Bupati Bengkalis Rapat Evaluasi Realisasi Fisik dan Keuangan APBD 2022

BENGKALIS (Surya24.com) - Sebagai wujud efisiensi dan efektivitas proses pembangunan dan penggunaan anggaran, Bupati Bengkalis melaksanakan Rapat Evaluasi Realisasi Fisik dan Keuangan APBD Kabupaten Bengkalis Periode 30 April 2022, di ruang rapat Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (18/05/2022).

Rapat yang dibuka Bupati Kasmarni tersebut diikuti seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD), Kepala Bagian dan Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Bupati mengatakan, rapat evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana realisasi kegiatan dan apa saja yang menjadi hambatan serta kendala dalam pelaksanaan kegiatan pada masing-masing Perangkat Daerah terutama dalam percepatan pelaksanaan dana DAK dan APBD, sehingga hambatan-hambatan tersebut bisa diantisipasi dengan segera.

"Rapat Evaluasi Realisasi Fisik dan Keuangan APBD yang dilaksanakan hari ini sebagai tanggung jawab kita bersama, agar dalam pelaksanaannya bisa dikerjakan secara tepat waktu. Apalagi saat ini kita sudah menggunakan sistem SIPD dan ini bisa kita pantau langsung kegiatan di masing-masing OPD. Untuk itu, kami ingatkan untuk segera dituntaskan dan diselesaikan, jangan sampai sudah memasuki finish baru terburu buru untuk mengerjakan,"tegasnya.

Kepala Daerah tersebut juga meminta kepada masing-masing Perangkat Daerah menyampaikan kendala dalam percepatan pelaksanaan DAK sebelum batas akhir bulan Juni. 

Apabila di masing masing OPD tersebut ada kendala, jangan sampai didiamkan. Bupati menegaskan akan meninjau ke masing-masing Perangkat Daerah, duduk se-meja, diskusikan bersama bagaimana untuk mengevaluasi agar bisa mengambil langkah untuk percepatan pelaksanaan realisasi fisik dan keuangan. 

"Dan terakhir kami pesankan, karena APBD kita paling besar, tentunya segala kegiatan yang dilaksanakan dapat diketahui dalam bentuk fisiknya, sehingga keberadaan kinerja kita dapat dikatakan secara nyata, dan bisa mencapai hasil yang maksimal,"katanya.

Kemudian Diakhir rapat tersebut tiap-tiap Kepala PD, Kepala Bagian dan Camat melaporkan hasil realisasi fisik kegiatan dan keuangan APBD tahun anggaran 2022 secara umum hasil laporan realisasi fisik dan keuangan sampai 30 April 2022.(Pemkab Bengkalis)