Masih Garuk-garuk? Ini 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Ilustrasi (Foto: iStockphoto/VladimirFLoyd)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Kulit kepala gatal sering kali bikin tak nyaman. Apalagi jika gatal muncul pada waktu yang tak tepat, misalnya pada saat rapat atau saat kita tengah presentasi di depan klien. Jika digaruk buat kita malu, namun jika tak digaruk justru tambah gatal.

Melansir cnnindondesia, kulit kepala gatal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti ketombe, kutu rambut, peradangan, jamur, hingga psoriasis. Untuk menuntaskan masalah tersebut, Anda bisa menggunakan bahan alami. Berikut bahan alami untuk mengatasi kulit kepala gatal.

Bahan alami berikut diklaim mampu mengatasi problem gatal pada kulit kepala. Selain itu, ketimbang menggunakan bahan-bahan kimia yang keras, bahan alami lebih aman digunakan, terlebih bagi pemilik kulit sensitif.

Dilansir dari laman Healthline, berikut tujuh bahan alami untuk mengatasi kulit kepala gatal yang bisa Anda coba di rumah.

1. Cuka apel

Bahan alami pertama yang bisa Anda coba adalah cuka apel. Siapa sangka, cuka apel ini tak hanya baik untuk kesehatan saja, tetapi juga bisa mengatasi gatal di kulit kepala.

 

Cuka apel mengandung zat alami berupa asam asetat. Asam asetat ini akan membantu mengatasi rasa gatal yang terdapat di kulit kepala.

Selain itu, antimikroba yang terkandung di dalamnya juga bisa mengatasi bakteri dan jamur yang menjadi penyebab rasa gatal di kulit kepala.

2. Alpukat dan oatmeal

Kedua campuran bahan ini dapat digunakan sebagai perawatan alami kulit kepala gatal. Alpukat adalah sumber biotin yang baik sehingga dapat membantu rambut tumbuh lebih sehat.

 

Sementara oatmeal bertindak sebagai pelembap alami yang dapat membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal. Dengan penggunaan teratur, membantu merawat kulit kepala yang kering, gatal, sekaligus mengurangi ketombe.

Cara menggunakan masker ini, cukup blender kedua bahan dengan perbandingan 1:1 hingga menghasilkan tekstur seperti pasta. Lalu oleskan ke kulit kepala serta akar hingga ujung rambut.

3. Lidah buaya

Jika kulit kepala Anda gatal karena ketombe, maka solusi yang terbaik adalah dengan menggunakan lidah buaya.

 

Lidah buaya mengandung zat antiinflamasi, antioksidan, dan memiliki sifat menenangkan yang bisa mengatasi peradangan kulit kepala penyebab ketombe sekaligus meredakan rasa gatal.

Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala, lalu biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan sampo hingga bersih.

4. Pisang

Selain lidah buaya, bahan alami untuk mengatasi kulit kepala gatal lantaran ketombe adalah dengan menggunakan buah pisang.

Pisang memiliki kandungan antimikroba yang akan akan membersihkan kulit kepala yang menjadi penyebab dari ketombe. Selain itu, pisang juga akan membuat kulit kepala terasa lembap dan lebih rileks.

5. Minyak peppermint

Minyak peppermint memiliki kandungan mentol yang cukup tinggi. Mentol sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu zat yang bisa membuat kulit kepala menjadi segar dan memberikan sensasi yang dingin.

Mentol juga akan membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menempel sehingga bisa mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

6. Yogurt dan telur

Kombinasi antara yogurt dan telur sangat efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit kepala. Yogurt memiliki kandungan yang akan membuat kulit kepala menjadi sejuk dan mencegah peradangan.

 

Sedangkan telur mengandung lemak dan protein yang tak hanya menyehatkan kulit kepala, tetapi melindunginya dari radikal bebas.

7. Minyak kelapa

Sudah sejak lama minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami untuk merawat rambut. Selain itu, kandungan antijamur dan juga antibakteri yang terkandung di dalamnya bisa membantu untuk mengurangi infeksi atau jamur yang menyebabkan kulit kepala gatal.

 

Minyak kelapa ini juga dapat membantu kulit kepala untuk meningkatkan hidrasi guna mencegah kulit kepala menjadi kering. Tak hanya itu saja, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mencegah timbulnya ketombe dan melembutkan rambut.

 

Itulah 7 bahan alami untuk mengatasi kulit kepala gatal yang bisa Anda coba di rumah. Selain itu, sebaiknya Anda menjaga kebersihan dan kesehatan rambut Anda agar gatal di kulit kepala tak datang lagi.***