4 Ciri-ciri DBD yang Perlu Diwaspadai, Jangan Sampai Terlambat Ditangani

Ilustrasi (Dok: Shutterstock/all_about_people)

JAKARTA  (Surya24.com) - Demam berdarah dengue atau dikenal dengan penyakit DBD adalah salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Penyakit ini rentan merebak terutama di musim pancaroba atau peralihan musim kemarau ke penghujan atau sebaliknya.

Sayangnya, tulis kompas.com, banyak orang tidak mengenali ciri-ciri DBD tahap awal. Penderita baru dibawa ke rumah sakit ketika infeksi sudah parah, atau kondisinya sudah dalam keadaan syok dan berbahaya bagi keselamatan penderita.

Menurut Dokter Kondisi ini biasanya tidak terjadi tiba-tiba. Sebelumnya, penderita yang terinfeksi virus dengue penyebab DBD bakal mengalami gejala awal, demam dengue, baru memasuki tahap DBD. Untuk itu, penting bagi setiap orang mengenali gejala DBD sejak dini agar penderita bisa segera ditangani.

Ciri-ciri DBD tahap awal Menurut Kementerian Kesehatan, ada beberapa tanda DBD tahap awal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Demam tinggi

Demam gejala DBD biasanya muncul secara mendadak. Di awal penyakit, suhu DBD bisa cukup tinggi antara 38-40 derajat Celsius.

Peningkatan suhu tubuh ini berlangsung sepanjang hari.

Sakit kepala

Selain demam, penderita biasanya juga merasakan sakit kepala hebat, badan lemas dan lesu, nyeri di sekujur tubuh, dan tidak enak badan.

Bola mata sakit saat digerakkan

Gejala DBD di tahap awal penyakit lainnya yakni bola mata terasa sakit saat digerakkan. Gejala ini biasanya disertai sakit punggung, mual, muntah, dan tidak nafsu makan. Muncul bintik-bintik DBD Di beberapa kasus, ciri-ciri DBD tahap awal terkadang juga melibatkan pendarahan.

Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik DBD yang khas berupa ruam yang tidak hilang saat diregangkan.

Apabila Anda mendapati gejala DBD, segera periksakan ke dokter atau pusat layanan kesehatan terdekat. Selain itu, lakukan pertolongan pertama untuk mencegah penyakit berkembang ke tahap syok yang potensial fatal.

Dikutip dari laman Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, berikut beberapa di antaranya:

Pastikan penderita banyak istirahat dan tiduran di tempat tidur

Untuk mencegah dehidrasi, upayakan penderita bisa minum air sebanyak dua liter per hari

Berikan kompres hangat untuk menurunkan suhu demam tinggi dan membuat tubuh yang tidak enak badan lebih nyaman

Berikan obat penurun demam saat demam tinggi Apabila dalam dua sampai tiga hari gejala DBD memburuk seperti badan tambah lemas, muntah terus-menerus, susah makan dan minum, mimisan dan pendarahan gusi parah, muntah darah, BAB berdarah, segera bawa penderita ke rumah sakit atau layanan kesehatan terdekat

Perlu diingat, gejala DBD tahap awal di atas terkadang mirip penyakit lain. Jadi, pastikan Anda segera memeriksakan penderita ke dokter jika mendapati tanda penyakit di atas. Penyakit ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan fisik dan tes darah. Ciri-ciri DBD tahap awal biasanya berlangsung selama beberapa hari sampai seminggu setelah gejala muncul.***


Tulis Komentar