungan sekolah negeri maupun swasta yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan kepustakawanan pada unit perpustakaan sekolah. Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia adalah Organisasi profesi tenaga perpustakaan sekolah.

Sementara itu, Walikota Dumai H. Zulkifli AS juga menyampaikan kepada generasi muda agar terus meningkatkan minat baca, apalagi di era digital sekarang ini. “Minat baca memang harus ditingkatkan untuk generasi muda seiring dengan perkembangan zaman. Sumber daya manusia ini sangat penting untuk dipersiapkan apalagi dengan meningkatnya budaya membaca tentu akan menciptakan generasi yang cerdas, sebab dari banyak membaca akan muncul inovasi-inovasi yang gemilang atau pengalaman baru yang berguna bagi kita dan juga orang lain, "ucap Walikota.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, dengan pesatnya arus informasi di era digital saat ini, tentulah tidak berlebihan jika istilah membaca sebagai jendela dunia diperluas lagi menjadi membaca adalah gerbang dunia. “Semoga pengurus ATPUSI semakin menyebarkan kebaikan literasi di kota kita, "sebut Walikota. (Inf/Dispersip Dumai)