Honda Vario Kamu Bisa Jadi Motor Listrik, Ini Ulasannya

(Dok:GridOto.com)

JAKARTA (Surya24.com) - Dicatat, segini lho budget kalau mau ubah Honda Vario 125 jadi motor listrik. Salah satunya seperti honda vario 125 garapan Spora EV.

Biaya ubah Honda Vario 125 jadi motor listrik enggak sampai Rp 20 jutaan.

Seperti Honda Vario 125 garapan Spora EV yang dipajang di Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022) lalu.

"Untuk mengubah Honda Vario 125 jadi motor listrik ini estimasinya Rp 15 sampai Rp 16 jutaan. Untuk harga fixnya akan kami umumkan nanti, " ucap Triharsa Adicahya, Chief Executive Office (CEO) Spora EV dikutip otomotifnet.com, (29/9/2022).

Honda Vario 125 Electric garapan Spora EV pakai motor listrik BLDC 2.000 watt atau 2 kW dari QS Motor.

Untuk controllernya pakai Votol M100, sedangkan untuk baterainya pakai kapasitas 72V 25 Ah besutan Indonesia Battery Corporation (IBC).

"Dalam kondisi baterai penuh, Honda Vario 125 Electric garapan kami bisa menempuh jarak 40 km sampai 50 km dalam kondisi baterai penuh hingga habis. Untuk top speed-nya 70 km/jam," jelas Adi.'

Honda Vario 125 Electric garapan Spora EV pakai motor listrik tipe mid drive dengan sambungan gear dan rantai ke roda belakang

Oya, konversi atau ubah Honda Vario 125 yang ditawarkan oleh Spora EV berjenis mid drive sehingga butuh gear dan rantai untuk menghubungkan motor listrik ke roda belakang.

"Conversion kit kami pakai motor listrik jenis mid drive yang terdiri dari arm buat dudukan motor listrik sekaligus dudukan untuk peleknya," jelas Adi.

 

Dengan conversion kit, proses ubah Honda Vario 125 dan motor matik lainnya jadi motor listrik di Spora EV diklaim enggak akan memakan waktu yang lama.

"Kami sedang mengembangkan paket conversion kit, bulan depan akan launching untuk Honda Vario dan Honda BeAT," ungkap Adi.

"Kedepannya kami menargetkan konversi motor listrik hanya memakan waktu 4 jam saja," tutur Adi yang bengkelnya berada di Ruko Emerald Boulevard Blok AA1 No.5, Parigi, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.

Jadi buat yang berminat konversi Honda Vario 125 jadi motor listrik silakan siapkan dana sekitar Rp 15-16 jutaan.***