Gegara Makan Pedas, Wanita Ini Alami Patah Tulang Rusuk, Kok Bisa? Begini Ceritanya

(Dok: Foto: iStock)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Seorang wanita asal Shanghai, China, membagikan pengalamannya yang cukup mengejutkan. Wanita yang bermarga Huang mengaku mengalami patah tulang rusuk seusai makan makanan pedas.

Dikutip dari India Times, penyakit ini berawal dari batuk-batuk yang sering dialami usai makan makanan pedas. Huang kerap kali mendengar suara retakan dari dadanya. Menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang biasa, Huang akhirnya mengabaikannya.

Sampai suatu hari, Huang merasakan sakit yang luar biasa pada tubuhnya. Ia mengalami sesak napas dan nyeri yang tak tertahankan saat dirinya berbicara.

Melansir detik.com, dikarenakan ada yang tidak beres pada dirinya, akhirnya Huang pergi ke dokter. Dokter yang memeriksanya kemudian menyarankan Huang untuk melakukan CT Scan.

Setelah hasilnya keluar, ternyata biang keroknya ada pada dada Huang yang mengalami patah tulang rusuk. Tulang rusuk Huang yang patah bukan hanya satu, melainkan empat tulang.

Situasi tersebut tidak hanya mengejutkan Huang, tetapi juga sang dokter. Dokter akhirnya membalut dadanya dengan kencang dan menyarankannya untuk beristirahat selama lebih dari sebulan agar tulang rusuknya yang patah sembuh kembali seperti semula.

Dokter yang tidak disebutkan namanya menuturkan penyebab utama Huang patah tulang. Menurutnya, Huang mengalami kekurangan berat badan (underweight). Lebih rinci, berat badan Huang hanya 53 kg dengan tinggi 171 cm.

"Tulang rusuk Anda dapat terlihat jelas di bawah kulit Anda," ujar dokter anonim tersebut.

"Tidak ada otot untuk menopang tulang, sehingga tulang rusuk Anda mudah patah saat batuk," pungkasnya.

Mendengar hal tersebut, Huang mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Huang melakukan workout atau latihan fisik untuk menambah massa otot dan berat badan pada tubuh bagian atasnya.

Sang dokter menambahkan saran khusus, jika berat badannya terus underweight maka akan menyebabkan masalah di masa depan. Maka dari itu, Huang memutuskan untuk mendengarkan saran dokter dan membuat rencana terkait tindakan apa yang akan dia ambil pasca sembuh dari cedera.****