Ulah Polisi Ini Bikin Warganet Terharu Bahkan Siap Menanggung Resiko, Apa Itu? Begini Ceritanya

(dok:INSTAGRAM.com/@undercover.id)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Unggahan video bernarasi anggota polisi membukakan pintu penjara karena melihat keinginan seorang ayah memeluk putrinya viral di media sosial. Video itu salah satunya dibagikan akun Instagram @undercover pada Sabtu (25/3/2023). 

"Handoko Dregs: Karena Kepingin Memeluk Sang Anak, Akhirnya Saya Bukak Pintu Sel nya Sebentar," demikian keterangan yang tertulis dalam unggahan.

Dalam video, tampak seorang pria memeluk erat gadis kecil dari balik jeruji penjara. Tak berselang lama, polisi yang berjaga membukakan pintu penjara, sehingga ayah dan putrinya itu bisa leluasa untuk saling berpelukan. Dari penelusuran Kompas.com, peristiwa itu terjadi di Polsek Maro Sebo, Polres Muaro Jambi. 

Lantas, bagaimana cerita dari kejadian tersebut? Anak itu mengantar makanan untuk orangtuanya Saat dikonfirmasi, Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Artha membenarkan adanya kejadian itu.

 "Iya, itu kejadiannya di Polsek Maro Sebo," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

 Kompas.com kemudian diminta menghubungi Kapolsek Maro Sebo Iptu Wiwik Utomo untuk mendapatkan informasi lebih jelas. 

Wiwik mengatakan, anggota Polsek Maro Sebo yang membukakan pintu sel penjara dan membuat video tersebut adalah Bripka Handoko. Dihubungi terpisah, Bripka Handoko menceritakan awal mulanya. 

"Video saya ambil sore kemarin hari Jumat 24 maret 2023, ketika berbuka puasa, si anak datang bersama kakaknya untuk mengantarkan makanan orangtuanya," ujar dia.

Alasan Bripka Handoko bukakan pintu penjara Ia membuka pintu penjara atas kehendaknya sendiri. Handoko mengaku tak tega melihat sang anak memeluk ayahnya dengan terhalang jeruji besi.

 "Saya membukakan pintu atas inisiatif saya sendiri karena saya tidak tega melihat anak berpelukan dengan ayahnya terhalang jeruji besi," tuturnya.

 "Yang mana saya membuka pintu sel hanya sebentar dan di belakang saya pun ada pintu pengaman tambahan," tambah Handoko. 

Adapun sang ayah dari anak tersebut dipenjara karena kasus pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). 

Lebih lanjut, Handoko mengaku siap menerima konsekuensi atas tindakannya membuka pintu sel. "Saya siap menerima konsekuensi hukum yang diberikan oleh pimpinan jika perbuatan saya kemarin salah," tandasnya. 

Momen Haru,

Tidak dapat dipungkuri cinta dan kasih sayang dimiliki setiap anak untuk orangtuanya. Tak heran jika rindu akan selalu terasa ketika anak dan orangtua terpisahkan oleh jarak dan waktu.

Hal ini terpaksa dirasakan oleh bocah malang di Jambi. Ia terpisah dari ayahnya yang mendekam di balik bui. Aksi saling melepas rindu pun terekam dalam sebuah video viral.

 

Anak Peluk Ayahnya yang Sedang di Dalam Bui

Sebuah video viral merekam momen manis sekaligus haru antara ayah dan anaknya. Terlihat seorang bocah perempuan yang dengan tulus memeluk ayahnya dari bali jeruji besi. Pelukannya yang begitu hangat seolah mewakili rasa kangennya kepada sang ayah.

Polisi Akhirnya Bukakan Sel Sejenak

Kerinduan yang mendalam tentu akan dirasakan oleh bocah malang ini. Tak sama dengan teman-teman sebayanya, ia terpaksa tidak merasakan kasih sayang sosok ayahnya untuk sementara waktu.

Pelukan hangat dalam momen si bocah menjenguk ayahnya dalam bui itu sontak melelehkan hati petugas polisi yang berjaga. Berbaik hati, akhirnya polisi ini membuka selnya meski hanya sebentar dan membiarkan ayah dan anak itu melepas rindu.

Bikin Warganet Terharu

Momen haru ini terekam dalam sebuah video yang kian viral ketika diunggah pada media sosial. Banyak sekali warganet yang berhasil dibuat haru dan tersentuh atas kebaikan petugas polisi penjaga sel tahanan itu.

"Makasi pak polisi. Mungkin dia gagal jadi manusia yg baik. Tapi pasti dia berhasil jadi ayah yg baik.," tulis komentar @fijriaputri.

"Terlepas dr apapun salah ortunya,sumpah in video bkin nangis ????

Terima kash pak pol smoga bpk sll dlm keadaan sehat dn bahagia bersma kluarg????," timpal @hatika513.

"Gimanapun papanya tetep yg terbaik buat anak perempuannya ????," lanjut @faradevi_tn.

"Kemanusiaan diatas Segala2nya ????," papar @rnnrrshd.***