MENCEKAM! Hotel Svatove Meledak, 200 Tentara Rusia Tewas Terpanggang

(Dok: pravda.com.ua/viva.co.id)

JAKARTA (Surya24.com) -Sebuah ledakan terjadi di sebuah hotel di Svatove, Oblast (Provinsi) Luhansk, Ukraina, Sabtu (17/9). Dalam insiden itu, ratusan tentara Rusia tewas terpanggang di dalam hotel, yang sebelumnya merupakan stasiun bus.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Pravda, informasi insiden itu baru diungkap oleh Kepala Administrasi Sipil-Militer Luhansk, Serhiy Haidai.

Menurut Haidai, ledakan terjadi pada malam hari dan menewaskan sekitar 200 prajurit militer Rusia. "Malam ini (17 September) di Svatove terjadi ledakan di bekas stasiun bus, yang diubah menjadi hotel. Sekitar 200 tentara Rusia tewas di sana," ucap Haidai.

Haidai menduga, di dalam hotel tersebut juga terdapat gudang senjata pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF).

Hal ini juga yang diyakini Haidai sebagai penyebab meledaknya hotel tentara Rusia itu. Namun demikian, dugaan Haidai tersebut belum bisa dipastikan sebagai penyebab utama ledakan. Sebab hingga saat ini, belum ada penjelasan terkait insiden meledaknya basis pasukan Rusia di Svatove.

"Tapi gudang juga meledak, dan mereka mungkin memiliki masalah tertentu dengan amunisi," kata Haidai melanjutkan kutip viva.co.id.

Pasukan militer Rusia disebut Haidai berhasil menduduki stasiun bus yang kemudian diubah menjadi hotel, beberapa saat sebelum tempat itu meledak. Haidai juga menyebut bahwa pasukan Rusia secara aktif mengganggu seluruh saluran telekomunikasi. Baik seluler, maupun internet, tak luput dari pantauan pasukan Rusia yang melakukannya dalam pemeriksaan terhadap penduduk Svatove.***