Baru Sehari Berlangsung, Eee Munas HIPMI XVII di Solo Diwarnai Adu Jotos: Kata Gibran Muktamar Muhammadiyah Libatkan Jutaan Lancar, Masa Hipmi Enggak Bisa

(Dok:Kolase Tribunnews)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Baru sehari digelar, aksi baku hantam sudah mewarnai kegiatan Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) ke XVII di Solo, yang berlangsung sejak 21 November 2022 hingga 23 November 2022.

Padahal acara pembukaan Munas HIPMI tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai Presiden Jokowi membuka Munas Hipmi pada pagi hari, namun pada malam hari terjadi baku hamtam antar peserta, Senin (21/11/2022).

Berdasarkan video yang diterima Tribunnews.com, terlihat dua orang berpakaian batik khas Munas HIPMI XVII, tengah beradu jotos diatas karpet merah yang membentang ruangan tersebut.

"Woy, woy, woy," ujar suara dalam video tersebut.

 

Tindakan adu jotos itu menuai beragam reaksi dari peserta Munas HIPMI. Nampak peserta lain yang hendak melerai justru turut hanyut dalam pertikaian itu.

Nampak pula seorang membawa penutup papan hidangan pada saat kericuhan berlangsung. Tak sedikit dari peserta mengabadikan peristiwa kericuhan itu melalui telepon selulernya.

Berdasarkan video yang disiarkan melalui YouTube HIPMI TV, kericuhan terjadi pada saat akan dimulainya sidang Munas HIPMI.

Saat itu peserta sidang melakukan interupsi, usai pimpinan sidang mengabsen anggota HIPMI dalam ruang sidang Munas.

Kericuhan pun tak terelakkan hingga akhirnya pimpinan sidang menskors persidangan dua kali 15 menit.

 

"Ganti, ganti, ganti pimpinan. Ganti pimpinan sekarang juga," sorak suara peserta Munas HIPMI XVII di Solo.

Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas XVII HIPMI, M Ali Afandi membeberkan motif terjadinya adu jotos yang mewarnai Musyawarah Nasional HIPMI.

Hal itu M Ali Afandi katakan, dalam rilis tertulisnya. Menurut Ali, pertikaian itu terjadi lantaran adanya kesalahpahaman antara peserta.

"Kejadian semalam disebabkan kesalahpahaman personal antar peserta munas HIPMI yang terjadi di luar rapat Pleno. Akibat peserta kelelahan karena padatnya agenda Munas sejak pagi hingga tengah malam," kata Ali, Selasa (22/11/2022).

Meski begitu, Ali menegaskan, gelaran Munas HIPMI XVII tetap berlangsung sebagaimana yang sudah dijadwalkan.

Dia juga menambahkan, Panitia Munas telah membrief kepada peserta agar seluruh tahapan berjalan humanis dan baik.

"HIPMI selalu mengutamakan kekeluargaan, kalaupun terjadi suasana menghangat sedikit tapi tidak panas," tegasnya.

Terakhir, Ali mengatakan permohonan maaf atas kejadian yang menghebohkan masyarakat. Dia mengaku akan menindak tegas para peserta yang terlibat secara kekeluargaan.

"Kami panitia meminta maaf kepada masyarakat dan peserta munas HIPMI atas kejadian yang terjadi semalam. Dan kami akan menempuh penyelesaian secara kekeluargaan karena memang kami adalah keluarga," tuturnya.

Berakhir Damai

Humas Acara Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII, Riko menyampaikan, peristiwa adu jotos yang menyangkut peserta pada hari pertama Munas HIPMI telah berakhir damai.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, perdamaian dilakukan secara kekeluargaan.

Riko berujar, langkah damai itu telah berlangsung pada Senin (21/11/2022) malam, usai peserta lain berhasil melerai pertikaian itu.

"Tidak ada kelanjutan. Karena diselesaikan secara kekeluargaan," kata Riko, saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (22/11/2022).

Lebih lanjut, Riko menambahkan, tak ada luka berat yang dialami peserta akibat adu jotos itu. Dia juga menegaskan, saat ini gelaran Musyawarah Nasional HIPMI XVII masih berjalan normal.

"Sejauh ini kami belum menerima informasi terbaru terkait hal (korban luka) tersebut ," jelasnya.

Lancar

Seentara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi insiden adu jotos dalam Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) XVII di Solo, Jawa Tengah. Diketahui, kericuhan yang berujung adu jotos itu terjadi di ruang Munas Hipmi XVII di Hotel Alila Solo pada Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Gibran menilai seharusnya Munas Hipmi XVII bisa berlangsung lancar. Sebagai penguasaha seharusnya bisa menjadi contoh yang baik, bukan sebaliknya menimbulkan kericuhan.

"Dinamika itu biasa. Kalau bisa kita bisa ngasih contoh yang baiklah ya. Terutama kemarin dari para pimpinan, petinggi negara sudah ngasih instruksi semuanya harus adem. Hipmi pengusaha harus bisa jadi contoh," ucap Gibran di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (22/11/2022).

Di sisi lain, kata Gibran, Hipmi seharusnya bisa mencontoh pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. Kegiatan Muktamar yang dihadiri oleh jutaan orang dari seluruh Indonesia tersebut bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Muktamar Muhammadiyah yang melibatkan jutaan orang saja lancar. Masa Hipmi enggak bisa," kata ayah Jan Ethes Srinarendra seperti dikutip kompas.com.

Sebelumnya diberitakan, Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmu) XVII yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah, berlangsung ricuh. Kericuhan tersebut terjadi di ruang munas di Hotel Alila Solo pada Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas XVII Hipmi, M Ali Afandi menduga kericuhan dipicu oleh para peserta yang kelelahan karena telah mengikuti acara sejak pagi hingga tengah malam. Menurutnya kelelahan tersebut yang memicu kesalahpahaman antarpeserta.***