7 Cara Meredakan Batuk secara Alami Tanpa Perlu Obat

Ilustrasi. (Dok: iStock/Moyo Studio)

JAKARTA (Surya24.com) - Bahan alami rumahan dapat dimanfaatkan sebagai cara meredakan batuk. Cara alami tersebut cukup aman, mudah ditemukan, dan cukup efektif untuk meredakan batuk.

Tidak hanya mengobati batuk, obat-obatan alami berikut juga bermanfaat untuk mengatasi pilek dan alergi.

Melansir cnnindonesia.com, batuk sendiri merupakan cara alami tubuh dalam menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya.

 

Namun, batuk yang berkelanjutan akan sangat mengganggu dan harus segera diatasi. Batuk yang berkelanjutan juga bisa menjadi gejala sejumlah kondisi seperti alergi, infeksi virus, dan infeksi bakteri.

Oleh sebab itu, batuk tidak boleh dibiarkan dan harus segera diobati agar tidak semakin parah.

Cara Meredakan Batuk secara Alami

Berikut obat batuk alami yang bisa dicoba, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Madu

Dilansir dari laman Medical News Today, madu merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk.

 

Dalam studi yang dilakukan pada 2021, peneliti melihat efek penggunaan madu untuk mengobati batuk pada infeksi saluran pernapasan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa madu lebih unggul dari perawatan biasa, baik dalam meredakan maupun mencegah batuk.

Bahkan madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat-obatan yang mengandung dekstrometorfan.

Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

2. Jahe

Cara meredakan batuk secara alami berikutnya adalah dengan jahe. Pasalnya, jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma.

 

Jahe dipercaya dapat mengendurkan otot-otot saluran napas. Selain itu, jahe juga dapat meredakan rasa mual dan nyeri.

Dalam jurnal yang dipublikasi pada 2015 menunjukkan bahwa senyawa antiradang pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara sehingga membuat intensitas batuk berkurang.

Anda bisa membuat minuman dari jahe untuk mengatasi batuk. Caranya dengan menyeduh 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas.

Kemudian diamkan selama beberapa menit, lalu tambahkan madu dan perasaan lemon untuk meningkatkan khasiatnya.

3. Air hangat

Studi yang diterbitkan National Library of Medicine melaporkan bahwa minuman hangat dapat mengurangi gejala batuk, sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan.

 

Jika batuk disertai gejala flu atau pilek, Anda bisa meminum air hangat. Namun, jika batuk disertai radang tenggorokan, sebaiknya minum air hangat yang tidak begitu panas.

Adapun beberapa jenis minuman atau cairan yang dapat menenangkan batuk di antaranya adalah kuah kaldu, teh herbal, air putih hangat, dan jeruk hangat.

4. Uap

Untuk batuk jenis basah yang menghasilkan lendir atau dahak, Anda dapat menggunakan uap untuk meredakannya.

Caranya dengan mandi air hangat atau menghirup uap air dalam wadah panas, Anda juga dapat menambahkan minyak esensial seperti kayu putih atau rosemary ke dalam air hangat tersebut.

Kemudian hirup uapnya selama beberapa 10-15 menit sampai gejala batuk mereda. Jangan lupa meminum segelas air setelahnya agar tidak dehidrasi.

Meski demikian, penelitian yang dilakukan National Library of Medicine pada 2017 menunjukkan bahwa uap air panas tidak secara nyata dapat memperbaiki gejala batuk beberapa orang.

5. Thyme

Tak hanya sebagai bumbu masakan, thyme juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi batuk.

Penelitian mengenai efektivitas thyme pada 2021 menunjukkan bahwa rempah daun ini dapat mengatasi masalah batuk, bronkitis, dan dapat meningkatkan kualitas hidup. Hal itu berkat kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Cara mengonsumsinya adalah dengan membuat menyeduh dua sendok teh thyme kering dengan air panas. Lalu biarkan selama 10 menit, saring, dan minum selama beberapa kali dalam sehari.

6. Peppermint

Melansir Healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa peppermint dapat membantu mengatasi batuk.

Mentol yang terdapat dalam peppermint memang tidak dapat meredakan gejala tetapi orang yang menghirup uapnya akan merasa lebih baik.

Kandungan mentol dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan atau pemecah lendir.

Anda dapat menggunakan peppermint untuk obat batuk alami dengan meminum teh peppermint atau menghirup uap yang ditambah dengan minyak esensial peppermint.

7. Rosemary

Rosemary juga merupakan rempah yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk. Tanaman ini dapat menenangkan otot-otot di trakea dan membantu melegakan pernapasan.

Anda dapat mencampur rosemary dengan minyak kemudian mengoleskannya ke tubuh atau menghirup uap air yang ditambah dengan rosemary.

Itulah sejumlah cara meredakan batuk dengan bahan alami. Selamat membantu.***