Saran dari Chef Bun? Ini 4 Cara Olah Ikan Kakap Segar agar Tidak Amis

(Dok: SHUTTERSTOCK/IBENK_88)

JAKARTA (SURYA24.COM)  - Kamu bisa mengolah ikan kakap segar menjadi banyak sajian, baik kering maupun berkuah. Sebelum memasaknya, sebaiknya ketahui cara mengolah ikan kakap terlebih dahulu agar hasilnya tidak amis.

Melansir kompas.com, Adit Gurnawijaya, alumni MasterChef Indonesia musim ke-7 membagikan empat cara mengolah ikan kakap segar berikut ini.

  1. Potong ikan dan ambil dagingnya Menurut Adit, ikan kakap harus dipotong terlebih dulu sebelum dicuci dan dimasak dengan beragam bumbu.

"Jadi kita potong dari atas kayak butterfly, habis itu ambil dagingnya, filetnya saja," ujar Adit saat ditemui Kompas.com usai acara demo memasak di Sial Interfood 2022, Rabu (9/11/2022).

Kamu dapat mengikuti langkah ini bila hanya ingin menggunakan daging ikan kakapnya saja tanpa bagian kulit, tulang, dan kepala.

Sebaliknya, kamu dapat melewati cara memfilet daging ikan kakap segar dan langsung menyimak tahapan berikutnya.

2. Cuci bersih ikan Pastikan untuk mencuci bersih ikan dengan air mengalir, baik dalam kondisi utuh maupun filet. Khusus ikan kakap segar yang belum dipotong, mulailah membersihkan isi perut, sisik, dan insang, lalu mencucinya hingga bersih.

3. Beri perasan jeruk nipis

Langkah terpenting saat mengolah ikan kakap segar adalah memberi perasan jeruk nipis atau lemon. Menurut Adit, bahan asam alami ini bisa mengurangi amis dari ikan kakap segar, apalagi bila dimasak dengan benar.

4. Marinasi ikan bila perlu Terakhir, ikan kakap bisa dimarinasi sesuai kebutuhan. Adit menuturkan, tidak semua olahan kakap harus dimarinasi.

Membumbui ikan kakap biasanya dibutuhkan untuk metode masak tertentu, seperti menggoreng dan memanggang.***