Rantai Tanpa Sambungan atau Punya Sambungan yang Lebih Kuat? Ini Penjelasannya

Ilustrasi rantai motor (Dok:Otomotifnet.com)

JAKARTA (Surya24.com) - Bikin kepo, benar enggak sih rantai motor tanpa sambungan lebih kuat dari rantai yang punya sambungan?

Diketahui, rantai motor di pasaran punya model sambungan juga yang tanpa sambungan.

Rantai motor tanpa sambungan ini biasanya dikeluarkan oleh pabrikan spesifik untuk motor tertentu.

Melansir otomotifnet.com, sementara untuk rantai motor aftermarket umumnya menggunakan model sambungan sehingga bisa digunakan di banyak tipe motor.

Lalu apakah benar rantai model sambungan kurang awet ketimbang rantai tanpa sambungan?

"Kalau awet atau tidaknya, sebetulnya tergantung dari perawatan rantai itu sendiri," buka Afirdzal Adam owner Afridzal Motor yang bengkelnya di Jl. Walang Raya No.28, Plumpang, Jakarta Utara.

"Orang beranggapan kalau rantai dengan sambungan mudah putus, tapi dari pengalaman saya rantai putus itu biasanya karena memasang sambungannya salah," ungkapnya.

Masih banyak pemilik atau mekanik motor yang memasang sambungannya salah atau terbalik sehingga rantai jadi rawan putus akibat sambungan lepas.

"Cara pasang yang benar, posisi klip penyambung rantai yang terbuka harus berlawanan dengan arah gerak rantai," yakinnya.

"Kalau searah nanti malah tidak kuat dan jadi rawan putus," tegasnya.

Meski begitu, rantai yang tidak memiliki sambungan model klip memang terbukti lebih kuat dalam menahan beban.

Namun kekurangannya, rantai tanpa sambungan model klip cuma bisa dipakai tipe motor spesifik dan perlu alat khusus untuk membongkar pasangnya.***