Jarang Diketahui Orang, Ini 9 Manfaat Skipping Setiap Hari, Perkuat Tulang hingga Bakar Kalori

Ilustrasi (Foto: istockphoto/PeopleImages)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Skipping atau lompat tali merupakan jenis olahraga yang menyenangkan. Olahraga ini bahkan bisa dilakukan banyak kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Manfaat skipping seringkali dikaitkan sebagai cara untuk menambah tinggi badan dan mengoptimalkan pembakaran kalori.

Melansir cnnindonersia.com, ini dikarenakan skipping termasuk ke dalam jenis latihan pliometrik yang mengharuskan tubuh untuk melompat dan bergerak aktif.

Selain itu, alat skipping ini sangat sederhana, yaitu menggunakan tali khusus dan banyak dijual di toko peralatan olahraga dengan harga terjangkau.

Lantas adakah manfaat olahraga skipping lainnya bagi kesehatan tubuh?

Dirangkum dari berbagai sumber, di bawah ini terdapat manfaat dari lompat tali yang dilakukan secara rutin.

 

1. Memperkuat tulang

Skipping sangat bermanfaat dalam melatih kekuatan sekaligus kepadatan pada tulang kaki. Sebab, tulang yang kuat merupakan faktor terbesar dalam menentukan kesehatan dan kekuatan fisik.

Menurut hasil studi, rutin skipping 3 kali seminggu selama 6 bulan dapat membentuk kepadatan mineral tulang kaki dan tulang belakang secara signifikan.

2. Cocok untuk pemanasan

Selain memperkuat kepadatan tulang, skipping cocok untuk gerakan pemanasan atau warming up sebelum melakukan olahraga berat.

 

Meski gerakan skipping tampak sederhana karena hanya melompat di tempat, latihan ini justru efektif mengaktifkan otot dengan cepat sehingga Anda bisa terhindar dari risiko cedera.

3. Membakar lemak perut

Skipping dapat membantu membakar kelebihan lemak di dalam perut, terutama jika Anda rutin melakukan skipping selama periode diet.

Ini dikarenakan lompat tali termasuk ke dalam latihan HIIT atau intensitas tinggi. Skipping juga cocok dijadikan olahraga selingan untuk membantu mempertahankan berat badan.

4. Membakar kalori tubuh

Manfaat skipping berikutnya yaitu bisa membakar kalori tubuh secara menyeluruh dengan cepat. Skipping selama 15-20 menit per sesi, rata-rata bisa membakar 200-300 kalori.

Berdasarkan hasil penelitian, orang dengan berat badan 56 kg yang melakukan skipping selama 30 menit, bisa membakar kalori tubuhnya hingga 340 kalori.

5. Skipping setara kardio

Rutin melakukan lompat tali dinilai sangat baik untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi Anda.

Melompat secara terstruktur dan terus-menerus dalam hal ini melakukan skipping, membutuhkan lebih banyak darah dan oksigen untuk dipompa ke otot-otot yang bekerja.

6. Melatih keseimbangan

Salah satu manfaat kesehatan lain dari latihan lompat tali adalah meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh, terutama dalam mempertahankan kecepatan yang teratur dan stabil, mengutip Healthline.

Antara mata, tangan, dan kaki sangat perlu seimbang. Apabila koordinasi tersebut tidak berjalan optimal, Anda bisa berisiko mengalami cedera.

7. Meningkatkan massa otot

Selain bermanfaat memangkas kelebihan lemak, skipping termasuk latihan terbaik untuk meningkatkan fungsi tubuh secara menyeluruh dan meningkatkan kekuatan massa otot.

Sebab, gerakan lompat tali akan bergantung pada otot tubuh bagian bawah seperti betis, paha, dan bokong, sedangkan tubuh bagian atas yaitu bahu, bisep, serta otot perut.

 

 

8. Melatih konsentrasi

Skipping adalah latihan ritmis, yang berarti gerakan ini harus diselesaikan dalam urutan tertentu dan ritme yang tepat supaya kaki-kaki Anda bisa melewati setiap tali.

Skipping bisa menjadi olahraga sederhana dalam melatih konsentrasi otak. Tak hanya itu, Anda pun dapat sekaligus berlatih untuk mengendalikan alur pernapasan tubuh.

9. Bantu jaga kesehatan jantung

Manfaat skipping diklaim efektif untuk menjaga kesehatan jantung karena latihan ini setara dengan kardio.

Latihan berbasis kardio bisa menguji kemampuan paru-paru untuk menyerap oksigen dan mengetahui efisiensi jantung saat memasok darah ke semua otot yang sedang bekerja.***